1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Akun Investasi Pluang

Bagaimana Cara Melakukan Verifikasi Identitas di Pluang?

Verifikasi Identitas di Pluang

Verifikasi Email

Sebelum SobatCuan memulai untuk berinvestasi di aplikasi Pluang untuk produk investasi apapun, kamu akan diarahkan untuk melakukan verifikasi emailmu terlebih dahulu ya. Verifikasi email dibutuhkan untuk bisa melanjutkan proses verifikasi.

 

 

Setelah kamu mendaftarkan email, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. 

 

 

Kemudian silahkan cek email kamu dan lakukan verifikasi.  Kamu bisa cek link tersebut pada email yang kamu daftarkan pada folder Inbox/Kotak Masuk, Spam ataupun pada kolom “Promotion/Promosi”, contohnya seperti pada gambar berikut:

 

 

 

 

Setelah kamu sudah mendapatkan email terkait dengan verifikasi akun email Pluang, kamu dapat lakukan verifikasi pada link yang tersedia dengan klik tombol “Verifikasi Email” seperti gambar berikut:

 

 

Dan nantinya kamu akan diarahkan ke halaman depan website Pluang seperti contoh pada gambar berikut:

 

 

Berikut contoh tampilan layar notifikasi bahwa kamu sudah berhasil melakukan verifikasi email.

 

 

Selain itu kamu bisa lakukan pengecekan kembali pada halaman pribadi  “Data Pribadi” di akun Pluang kamu. Apabila email yang kamu daftarkan sudah terkunci, artinya email kamu sudah berhasil terverifikasi :)

 

 

Setelah proses verifikasi email kamu sudah berhasil, kamu dapat melanjutkan proses verifikasi dasar ya SobatCuan. Yuk cek langsung langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

Verifikasi Identitas

Verifikasi Dasar untuk WNI

Berikut adalah panduan langkah-langkah cara melakukan verifikasi identitas pada aplikasi Pluang:

 

1. Masuk ke menu "Akun" lalu klik pada bagian "Verifikasi Identitas".

 

2. Selanjutnya silahkan kamu pilih menu Verifikasi Dasar seperti gambar di bawah ini:

 

3. Pada halaman Verifikasi Dasar, silakan untuk memilih Kewarganegaraan terlebih dulu ya SobatCuan.

 

 

4. Kemudian, silahkan kamu melakukan upload foto E-KTP dan Selfie dengan E-KTP kamu.

 

 

5. Berikut contoh untuk mengambil foto E-KTP kamu.

 

6. Selanjutnya kamu dapat melakukan review foto E-KTP kamu dan pastikan seluruh bagian KTP-mu ada di dalam bingkai seperti contoh di bawah ini.

 

7. Setelah kamu melakukan upload foto E-KTP, maka langkah selanjutnya ialah upload selfie dengan E-KTP kamu.

 

8. Berikut contoh tampilan ketika kamu melakukan selfie dengan E-KTP.

 

9. Pastikan wajah dan KTP-mu ada di dalam bingkai. Cek kembali foto selfiemu ya. Kualitas foto yang buruk dapat membuat proses verifikasi lebih panjang atau gagal. Apabila kamu sudah yakin dengan selfie yang diambil, kamu dapat menekan tombol “Lanjutkan”.

 

 

Kemudian sistem akan melakukan pengecekan terhadap fotomu.

 

10. Apabila sudah sesuai dan kamu sudah memilih menu lanjutkan, maka akan muncul tampilan seperti berikut. Silakan periksa terlebih dahulu nama, NIK, dan tanggal lahirmu. Apabila semuanya sudah sesuai, kamu dapat mengklik “Lanjutkan”.

 

11. Kamu akan menerima konfirmasi terakhir untuk proses selanjutnya dan juga informasi waktu yang dibutuhkan bila data sudah sesuai:

 

12. Data kamu berhasil diproses.

 

Setelahnya apabila foto yang kamu lampirkan sudah sesuai maka data kamu akan diproses oleh tim terkait untuk pengecekan. Sebagai informasi proses verifikasi membutuhkan waktu 1 - 2 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu dan hari libur nasional).

Agar proses verifikasi dapat berjalan dengan lancar, pastikan verifikasi dilakukan sesuai syarat dan ketentuan berikut:

  1. Foto Identitas diri dan foto selfie harus memiliki kualitas yang baik (tidak blur/pecah dan dapat terbaca dengan jelas).
  2. Foto selfie harus diambil langsung, bukan dari hasil foto yang difoto kembali.
  3. Foto tidak boleh terpotong.
  4. Foto tidak boleh melalui proses edit/manipulasi.
  5. Menggunakan E-KTP Asli dan masih berlaku.
  6. Pengambilan foto diambil dengan jarak yang dekat (close-up) maksimal 30 cm dari kamera handphone kamu, sehingga baik foto KTP ataupun foto selfie wajah dapat terlihat dengan jelas.
  7. Pastikan posisi wajahmu berada seluruhnya di dalam frame.
  8. Pastikan foto wajah yang diambil adalah wajahmu sendiri sesuai dengan foto di e-KTP.
  9. Foto harus diambil di ruangan dengan penerangan yang cukup sehingga wajah terlihat jelas, tidak gelap, tidak buram, dan tidak berbayang.
  10. Pastikan seluruh bagian wajah terlihat jelas tanpa tertutup apapun seperti masker, e-KTP, passport, bayangan, atau benda-benda lainnya.

 

Verifikasi Tambahan (Reksadana)

Selanjutnya setelah proses verifikasi dasar berhasil, kamu dapat melanjutkan proses verifikasi tambahan yang langkah-langkahnya dapat kamu cek di bawah ini ya.

1. Masuk ke menu "Akun" lalu klik pada bagian "Verifikasi Identitas".

 

2. Selanjutnya pada menu Verifikasi Tambahan pilih Reksadana.

 

3. Maka kamu akan diarahkan ke halaman untuk mengirim Data Pribadimu seperti tampilan di bawah ini:

 

4. Setelah kamu melengkapi halaman Data Pribadimu, silahkan kamu pilih “Lanjutkan”.

 

5. Pilih Profil Investormu, berdasarkan tingkat return yang kamu harapkan dan toleransi resikomu lalu klik “Lanjutkan”.

 

6. Setelah kamu menjawab pertanyaan investasi, maka akan muncul halaman notifikasi yang menginformasikan perilaku investasimu.

 

7. Setelah kamu pilih lanjutkan, maka sistem akan menginformasikan penilaian mengenai tipe Profil Investormu, sebagai contoh seperti lampiran di bawah ini.

 

8. Langkah selanjutnya ialah menambahkan Rekening Bank akun reksadana kamu yang mana ketika kamu melakukan penjualan aset reksadana yang kamu miliki akan ditransfer ke rekening yang kamu daftarkan. Kamu hanya dapat mendaftarkan rekening atas namamu ya.

 

 

 

 

Rekening bank ini akan digunakan sebagai tujuan penukaran reksa dana. Kamu dapat menambahkan rekening lainnya nanti.

 

 

Setelah dokumen terkirim, maka proses verifikasi membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. Kami akan memberitahumu setelah proses selesai.

Agar proses verifikasi dapat berjalan dengan lancar, pastikan verifikasi Verifikasi tambahan dilakukan sesuai syarat dan ketentuan berikut:

  1. Masukan data yang sesuai dengan profil kamu.
  2. Pastikan nama pada rekening bank kamu sesuai dengan nama di akun Pluang kamu.
  3. Lakukan pengisian tanda tangan sesuai dengan e-KTP kamu.

Saat ini pada aplikasi Pluang sudah dapat melakukan langsung verifikasi identitas untuk WNA. Yuk simak langkah-langkah berikut untuk melakukan verifikasi identitas WNA pada aplikasi Pluang :)

 

Verifikasi Identitas WNA

Kami melihat antusiasme dari masyarakat cukup tinggi pada aplikasi Pluang. Bahkan kami melihat tidak terkecuali untuk Warga Negara Asing yang berdomisili di Indonesia yang ingin berinvestasi di aplikasi Pluang.

Tentunya dokumen identitas yang dimiliki oleh warga negara asing berbeda dengan warga negara Indonesia. Sehingga khusus Warga Negara Asing wajib melengkapi data berikut : 

  1. Pasport resmi yang masih berlaku yang dikeluarkan dari negara asal.
  2. Dokumen tambahan berupa form FATCA (Foreign Account Tax Compliance Act) khusus untuk warga negara Amerika Serikat

Apabila masa berlaku dokumen sudah habis maka Pluang berhak untuk menolak pengajuan verifikasi identitas kamu.

Berikut adalah panduan langkah-langkah cara melakukan verifikasi identitas pada aplikasi Pluang:

1. Masuk ke menu "Akun" lalu klik pada bagian "Verifikasi Identitas".

 

2. Pilih kewarganegaraan-mu, apabila kamu seorang Warga Negara Asing maka pilih menu yang infokan bahwa kamu seorang WNA.

 

3. Setelah kamu memilih menu bahwa kamu seorang WNA, maka akan muncul notifikasi “Berdasarkan regulasi yang berlaku, saat ini warga negara asing hanya dapat berinvestasi pada produk Emas, Aset Kripto, dan Reksa Dana. Apakah kamu ingin lanjut?” seperti gambar di bawah ini.

 

4. Masukan foto identitas yang berlaku (Passport).

 

5. Pastikan posisi foto yang diambil sesuai dengan bingkai yang disediakan untuk memaksimalkan tangkapan data terbaca dengan jelas dan kamu bisa melakukan review sebelum melanjutkan. Apabila hasil belum jelas kamu dapat mengulang kembali.

 

6. Lanjutkan dengan menambahkan foto selfie dengan passport kamu.

 

 

 

7. Pastikan wajah dan Passport-mu ada di dalam bingkai. Cek kembali foto selfiemu ya. Kualitas foto yang buruk dapat membuat proses verifikasi lebih panjang atau gagal. 

 

8.Selanjutnya kamu akan masuk ke halaman pengisian data dan memasukan data berdasarkan paspor seperti contoh di bawah:

 

 

9. Setelah kamu mengisi data yang sesuai dan pilih Lanjutkan, maka tim terkait akan melakukan proses verifikasi yang mana membutuhkan waktu 1-2 hari kerja. 

 

Perlu diketahui jika kamu menerima hasil verifikasi identitas yang kamu ajukan ditolak, seperti notifikasi berikut.

  • Nomor paspor kamu sudah digunakan pada akun Pluang lainnya, silakan lakukan login menggunakan nomor handphone yang sudah terverifikasi.

 

  • Terdapat perbedaan nama dimana kami akan memperbarui nama terdaftar Kamu sesuai dengan yang tertera di paspor.

 

Apabila kamu mendapatkan notifikasi gagal, kamu dapat mengirimkan email ke tanya@pluang.com dengan subjek: Verifikasi dasar WNA Ditolak. Customer Service kami kemudian akan menindaklanjuti laporan Anda.

Jika mengalami kesulitan atau kendala saat melakukan verifikasi identitas melalui aplikasi Pluang. Silakan kamu dapat menghubungi kami melalui email tanya@pluang.com untuk dapat kami bantu pengecekan lebih lanjut.