Apakah Ada Biaya untuk Transaksi Aset Kripto di Pluang?

Biaya Transaksi Aset Kripto

Sejak awal Pluang berdiri, kami berkomitmen untuk menyediakan sebuah platform untuk berinvestasi yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas dan dengan biaya yang rendah.

Pluang mengedepankan transparansi harga kepada setiap pengguna Pluang. Itulah sebabnya Pluang tidak membebankan biaya apapun untuk transaksi jual, beli, penarikan dana, ataupun top up. Namun terdapat spread atau selisih harga beli dan harga jual pada sebuah aset.

Spread merupakan metode yang cukup ideal karena setiap barang yang memiliki nilai tentunya memiliki perbedaan antara harga saat kamu membelinya dan saat kamu menjualnya. Spread juga yang nantinya akan memberikan keuntungan untuk kamu apabila harga bergerak naik lebih tinggi dari harga saat kamu membelinya.

Banyak platform lain menyembunyikan biaya yang sebenarnya kepada pelanggan dengan adanya biaya tambahan yang tersembunyi, antara lain dengan biaya penarikan (biasanya 0,5-1,0%), biaya setoran untuk Gopay (hingga 1%), biaya beli dan biaya jual 0,2-0,5% di setiap sisi (jadi totalnya 0,4-1,0%), selain bid-ask yang biasanya 0,2-0,4%. Kami yakin total biaya ini akan lebih dari 1-3% harga atau sekitar Rp6-18 juta untuk BTC atau Rp160-400 rb.

 

Selain itu, adalah normal di pasar keuangan jika spread meningkat selama volatilitas pasar tinggi. Namun, ini akan memengaruhi semua platform crypto secara bersamaan.

Kami berusaha keras agar transparansi harga kami kepada setiap pengguna Pluang tetap terjaga, serta untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna kami.