Informasi Umum Seputar Dividen Reksadana

Pengertian Dividen Reksadana

Hai Sobat Cuan! Sebelum mimin simpulkan apa itu dividen reksadana, dapat mimin informasikan bahwa reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga.

Berikutnya untuk pengertian dividen adalah pembagian laba atau hasil yang dibayarkan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. Biasanya, dividen yang dibagikan bisa dalam bentuk uang tunai atau saham.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Dividen Reksadana adalah pembagian hasil keuntungan yang dibagikan reksadana kepada nasabahnya. Biasanya bentuk keuntungan yang dibagikan kepada nasabah berupa dalam bentuk unit.

Reksadana Apa Saja Yang Mendapatkan Dividen?

Untuk saat ini, terdapat empat (4) reksadana yang berhak mendapatkan dividen yakni:

  1. Batavia Dana Obligasi Ultima yang dibagikan per bulan.
  2. BNI-AM Makara Investasi yang dibagikan per bulan.
  3. BNI-AM UGM Progressive Balanced yang dibagikan per tahun.
  4. BNI-AM Indeks IDX30 yang dibagikan per tahun

Apakah Untuk Pembagian Dividen Sama Untuk Setiap Jenis Reksadananya?

Perhitungan pembagian dividen tentunya berbeda dengan satu jenis reksadana dengan reksadana lainnya. Perhitungan dividen tergantung dari ketentuan masing-masing reksadana.

Apa Saja Syarat Untuk Mendapatkan Dividen Reksadana?

Investor yang berhak mendapatkan dividen adalah investor yang masih memiliki unit reksadana hingga tanggal cum-date atau melakukan pembelian di tanggal cum-date. Tidak ada minimal unit yang harus dimiliki nasabah, jika nasabah masih memiliki unit reksadana terkait maka akan mendapatkan dividen.

Berapa Lama Dividen Akan Dibagikan Kepada Nasabah?

Dividen akan didistribusikan dengan menambahkan sejumlah unit ke total reksadana nasabah. Distribusi dividen akan dilakukan oleh Bank Kustodian pada tanggal pembayaran ke S-Invest dan ditambahkan ke unit investor paling lambat H+1 pada aplikasi Pluang.

Cum-date: Tanggal terakhir dimana pemegang unit berhak atas distribusi dividen.

Ex-date: Satu hari setelah tanggal cum-date. investor yg membeli unit reksadana pada tanggal ex-date tidak berhak mendapatkan dividen.

Payment date: Tanggal distribusi dividen oleh Bank Kustodian.