1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Aplikasi Pluang

Informasi Tentang Aplikasi Pluang

Apa itu Pluang?

Pluang adalah perusahaan teknologi finansial yang mempunyai misi besar yaitu membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat terhadap produk-produk keuangan. Pluang memiliki misi untuk dapat menggapai seluruh lapisan masyarakat, baik masyarakat menengah kebawah ataupun masyarakat menengah ke atas.

Kami percaya bahwa setiap individu berhak memiliki akses ke pasar finansial, untuk itu kami membangun Pluang untuk membuat akses investasi terbuka lebih luas, dan mudah dipahami untuk seluruh kalangan, baik bagi para pemula maupun yang sudah ahli dalam dunia investasi.

Pluang memahami bahwa setiap orang memiliki tujuan dan profil risiko yang berbeda-beda, maka Pluang menyediakan beberapa pilihan produk investasi sesuai preferensi dan kebutuhan kamu.

Saat ini Pluang telah menyediakan beberapa produk investasi pada aplikasi Pluang yaitu:

    • Emas
      Pluang memberikan kemudahan dan menawarkan cara modern untuk berinvestasi emas. Kamu dapat melakukan pembelian emas mulai dari 0,01 gram saja kamu sudah dapat memiliki aset berupa saldo emas secara digital di Pluang. Selain dapat melakukan pembelian dan penjualan aset emas kapan saja dan dimana saja, kamu juga dapat mengirimkan emas ke teman kamu dengan fitur gift emas di Pluang loh SobatCuan ;)
    • Equitas Global
      A. S&P 500
      Pluang merupakan platform aplikasi pertama yang bisa memberikanmu akses ke pasar saham Amerika Serikat (S&P 500) di Indonesia. Pluang menghadirkan micro e-mini S&P index futures yang ditransaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange. Harga indeks micro e-mini S&P index futures akan berubah setiap saat dan dapat ditemukan di di Pluang, kamu dapat membeli mulai dari 0,1 unit dengan minimal kisaran harga $1  atau senilai kurang lebih Rp14.000,-. Bergantung pada kurs dan harga pada saat itu juga.
      B. NASDAQ 100
      Selain indeks saham S&P 500, Pluang juga menyediakan produk investasi lainnya yakni micro e-mini NASDAQ 100 index futures merupakan produk investasi berjangka yang ditransaksikan pada bursa CME (Chicago Mercantille Exchange)
      NASDAQ 100 adalah sebuah index yang terdiri dari saham 100 perusahaan non - finansial terbesar dan terdaftar di bursa NASDAQ Amerika Serikat. Harga indeks micro e-mini NASDAQ index futures akan berubah setiap saat dan kamu dapat membeli aset tersebut mulai dari 0,1 unit dengan kisaran harga $1 atau senilai Rp14.000. Bergantung pada kurs dan harga pada saat itu juga.
  • Saham AS
    Tidak hanya indeks saham, Pluang juga menyediakan Saham AS yang mana memberikan akses ke saham AS tanpa memiliki aset tersebut. Artinya, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga. Saham AS bukan produk leverage sehingga jumlah yang kamu bayar adalah jumlah penuh dari harga saham perusahaan. Maka dari itu, tidak ada risiko tambahan selain risiko berinvestasi di perusahaan itu sendiri. Selain itu, kamu berhak menerima dividen saat perusahaan membayarnya loh.
  • Aset Kripto
    Bagi kamu yang suka pada tantangan lebih dalam menginvestasikan uang kamu maka Aset Kripto merupakan salah satu pilihan yang sesuai. Pergerakan harga pada aset kripto sangat fluktuatif sehingga sifat aset ini biasa dimanfaatkan oleh investor yang ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu relatif singkat walaupun resiko kerugian juga tidak selalu dapat dihindarkan. Saat ini Pluang menyediakan lebih dari 92 jenis koin kripto yang dapat kamu cek langsung di https://help.pluang.com/knowledge/apa-itu-aset-kripto ya SobatCuan :)
  • Reksa Dana
    Apabila kamu lebih menyukai resiko yang lebih rendah maka Pluang juga sudah menyediakan aset reksadana, di mana reksadana adalah suatu kumpulan atau wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana masyarakat guna melakukan investasi seperti membeli saham, atau instrumen keuangan lainnya, yang selanjutnya dana pemodal tersebut diinvestasikan pada portofolio efek investasi oleh manajer investasi sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berlaku.  

Keamanan Investasi di Pluang

Tentunya keamanan dan kenyamanan kamu sebagai pengguna aplikasi Pluang menjadi prioritas penting bagi kami untuk menghadirkan aplikasi yang dapat dicintai oleh penggunanya.

Setiap produk yang telah disediakan oleh Pluang tentunya telah memiliki izin resmi dan terdaftar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

Yuk kita simak ulasannya,

Diawasi BAPPEBTI dan Kementrian Pedagangan

Pluang (emas) dikelola risikonya oleh PT Pluang Emas Sejahtera dan Produk Indeks Pluang (S&P 500, NASDAQ) serta saham AS dikelola resikonya oleh PT PG Berjangka, yang berlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) di bawah Kementerian Perdagangan.

Untuk informasinya dapat dilihat melalui website resmi BAPPEBTI berikut http://bappebti.go.id/pialang_berjangka/detail/927

Harga jual beli emas Pluang sangat transparan dan terukur dalam bursa karena kami bekerja sama dengan Jakarta Futures Exchange (JFX) http://jfx.co.id/id/membership/pialang?page=2

Selain itu aset emas, indeks saham, dan saham AS yang dibeli melalui Pluang tersimpan dengan aman karena untuk pelaksanaan transaksi dan penjaminan kliringnya dilakukan oleh Lembaga Kliring Berjangka Indonesia (KBI). 

https://www.ptkbi.com/index.php/c_kbi_wppue_01_anggota_mitra#PL

Sehigga kamu tidak perlu khawatir atas keamanan emas, indeks saham, dan saham AS  yang kamu miliki di Pluang karena sudah dijamin dan tersimpan aman di lembaga kliring milik pemerintah.

Semua tansaksi aset kripto di Pluang juga difasilitasi oleh PT Bumi Sentosa Cemerlang (BSC) selaku pedagang aset kripto. Dimana BSC sudah terdaftar di BAPPEBTI ya SobatCuan :)

Diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Investasi reksadana di Pluang tentunya  juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berperan sebagai regulator pada sektor jasa keuangan dan ekonomi di Indonesia.

Pluang merupakan gerai penjualan reksa dana yang difasilitasi oleh Pluang Grow (PT Sarana Santosa Sejati) sebagai pemegang lisensi Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Legalitas Pluang Grow tercatat dengan nomor lisensi KEP-20/PM.21/2020 (https://reksadana.ojk.go.id/Public/APERDPublic.aspx?id=SSS69).

Investasi Pluang (Reksadana) dikelola oleh manajer investasi dan akan disimpan oleh bank kustodian. Selain itu, bank kustodian juga bertanggung jawab untuk mengawasi manajer investasi dalam mengelola dana investasi investor yang sudah disimpan pada bank kustodian.

Izin KOMINFO

Pluang sendiri telah mengantongi izin resmi dan diawasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KOMINFO) pada nomor 02245/DJAI.PSE/02/2020

Untuk melihat izin KOMINFO Pluang secara detail dapat kamu lihat di sini

Untuk melihat detail keamanan aplikasi Pluang dapat kamu lihat di sini

Masih ragu mengenai perizinan di Pluang? Yuk, simak video berikut 

https://youtu.be/NWFtkVqhI2U

Jadi sudah pasti setiap transaksi yang kamu lakukan di Pluang akan aman ya SobatCuan :) 

Pluang Kolaborasi 

Kolaborasi merupakan hal yang penting untuk dapat mencapai tujuan dan memperluas jangkauan. Menjadi sebuah kebanggaan untuk kami bahwa Pluang telah diberikan kepercayaan dan kesempatan untuk berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan besar dan terkemuka di Indonesia.

Saat ini, Pluang menjalani kerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia untuk menyediakan sarana untuk investasi Pluang di aplikasi dan platform tersebut.

Diantaranya adalah :

GoInvestasi by Gojek

Di bulan April 2020, Pluang bekerja sama dengan Gojek meluncurkan produk GoInvestasi untuk memberikan kemudahan kepada 10 juta lebih pengguna Gojek untuk berinvestasi emas dan juga reksadana.

Pluang dan GoInvestasi sudah terintegrasi sehingga seluruh transaksi yang dilakukan di GoInvestasi maka akan secara otomatis terhubung dengan akun di Pluang, begitu juga sebaliknya. Sehigga pengguna dapat bertransaksi di 2 platform sekaligus yaitu di aplikasi Pluang ataupun di GoInvestasi. Cukup login menggunakan nomor handphone yang terdaftar, karena Pluang mengidentifikasi penggunanya berdasarkan nomor handphone.

BukaEmas by Bukalapak

Pluang bekerja sama dengan Bukalapak melalui fitur BukaEmas untuk memudahkan pengguna membeli emas dengan cara mencicil setiap bulannya.

eMas by DANA 

Di bulan Agustus 2020, Pluang bersama Dana resmi bekerjasama menghadirkan fitur menabung dan berinvestasi emas melalui Dana eMAS.

Tokopedia Emas

Pluang juga saat ini sudah bekerjasama dengan Tokopedia loh. Kamu dapat menemukan fitur Investasi Emas Pluang pada aplikasi Tokopedia SobatCuan!

Tentunya kami berharap kedepannya dapat terus berkolaborasi dengan lebih banyak lagi perusahaan-perusahaan lainnya agar dapat terus memperluas jangkauan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang lebih luas lagi :)