Apa itu S&P 500?

S&P 500

S&P 500 adalah sebuah indeks yang terdiri dari saham 500 perusahaan terbesar dari berbagai sektor yang terdaftar di bursa saham Amerika Serikat.

Indeks adalah sekumpulan portofolio sekuritas yang mewakili pasar tertentu. Indeks digunakan sebagai patokan untuk menunjukkan kinerja pasar tersebut.

Pluang menawarkan investasi pada micro e-mini S&P index futures, yaitu produk berjangka yang ditransaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange. Trading rules dapat kamu baca pada aplikasi Pluang di menu "Akun" bagian "Syarat dan Ketentuan Pluang".

 

Perusahaan apa saja yang terdaftar pada Index S&P 500?

Secara umum, 500 perusahaan AS yang diperdagangkan secara publik berdasarkan kapitalisasi pasar termasuk dalam S&P 500. Pada Juni 2019, kriteria untuk perusahaan yang masuk dalam daftar adalah yang memiliki kapitalisasi pasar paling sedikit bernilai $ 3,7 miliar. Selain itu, perusahaan-perusahaan itu harus berbasis di AS, memiliki saham perdagangan yang terbuka untuk publik untuk dibeli atau dijual, dan juga melaporkan keuntungan atau menghasilkan laba pada tahun sebelumnya. Perusahaan-perusahaan yang memiliki bobot terbesar dalam indeks diantaranya Microsoft, Amazone, Apple, Facebook, Google, JP Morgan, Johnson&Johnson, VISA, dll.

Berikut adalah pemegang 10 saham terbesar pada index S&P 500 :IndexSnP

 

Nilai indeks S&P 500 berfluktuasi terus menerus sepanjang hari perdagangan, berdasarkan data pasar kinerja tertimbang dari komponen yang mendasarinya.

 

Grafik Indeks S&P 500

 

Mengapa indeks S&P 500 dianggap sebagai snapshot terbaik dari pasar saham?

Singkatnya, S&P 500 terdiri dari sekeranjang saham yang luas tanpa terlalu banyak perusahaan kecil dan tidak jelas. Ini berisi perusahaan yang dimiliki secara luas oleh investor individu, dengan 500 komponen menyumbang sekitar 80% dari keseluruhan kapitalisasi pasar saham di Amerika Serikat.

Apakah indeks S&P 500 adalah investasi terbaik untuk kamu?

Investor pasar saham legendaris Warren Buffett terkenal mengatakan bahwa dana indeks S&P 500 berbiaya rendah adalah investasi terbaik yang dapat dilakukan kebanyakan orang dan tidak sulit. Dalam jangka waktu yang lama, S&P 500 telah memberikan total pengembalian tahunan sebesar 9%-10%, dan Anda dapat berinvestasi dalam dana S&P 500 pasif tanpa biaya.

Untuk lebih jelasnya, jika kamu memiliki waktu, pengetahuan, dan keinginan untuk meneliti saham dengan benar dan mempertahankan portofolio, kami (dan Warren Buffett) merasa yakin untuk mencapai pengembalian investasi yang unggul relatif terhadap S&P 500 dalam jangka panjang. Namun, tidak semua orang memiliki waktu dan disiplin yang diperlukan untuk berinvestasi dalam saham seperti itu, dan investor yang lebih baru khususnya mungkin lebih baik menggunakan dana indeks S&P 500 untuk berinvestasi sampai mereka membangun pengetahuan mereka.

Singkatnya, berinvestasi dalam S&P 500 adalah cara untuk mendapatkan eksposur luas terhadap profitabilitas bisnis Amerika tanpa terlalu banyak ketergantungan pada kinerja perusahaan individu mana pun. Seiring waktu, S&P 500 dapat menghasilkan pengembalian yang kuat dalam portofolio kamu, dan dengan upaya minimal di pihak