1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Akun Investasi Pluang

Verifikasi Rekening Bank

Verifikasi Rekening Bank

Mendaftarkan Rekening Bank pada Aplikasi Pluang

 

Pertanyaan: Hi min! Bagaimana cara menambahkan rekening bank saya pada aplikasi Pluang?

Jawaban: Menambahkan rekening bank sangat gampang loh SobatCuan, caranya kamu dapat masuk ke menu Akun lalu pilih Rekening Bank kemudian ikuti langkahnya sebagai berikut:

 

1. Silakan jalankan dan login pada aplikasi Pluang kemudian masuk ke menu "akun" pada pojok kanan atas.

 

2. Kemudian pilih "Rekening Bank" untuk mendaftarkan rekening bank.

 

 

3. Lalu pilih fitur (+) pada “Rekening Bank Kamu

 

 

4. Kamu bisa memilih apakah rekening yang akan ditambahkan dari jenis tabungan rupiah (untuk reksadana dana penarikan tunai) atau valas USD (untuk produk reksa dana USD).

 

 

 

5. Pilih Bank yang ingin kamu gunakan dan Isi data akun bank milik kamu. Pastikan nama pada rekening bank sama dengan KTP kamu ya (akun bank adalah milik pribadi, sesuai pemilik akun Pluang) bukan virtual account ataupun E-Wallet ya!

 

 

6. Masukkan nomor rekening bank (pastikan nomor rekening yang kamu masukkan benar tidak kurang satu angka pun) kemudian klik “Verifikasi”. 

 

 

7. Jika rekening yang kamu daftarkan sudah terverifikasi. Lalu klik "Tambah Rekening Bank".

 

 

8. Mohon membaca kembali “Persetujuan Pengguna” yang muncul lalu klik “Setuju”.

 

 

9. Nomor rekening berhasil ditambahkan. Klik "Selesai".

 

 

Sesuai ketentuan Pluang untuk satu nomor rekening bank hanya dapat didaftarkan pada satu akun Pluang saja.

Apabila nomor rekening yang kamu daftarkan sebelumnya sudah pernah terdaftar di akun Pluang lain, maka akan muncul notifikasi sebagai berikut:

 

 

Atau apabila kamu salah memasukan nomor rekening, maka akan muncul seperti tampilan di bawah ini:

 

 

Apabila pada nama bank dengan nama pada KTP terdapat perbedaan seperti gelar dibelakang nama, tanda titik, tanda koma, Sdr/Tn/Ny/dll. Maka kamu dapat menghubungi Customer Care Pluang langsung agar dibantu persetujuan secara manual. 

Sesuai dengan ketentuan dari pihak regulator baik Bappebti ataupun OJK, pemilik akun investasi haruslah orang yang sama dengan pemilik akun bank yang digunakan untuk penarikan dana sehingga apabila terdapat perbedaan sedikit maka secara sistem akan memberikan peringatan sebagai berikut:

 

 

Sehingga mohon agar dipastikan bahwa akun bank yang kamu daftarkan merupakan akun bank milik kamu sendiri.

Keterangan:

  • Nomor rekening tersebut nantinya akan menjadi nomor rekening tujuan transfer untuk saldo tunai yang kamu miliki pada akun Pluang.
  • Satu nomor rekening hanya dapat didaftarkan pada satu akun  Pluang saja
  • Pencairan dana/transfer hanya bisa dilakukan melalui akun bank (rekening Virtual Account atau rekening ponsel tidak berlaku) artinya, nomor rekening tujuan transfer yang bisa didaftarkan adalah nomor rekening yang  dibuka oleh pihak bank.

 

Status Verifikasi Rekening Bank Tertunda

 

Pertanyaan: Hi min! Saya sudah melakukan penambahan rekening bank, untuk proses verifikasinya berapa lama ya? 

Jawaban: Proses verifikasi rekening Bank pada Pluang membutuhkan waktu 1 hari kerja (tidak termasuk hari sabtu/minggu dan hari libur nasional). Terkadang tim verifikasi Pluang membutuhkan waktu lebih lama untuk proses ini.

Dibawah ini contoh gambar notifikasi pada lonceng atau menu pemberitahuan untuk status verifikasi akun bank yang muncul pada halaman beranda aplikasi Pluang:

 

 

 


 

Status Verifikasi Rekening Bank Ditolak

 

Pertanyaan: Hi min! Kenapa verifikasi akun bank saya ditolak?

Jawaban: Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan ditolaknya verifikasi rekening bank, Yuk kita simak informasi berikut:

  1. Nomor rekening akun bank yang kamu masukan salah,
  2. Nama pemilik rekening akun bank yang kamu masukan salah,
  3. Nomor rekening yang kamu masukan bukan nomor rekening tabungan melainkan nomor rekening virtual account atau rekening ponsel.
  4. Nama pemilik rekening Bank yang didaftarkan berbeda dengan nama terdaftar pada akun Pluang (nama yang didaftarkan harus sama persis/identik, tidak boleh berbeda satu huruf pun dan kamu hanya dapat mendaftarkan nomor rekening pribadi milik kamu, tidak dapat mendaftarkan nomor rekening milik orang lain).

 

 

 

 

Jika verifikasi kamu sudah ditolak, kamu dapat melakukan penambahan rekening kembali pada aplikasi Pluang ya seperti pada langkah awal penambahan rekening namun dengan mempertimbangkan alasan-alasan di atas untuk menghindari akun rekeningmu ditolak kembali


Menghapus Rekening Bank yang Sudah Ditolak

 

Pertanyaan: Hi min! Apakah saya bisa menghapus akun bank milik saya yang sudah ditolak?

Jawaban: Tentu bisa. Untuk akun Bank yang sudah ditolak dapat dihapus dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Berikut adalah panduan langkah untuk menghapus nomor rekening bank yang sudah ditolak verifikasinya pada aplikasi Pluang:

 

1. Silahkan jalankan dan login pada aplikasi Pluang kemudian masuk ke menu "Akun" pada pojok kanan atas lalu klik "Rekening Bank".

 

 

2. Kemudian pilih rekening bank yang sudah "DITOLAK".

 

3. Nanti kamu akan diinformasikan kenapa rekening bank kamu ditolak verifikasinya. Jika sudah selesai membaca informasi tersebut silahkan klik "X".

 

 

4. Kemudian klik "Hapus Akun Bank".

 

 

5. Jika kamu yakin silahkan klik "Ya".

 

 

6. Proses penghapusan bank sudah berhasil dilakukan.

 

Kamu juga dapat tanya-tanya melalui email tanya@pluang.com dan live chat 24/7 atau juga dapat melalui Call Center di (021) 8063 0065. Dukung terus Pluang ya SobatCuan :)