1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Investasi Reksa Dana di Pluang

Informasi Umum Seputar Reksadana

Apa yang Terjadi Jika Reksa Dana dibubarkan

Di dalam Peraturan OJK Nomor 23 Tahun 2016 tentang Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif, terdapat satu ketentuan yang mengatur tentang mekanisme pembubaran reksa dana. Dalam hal ini, pembubaran memiliki arti bahwa dana yang dikelola oleh Manajer Investasi harus dicairkan dan dikembalikan ke investor sesuai proporsinya masing-masing dengan NAB/UP pada saat pembubaran reksa dana.

Kamu dapat membaca lebih lanjut tentang ini di Pasal 46 Peraturan OJK Nomor 23 Tahun 2016.

Dari mana keuntungan Reksadana?

Keuntungan Reksadana

Hi SobatCuan, mungkin banyak nih dari kamu yang bertanya-tanya “dari mana sih keuntungan investasi reksadana”. Yuk kita simak penjelasan keuntungan reksadana berikut agar SobatCuan memahaminya.

Kenaikan Unit

Cara kerja reksa dana menggunakan harga atau Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/Up). Ketika investor membeli reksa dana, misalkan pada harga Rp 1.000, apabila setelah 1 tahun terjadi peningkatan 5 persen, maka harganya akan menjadi Rp 1.050. kemudian dengan menjual reksa dana, investor baru bisa mencairkan keuntungan investasinya.

SobatCuan pasti setuju bahwa interaksi atau kegiatan investasi reksadana sama dengan Trading yaitu kegiatan jual beli komoditas atau instrumen pasar modal dalam jangka waktu singkat demi meraih profit. Membelinya saat harga per unitnya murah, lalu menjualnya pada saat harganya mengalami kenaikan.

Lalu dari mana datangnya keuntungan reksadana? Pada dasarnya keuntungan Reksadana bisa didapat dari selisih kenaikan unit reksadana.

Kenapa Unit Reksadana Bisa Naik?

Dalam investasi reksadana terdapat istilah NAV (Net Asset Value) atau NAB/UP (Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan). Nilai ini akan berubah berdasarkan pergerakan nilai reksa dana di pasar investasi.

Secara garis besar, NAB akan dihitung dengan menjumlahkan total aktiva bersih (Asset Under Management) yang kemudian dibagi dengan jumlah total unit yang beredar. Investasi Reksa Dana menggunakan nilai aktiva bersih (NAB) per unit yang diumumkan setiap hari di surat kabar nasional, mudah untuk dipantau dan mendapatkan bukti kepemilikan unit.

Tingkat keuntungan dari reksadana 

Untuk tingkat keuntungan: semakin lama investasi potensi keuntungan semakin meningkat, lalu semakin  pendek investasinya potensi keuntungan tidak optimal, potensi naik tidak terbatas potensi turun yang terukur sesuai jenis reksa dananya, Reksa Dana bukan objek pajak oleh karena itu tidak ada potongan pajak.

Keuntungan lain dari Reksadana adalah Reksadana bukan merupakan objek pajak. Jadi tidak ada potongan dan hasil yang diterima investor adalah sudah bersih.

Pertanyaan Umum Seputar Reksadana

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar Investasi Reksa Dana:

Apakah saya bisa membeli dan menjual kapan saja saya mau?

Reksa dana dapat dibeli dan dijual kapan saja karena reksa dana bersifat terbuka sehingga tidak ada kedaluwarsa atau jatuh tempo. Transaksi pembelian dan penjualan tersebut akan didasarkan pada verifikasi yang dilakukan oleh manajer investasi dan bank kustodian

Berapa keuntungan yang bisa saya dapatkan dari investasi reksa dana?

Imbal hasil yang bisa kamu dapatkan akan berbeda-beda untuk setiap produk reksa dana. Kamu dapat melihat performa historikal setiap produk untuk dapat melakukan estimasi keuntungan yang bisa kamu dapat. Tapi ingat semakin besar keuntungan dari suatu aset investasi juga akan dipengaruhi tingginya risiko aset tersebut.

Berapa lama frekuensi perubahan harga aset Reksa Dana di Pluang?

Harga Reksa Dana akan berubah sekali dalam sehari di hari kerja bursa

Apakah bukti kepemilikan dari unit Reksa Dana yang diinvestasikan?

Saat ini kamu dapat memeriksa Surat Keterangan Transaksi (SKT) dan laporan bulanan melalui AKses KSEI. AKses KSEI sendiri merupakan platform elektronik yang disediakan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia untuk para investor.

Apakah NAV atau NAB/UP?

Harga di reksa dana disebut dengan NAV (Net Asset Value) atau NAB/UP (Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan). Nilai ini akan berubah berdasarkan pergerakan nilai reksa dana di pasar investasi.

Secara garis besar, NAB akan dihitung dengan menjumlahkan total aktiva bersih (Asset Under Management) yang kemudian dibagi dengan jumlah total unit yang beredar.

Apakah saya bisa mengalami kerugian dari investasi ini?

Produk reksa dana tetap memiliki risiko penurunan nilai. Hal ini dapat terjadi bila kondisi ekonomi atau sentimen instrumen portofolio sedang tidak baik. 

Apa itu Dollar Cost Averaging (DCA)?

DCA adalah strategi investasi di mana investor bisa menginvestasikan sejumlah uang secara rutin dan teratur, terlepas dari dinamika yang terjadi di pasar modal. Misalnya, menginvestasikan sebanyak Rp 500.000 secara rutin setiap bulan. Strategi ini dapat memudahkan investor, daripada menimbang-nimbang mencari kapan waktu yang tepat untuk membeli atau time the market.

Dengan melakukan DCA, jumlah investasi akan semakin besar dan akan memberikan imbal hasil yang lebih optimal. Ini lantaran ada efek bunga majemuk dalam berinvestasi, atau biasa disebut Compound Interest.

Efek dari Compound Interest adalah kondisi di mana keuntungan investasi yang ada saat ini bisa menumbuhkan keuntungan baru di masa depan. Dampaknya, imbal hasil yang dihasilkan pun akan mencetak pertumbuhan lebih tinggi.

Apakah pengguna hanya dapat berinvestasi ke salah satu produk reksa dana atau bisa keduanya? ( UOBAM Dana Rupiah dan UOBAM Dana Membangun Negeri)

Kamu bisa berinvestasi ke beberapa produk reksa dana yang Pluang sediakan di saat yang bersamaan

Apakah Pluang mengenakan biaya Bea Materai untuk Aset Reksa Dana?

Untuk investasi Reksa Dana, Pluang tidak membebankan biaya apapun termasuk Bea Materai, sehingga Bea Materai yang diinformasikan oleh KSEI untuk sementara waktu masih ditanggung oleh Pluang hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Apa itu cut off time?
Batas Waktu Transaksi

Cut off time merupakan batas waktu transaksi reksa dana.

Cut off time di Pluang adalah bila kamu melakukan transaksi di antara pukul 00.00 - 12.00 WIB maka transaksimu yang telah dikonfirmasi akan diproses hari itu.

Tetapi apabila kamu melakukan transaksi di antara pukul 12.00 - 24.00 WIB maka transaksi yang telah dikonfirmasi akan diproses di hari kerja bursa berikutnya.

Harga yang akan kamu dapatkan untuk transaksi pembelian atau penjualan reksa dana mengikuti ketentuan cut off time tersebut.

Produk Reksa Dana yang Tersedia di Pluang

Saat ini Pluang menawarkan banyak pilihan produk reksadana yang bisa kamu pilih menyesuaikan dengan profil risiko kamu. Cek pilihan produk reksadana yang dibagi berdasarkan jenisnya di Pluang sebagai berikut:

REKSADANA PASAR UANG

Reksa Dana Pasar Uang adalah Reksa Dana yang melakukan investasi 100% pada efek pasar uang dan efek hutang (Obligasi) yang memiliki masa jatuh tempo berjangka kurang dari satu tahun, seperti SBI dan Deposito. Reksa Dana Pasar Uang memiliki tingkat risiko rendah. Berikut adalah pilihan reksa dana pasar uang yang tersedia di Pluang:

  1. UOBAM Dana Rupiah
    Reksa dana ini dikelola secara aktif dengan porsi deposito dan obligasi (tenor <1 tahun) yang berimbang namun mengikuti dinamika pasar. Kombinasi penempatan dan tenor yang pendek membuat potensi return-nya menarik serta likuiditas tinggi. UOBAM bertindak sebagai Manajer Investasi yang mengelola reksa dana tersebut. PT UOB Asset Management Indonesia hadir di Indonesia sejak Agustus 2019.
  2. Batavia Dana Kas Maxima
    Reksa dana ini dikelola secara aktif dengan porsi deposito dan obligasi (tenor <1 tahun) yang berimbang namun mengikuti dinamika pasar. Kombinasi penempatan dan tenor yang pendek membuat potensi return-nya menarik serta likuiditas tinggi. Untuk obligasi, penempatan mayoritas adalah pada obligasi korporasi peringkat AAA dan pemerintah. Penempatan deposito juga selektif, yaitu pada bank-bank yang berkinerja baik.
  3. Bahana Dana Likuid
    Reksa dana ini dikelola secara aktif dengan strategi menjaga alokasi deposito sebesar 90% ke bank dengan kategori BUKU 2 & 3. Sementara obligasi yang dipilih adalah obligasi dengan peringkat minimal single-A.
  4. BNI-AM Dana Lancar Syariah
    Reksa dana ini dikelola secara aktif dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Seluruh portofolio ditempatkan pada instrumen pasar uang Syariah dari bank-bank Syariah besar. Bank yang dipilih adalah bank yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan sukuk dengan jatuh tempo <1 tahun yang juga memiliki rating tinggi untuk meminimalkan risiko. Dengan kualitas portofolio yang baik, BNI-AM Lancar Syariah dapat memberikan return yang stabil dan optimal, serta pencairan dana yang cepat bagi investor.


REKSADANA PENDAPATAN TETAP

Reksa Dana Pendapatan Tetap adalah Reksa Dana yang portofolio investasinya diinvestasikan minimum 80% dalam efek bersifat hutang (Obligasi). Reksa Dana Pendapatan Tetap memiliki risiko sedang. Berikut adalah pilihan reksa dana pendapatan tetap yang tersedia di Pluang:

  1. UOBAM Membangun Negri
    Dikelola oleh UOBAM yang bertindak sebagai Manajer Investasi yang mengelola reksa dana tersebut. PT UOB Asset Management Indonesia hadir di Indonesia sejak Agustus 2019. UOBAM diawasi oleh OJK dan memiliki ijin-ijin sebagai berikut:
    - Izin Manajer Investasi sejak 2011
    - Izin Penasihat Investasi sejak 2019
  2. Batavia Dana Obligasi Ultima
    Reksa dana ini dikelola secara aktif dengan kombinasi penempatan pada obligasi pemerintah dan korporasi sehingga potensi return-nya menarik serta likuiditasnya tinggi. Strategi pengelolaan portofolio dialokasikan ke obligasi dengan tenor pendek (3-4 tahun) dan porsi portofolio dinamis mengikuti perkembangan pasar.
  3. Bahana MES Syariah Fund Kelas G
    Reksa Dana ini dikelola secara aktif dengan alokasi 94% pada obligasi negara Syariah/sukuk dan 6% pada deposito bank BUKU 3.
  4. Syailendra Pendapatan Tetap Premium
    Reksa dana pendapatan tetap yang dikelola secara aktif dan fokus pada obligasi korporasi berperingkat tinggi dari sektor telekomunikasi, barang baku, dan finansial. Obligasi korporasi yang dipilih merupakan obligasi berjangka pendek, sehingga memiliki volatilitas rendah dan menghasilkan return yang lebih tinggi dibandingkan obligasi negara. Selain itu, dana dialokasikan sekitar 0-15% ke ekuitas pendorong yang merupakan saham New Economy (contoh: finansial, teknologi, media, e-commerce, dll).
  5. BNI-AM Makara Investasi
    Reksa dana ini dikelola secara aktif dengan alokasi ke surat utang jangka pendek (rata-rata 2-3 tahun) sehingga return dan harga NAB stabil. Seluruh return reksa dana adalah seutuhnya milik investor dan sebagian biaya pengelolaannya didedikasikan untuk pengembangan pendidikan di Universitas Indonesia.
  6. BNI-AM Ardhani Pendapatan Tetap Syariah
    Reksa dana ini dikelola secara aktif dan menghasilkan return yang didasarkan pada prinsip-prinsip investasi syariah. Dana dialokasikan ke Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang tidak memiliki risiko gagal bayar (default) karena diterbitkan oleh pemerintah. Dengan durasi portofolio rata-rata lebih dari 5 tahun, return yang dihasilkan lebih optimal bagi investor jangka menengah dan jangka panjang.
  7. Pinnacle Indonesia Bond Fund
    Reksa dana yang dikelola secara aktif dengan alokasi ke obligasi dan deposito. Untuk obligasi, penempatan condong ke obligasi pemerintah dan infrastruktur dengan minimal bobot 80% untuk obligasi pemerintah. Sementara kriteria untuk pasar uang/deposito adalah bank yang memiliki rasio pinjaman bermasalah kurang dari 3%.  


REKSADANA CAMPURAN

Reksadana campuran memiliki komposisi portofolio investasi sebagai berikut; saham, obligasi (surat utang) dan pasar uang (deposito). Untuk alokasi reksadana campuran masing-masing tidak boleh melebih 79%. Reksadana campuran menawarkan keuntungan unik yang tidak dimiliki reksadana jenis lain. Berikut adalah pilihan reksa dana campuran yang tersedia di Pluang:

  1. BNI-AM UGM Progressive Balanced Fund
    Reksa dana campuran yang dikelola secara aktif dengan alokasi ke kelas aset saham, obligasi, dan pasar uang. Kombinasi dari ketiganya akan menghasilkan return yang optimal dalam jangka panjang. Seluruh return reksa dana seutuhnya adalah milik investor dan sebagian biaya pengelolaannya didedikasikan untuk pengembangan pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Keunggulan dari produk ini adalah fleksibilitas dalam menyesuaikan alokasi dana antar kelas aset.
  2. Syailendra Balanced Opportunity Fund
    Reksa dana campuran yang dikelola secara aktif dan berfokus pada sektor New Economy, yaitu sektor yang fokus pada pertumbuhan digital atau adaptasi teknologi baru (finansial, teknologi, media, e-commerce, dll). Reksa dana ini juga memiliki fleksibilitas tinggi (~2-75%) untuk alokasi antar kelas aset ekuitas, pendapatan tetap, dan pasar uang. Untuk meminimalkan volatilitas, SBOF juga berinvestasi pada obligasi korporasi jangka pendek yang memiliki peringkat yang bagus, serta pada pasar uang.

Apa Syarat untuk Memulai Investasi Reksa Dana di Pluang?

Syarat Investasi Reksa Dana di Pluang

Apa saja syarat untuk memulai Investasi reksa dana di Pluang?

Pasti pada penasaran dong apa aja syarat untuk memulai investasi reksa dana di Pluang, yuk kita bahas.

  1. Jika kamu adalah pengguna baru Pluang, kamu harus melakukan verifikasi terlebih dahulu. 

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melengkapi data verifikasi bagi pengguna baru : 

  • Verifikasi email
  • Lengkapi data Verifikasi Dasar
  • Lengkapi data Verifikasi Tambahan
  • Lengkapi Data Bank Utama Reksa Dana

Untuk informasi lebih lengkap mengenai hal tersebut silakan lihat di https://help.pluang.com/knowledge/bagaimana-cara-melakukan-verifikasi-identitas-di-pluang

Verifikasi Dasar merupakan proses verifikasi yang perlu dilakukan oleh pengguna untuk dapat berinvestasi di produk kripto, S&P 500 dan reksa dana. Disini kamu hanya perlu mengisi data Nama, NIK, tanggal lahir dan upload foto KTP-mu & foto selfiemu dengan KTP 

Jika kamu sudah memiliki akun Pluang, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Lengkapi data Verifikasi Tambahan
  • Lengkapi Data Bank Utama Reksa Dana

Setelah berhasil melakukan langkah-langkah di atas, data tersebut kemudian akan dikirimkan ke KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) untuk diverifikasi.

Jika proses verifikasi berhasil, maka investor dapat memulai investasi reksa dana.

Bagaimana Cara Melihat Performa Investasi Reksa Dana Saya?

Performa Investasi Reksa Dana

Jika kamu ingin melihat performa dari investasi reksa dana kamu, kamu dapat melihat pada menu "Halaman Aset" dan pada fitur "Portofolio" di aplikasi Pluang :

  • Halaman aset 

  • Fitur portofolio pada aplikasi Pluang.

Kenapa Transaksi Pembelian Reksa Dana Saya Gagal?

Transaksi Reksa Dana

Transaksi reksa dana yang kamu lakukan statusnya gagal atau tidak berhasil? Ayo kita cari tahu penyebabnya!

Pluang memiliki ketentuan khusus untuk transaksi reksa dana sesuai aturan yang berlaku.

Tentunya ketentuan-ketentuan tersebut diberlakukan demi alasan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Untuk menghindari kegagalan atau penolakan pada transaksi reksa dana yang akan kamu lakukan. Ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu ketentuan-ketentuannya.

Yuk kita simak ketentuannya :

  1. Transfer dilakukan ke rekening yang sesuai dengan produk reksa dana yang kamu beli. Misalnya kamu membeli reksa dana pasar uang maka di transfer dana ke rekening RD Pasar Uang.

Apabila kamu melakukan pembelian produk reksa dana pendapatan tetap maka di transferkan ke rekening RD Pendapatan Tetap.

  1. Nominal uang yang kamu transfer harus sesuai atau sama persis dengan nominal pembelian yang kamu masukan sebelumnya pada saat transaksi pembelian di Pluang.
  2. Transaksi sulit diverifikasi oleh Bank Kustodian atau Manajer Investasi. Beberapa alasan sulitnya verifikasi adalah sebagai berikut :

- Akun bank atau nama pemilik rekening yang melakukan transfer berbeda dengan nama pemilik akun Pluang.

- Proses pentransferan tidak menggunakan rekening bank namun dengan metode pembayaran lain.

Jadi, pastikan kamu sudah memenuhi seluruh ketentuan tersebut, sebelum kamu melakukan transaksi pembelian reksa dana untuk menghindari kegagalan dalam proses pembelian reksa dana mu ;)

Jika transaksi pembelian reksadana kamu gagal, maka kamu akan mendapatkan notifikasi melalui aplikasi.

Ketika transaksi kamu gagal baik karena salah nominal transfer / salah rekening tujuan / dll. Maka kamu akan dikenakan biaya administrasi pentransferan dari bank kustodian (Bank BCA). Rinciannya sebagai berikut :

- Nominal transaksi kurang dari sama dengan Rp100.000.000,- , biaya transfer Rp2.900,- ke bank lain.

- Nominal transaksi lebih besar dari Rp100.000.000,- sampai sama dengan Rp100.000.000.000,- , biaya transfer Rp25.000,- ke bank lain (RTGS) 

- Nominal transfer  lebih besar dari Rp100.000.000.000,- , biaya transfer Rp30.000,- ke bank lain (Jalan dana dari Cabang)

Apa yang harus saya lakukan apabila transaksi pembelian reksadana yang saya lakukan statusnya gagal?

Apabila transaksi kamu mengalami kegagalan maka mohon segera menghubungi kami melalui email tanya@pluang.com dengan menyertakan data berikut:

  1. Foto/screenshot bukti pembelian (bukti transfer dari bank yang digunakan),
  2. Foto/screenshot mutasi rekening bank kamu (menampilkan transaksi yang dimaksud),
  3. Nama pemilik akun bank :
  4. Nama Bank yang digunakan :
  5. Nomor rekening Bank :

*Proses pengecekan membutuhkan waktu 1-2 hari kerja setelah seluruh data tersebut di atas kami terima.

Setelah data transaksi yang kamu berikan sudah berhasil di konfirmasi, maka proses refund/pengembalian dana akan dijalankan dan saldo akan dikembalikan ke rekening bank sesuai dengan informasi yang kamu berikan sebelumnya.

Beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait proses refund tersebut antara lain : 

  1. Proses refund membutuhkan waktu 1-2 hari kerja (Tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional )
  2. Proses refund saldo akan dikenakan biaya berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan Bank Kustodian yakni Rp2.900,- per transaksi apabila bank tujuan refund tidak sama dengan Bank Kustodian (BK) atau selain bank BCA