1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Akun Investasi Pluang

Informasi Tentang Akun Investasi Pluang

Seputar Verifikasi Identitas atau Verifikasi Dasar

Q: Hi Min! Kenapa saya harus verifikasi identitas, ya?

A: Dengan melakukan verifikasi identitas dapat membuat kami lebih mengenal nasabah dengan lebih baik sehingga tentunya transaksi kamu di Pluang akan lebih aman dan nyaman.

Sesuai Perundang-undangan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) tentang Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer/KYC) maka setiap nasabah wajib melengkapi dokumen identitas diri pada saat menggunakan layanan. 

Oleh karena itu seluruh pengguna harus melakukan verifikasi identitas demi menjamin keamanan, kenyamanan, kelancaran transaksi dan permintaan perubahan data ataupun investasi di Pluang.

Selain itu kamu dapat menggunakan seluruh fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Pluang secara lengkap, karena kami membatasi akses bagi pengguna yang belum melengkapi Verifikasi Dasar demi keamanan transaksi. 


Q: Bagaimana caranya untuk melakukan verifikasi identitas dan apa saja yang disiapkan ya Min?

A: Untuk melakukan verifikasi identitas, silakan kamu pilih menu Akun pada bagian pojok kanan atas dan pilih menu verifikasi identitas.

Dokumen identitas yang diperlukan di antaranya adalah:

  • Foto e-KTP asli di mana tulisan dan fotonya jelas terbaca.
  • Foto Paspor yang berlaku sesuai dengan Negara yang menerbitkan.
  • Dokumen pendukung lain seperti  KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap), ataupun KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) yang dikeluarkan oleh Imigrasi Republik Indonesia (khusus untuk warga negara asing).
  • Swafoto (selfie) menggunakan e-KTP asli harus terlihat jelas/tidak blur, dan tulisan serta foto KTP-nya terbaca dengan baik.

Q: Hi min! Saya baru saja melakukan verifikasi dasar hari ini. Berapa lama prosesnya ya?

A:  Verifikasi dasar membutuhkan waktu maksimal 1-2 hari kerja tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Karena tim verifikasi Pluang membutuhkan waktu untuk memverifikasi data identitas kamu. Namun tidak menutup kemungkinan prosesnya bisa lebih cepat ya SobatCuan! :)


Q: Saya belum genap berusia 17 tahun, bagaimana cara saya melakukan verifikasi dasar karena saya belum memiliki KTP?

A:  Untuk kamu yang belum genap berusia 17 tahun ingin melakukan verifikasi dasar kamu bisa menggunakan KIA (Kartu Identitas Anak) dilengkapi dengan surat pernyataan persetujuan orang tua untuk berinvestasi. 

Informasi detailnya dapat kamu cek langsung pada link https://help.pluang.com/knowledge/syarat-minimal-usia-untuk-berinvestasi ya SobatCuan :)


Q: Saya warga negara asing, bagaimana cara saya melakukan verifikasi identitas karena saya tidak memiliki KTP?

A: Untuk SobatCuan yang merupakan Warga Negara Asing yang berdomisili di Indonesia dan ingin berinvestasi di aplikasi Pluang, mohon untuk melampirkan paspor resmi yang masih berlaku yang dikeluarkan dari negara asal dan dokumen tambahan berupa form FATCA (Foreign Account Tax Compliance Act) khusus untuk warga negara Amerika Serikat.

Sumber: https://help.pluang.com/knowledge/bagaimana-cara-melakukan-verifikasi-identitas-di-pluang 


Q: Hi min! Saya sudah melakukan verifikasi dasar berulang kali. Namun, selalu ditolak dengan notifikasi "NIK tidak sesuai data kependudukan". Kenapa ya?

A: Apabila verifikasi kamu ditolak karena alasan NIK tidak sesuai data kependudukan, ada beberapa kemungkinan seperti data yang belum terupdate di Dukcapil ataupun NIK yang kamu masukkan salah. Sehingga mohon pastikan kembali bahwa NIK yang kamu masukkan sudah sesuai dengan NIK KTP kamu, ya.

Apabila NIK yang kamu masukkan sudah sesuai namun masih tetap mendapatkan notifikasi tersebut, silakan untuk menghubungi Hotline Dukcapil di 1500537 atau mendatangi langsung Dukcapil wilayahmu ya SobatCuan. Harap untuk tidak menghubungi Dukcapil melalui SMS, WA, ataupun Email karena ketiga sistem tersebut menggunakan automatic reply (balasan otomatis) yang hanya memastikan nomor KTP (NIK) dan nomor KK telah sesuai.


Q: Hi min! Kenapa verifikasi dasar saya ditolak ya?

A: Ada beberapa hal yang menyebabkan verifikasi dasar ditolak, misalnya foto KTP kamu buram, foto selfie dengan KTP kurang pencahayaan sehingga menyulitkan tim verifikasi kami untuk mengidentifikasi data kamu ataupun dokumen yang kamu upload di aplikasi Pluang belum sesuai standar yang ditetapkan.


Q: Halo Min, saat akan melakukan verifikasi dasar selalu gagal karena terdapat notifikasi “NIK sudah digunakan”. Itu bagaimana ya Min?

A: Apabila ketika kamu coba Verifikasi Dasar namun gagal karena terdapat notifikasi tersebut coba pastikan beberapa hal ini ya: 

  • Pastikan kembali bahwa kamu sebelumnya belum pernah mendaftar dan verifikasi akun Pluang ya. Apabila sebelumnya SobatCuan mendaftar saat aplikasi masih bernama EmasDigi, maka data kamu tidak mengalami perubahan apapun atau tidak akan mempengaruhi data-data maupun saldo yang terdapat pada akun tersebut, dan kamu dapat login menggunakan nomor handphone yang terdaftar pada akun EmasDigi/Pluang.
  • Sebagai informasi apabila sebelumnya kamu sudah pernah registrasi pada aplikasi eMAS DANA serta sudah melakukan verifikasi dan ingin melakukan registrasi di aplikasi Pluang, maka kamu dapat registrasi kembali menggunakan nomor handphone yang terdaftar di akun eMAS DANA kamu di aplikasi Pluang. Nantinya setelah registrasi berhasil, akun Pluang kamu akan otomatis terverifikasi.
  • Apabila kamu sebelumnya sudah pernah terdaftar di aplikasi Emas Tokopedia serta sudah melakukan verifikasi identitas untuk menaikkan limit transaksi, kamu dapat memilih tombol “Daftar” di aplikasi Pluang menggunakan nomor handphone yang terdaftar di akun Emas Tokopedia-mu. Setelahnya silakan untuk menghubungi kami di tanya@pluang.com untuk melanjutkan proses verifikasi identitasmu di aplikasi Pluang yang kemudian akan dibantu oleh tim kami.
  • Apabila kamu sebelumnya sudah pernah mendaftarkan data kamu pada fitur GoInvestasi di Gojek maka secara otomatis nomor telepon kamu akan terdaftar di Pluang dan kamu cukup log in dengan nomor yang sama dengan nomor yang terdaftar pada GoInvestasi. 

Apabila kamu masih memiliki kendala setelah memastikan kedua hal tersebut, segera hubungi kami melalui email di tanya@Pluang.com agar tim Pluang dapat melakukan pengecekan lebih lanjut ya.


Q: Min, apa saja sih syarat dan cara pengajuan klaim ahli waris jika pemilik akun Pluang meninggal dunia?

A: Untuk melakukan klaim ahli waris bagi pemilik akun Pluang yang meninggal dunia, mohon untuk menghubungi Customer Service Pluang di tanya@Pluang.com dengan melampirkan dokumen di bawah ini ya:

  • Nama Pemilik Akun
  • Nomor handphone dan email yang terdaftar
  • Kartu Keluarga Asli
  • Surat Pernyataan dan Keterangan Meninggal Dunia
  • Surat Keterangan Ahli Waris dari pejabat yang berwenang
  • Dokumen lainnya yang terkait dengan pemilik akun Pluang tersebut

Pihak Pluang akan melakukan verifikasi pada data-data dan dokumen yang dilampirkan sebagai persyaratan dan pertimbangan atas klaim dari ahli waris.


Q : Min kok akun saya terblokir/non aktif?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan akun Pluang SobatCuan dinonaktifkan atau diblokir, antara lain:

Apabila kamu salah memasukan kode OTP 3 kali berturut turut.

Akun Pluang kamu akan diblokir apabila kamu salah memasukan kode OTP sebanyak lebih dari 3 kali secara berturut-turut. Namun blokir ini hanya bersifat sementara saja. Kamu dapat mencoba login kembali setelah 24 jam ke depan. Jadi harap dipastikan bahwa kamu memasukkan kode OTP yang benar saat login, untuk menghindari blokir. 

Terindikasi melakukan pelanggaran pada syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi.

Syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi sudah disetujui oleh setiap pengguna saat pertama kali mendaftar Pluang. Sehingga syarat dan ketentuan bersifat mengikat dan wajib dipatuhi oleh seluruh pengguna tanpa terkecuali. Syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi juga dapat dilihat pada menu “Akun” kemudian masuk ke bagian “Syarat dan Ketentuan”. Apabila terjadi indikasi pelanggaran pada syarat dan ketentuan maka Pluang berhak untuk melakukan penonaktifkan akun.

Terindikasi melakukan transaksi ilegal atau transaksi mencurigakan.

Apabila Pluang menemukan adanya sebuah aktivitas yang mencurigakan pada transaksi kamu, termasuk ke mana aliran dana atas transaksi tersebut mengalir, maka Pluang berhak melakukan tindakan preventif dengan menonaktifkan akun Anda demi menghindari hal yang tidak diinginkan termasuk menimbulkan kerugian orang lain ataupun melanggar hukum menyangkut tindak pidana pencucian uang dan pelanggaran hukum lainnya.

Apabila terbukti melakukan transaksi ilegal.

Apabila akun kamu terbukti melakukan transaksi ilegal/fraud atau melanggar syarat dan ketentuan pada penggunaan aplikasi. Maka dengan sangat menyesal akun kamu harus kami nonaktifkan secara permanen.

Apabila terbukti melakukan penyalahgunaan akun.

Apabila terdapat keterkaitan dengan kasus penyalahgunaan di akun lain, maka tentunya kami wajib untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh melalui proses investigasi dan terpaksa untuk melakukan pemblokiran sementara ke beberapa akun yang terafiliasi dengan akun yang terindikasi fraud tersebut.

Bagaimana bila ternyata akun saya tidak terbukti melakukan pelanggaran?

Setelah melalui proses pengecekan dan investigasi baik secara internal ataupun melalui proses hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan telah mendapatkan hasil atau putusan dari instansi yang berwenang bahwa Anda tidak terbukti melakukan kesalahan. Maka tentunya Pluang akan mengaktifkan kembali akun Pluang Anda sesuai dengan hasil tersebut.

Apabila kamu membutuhkan bantuan lebih lanjut terkait akun Pluang-mu yang terblokir, silakan menghubungi Customer Service kami melalui alamat email tanya@pluang.com ya SobatCuan.