1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Aplikasi Pluang

Apa yang harus saya lakukan jika Portofolio saya merah ?

Portofolio Merah

Apa yang harus saya lakukan jika Portofolio saya merah ?

Portofolio Merah

Portofolio adalah kumpulan investasi yang kamu miliki yang disajikan dalam sebuah informasi. Portofolio sering kali merupakan suatu bagian dari investasi dan strategi manajemen risiko yang disebut diversifikasi karena melalui informasi yang tertuang di portofolio, kamu dapat mengetahui posisi kamu serta mempertimbangkan langkah apa yang harus kamu lakukan selanjutnya pada investasi kamu.

Kamu dapat memilih untuk melihat portofolio berdasarkan aset yang kamu investasikan di Pluang. Portofolio mengikuti naik dan turunnya harga aset yang kamu miliki maka portofolio kamu bisa saja hijau (untung/kenaikan), atau merah (rugi/penurunan).

Lalu apa yang harus kamu lakukan jika portofolio kamu merah seperti gambar di bawah ini? 

Jika pada pada portofolio Unrealized Laba Rugi  kamu merah atau mengalami penurunan kami sarankan kamu untuk melakukan beberapa tahapan berikut: 

  1. Unrealized laba rugi adalah perkiraan keuntungan atau kerugian dari aset yang kamu miliki dari pembelian, yield, bonus dan rewards. Nilai ini akan terealisasi setelah kamu melakukan penjualan. 

  2. Tetap tenang dan terus pantau harga aset kamu secara periodik untuk melihat trend pergerakan harga

  3. Lakukan analisa teknis dan fundamental pada aset kamu,  karena ini akan membantu dalam mengambil keputusan yg tepat.

  4. Jika kamu ingin mengambil keputusan, pastikan kamu mengambil keputusan berdasarkan perhitungan yang matang, apabila trend harga turun biasanya cenderung investor akan melakukan penjualan aset untuk menghindari penurunan yang lebih banyak, tapi tidak menutup kemungkinan juga sebaliknya investor akan menggunakan momentum itu untuk memborong/membeli aset saat harga rendah karena investasi menilai adanya kemungkinan asset akan meningkat di masa yg akan datang, jadi semua tergantung kepada keputusan kamu sendiri ya Sobatcuan!

Perhitungan Unrealized Laba Rugi = (Nilai Portofolio - Jumlah Investasi)

Rp. 61.305 - Rp.83.677 = Rp -22.372

Sebagai informasi, pada dunia investasi tidak ada jenis investasi yang menjanjikan keuntungan yang pasti, maka kamu bisa saja mendapatkan keuntungan besar ataupun sebaliknya.

Jadi pelajarilah metode investasi yang tepat untuk kamu dan update terus pengetahuan investasi kamu melalui sumber-sumber terpercaya, salah satu contohnya webinar yang disediakan oleh Pluang yang informasinya dapat kamu lihat melalui grup telegram Pluang. Pluang memiliki grup komunitas dalam channel Telegram yakni #KabarPluang dan #PluangBelajar

  • #KabarPluang adalah wadah semua informasi terbaru seputar finansial dan investasi yang tim Pluang sajikan agar para #SobatCuan melek investasi dan sadar finansial. 

  • #PluangBelajar adalah grup yang khusus disediakan oleh Pluang untuk saling berdiskusi dengan sobat cuan lainnya :)

Ikuti juga youtube Pluang untuk informasi-informasi bermanfaat lainnya.

 

Yuk tetap cermat SobatCuan!