Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Dalam Berinvestasi di Pluang?

Berinvestasi di Pluang

Setiap instrumen investasi pastinya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Untuk itu sangatlah penting bagi kamu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari instrumen investasi yang akan kamu pilih sebagai bahan pertimbangan dan melihat apakah instrumen investasi tersebut cocok atau tidak untuk kamu.

Keuntungan dan kelebihan berinvestasi emas di Pluang.

Sampai dengan saat ini, investasi logam mulia seperti emas banyak diminati masyarakat. Tentunya selain nilainya masih dianggap menguntungkan dan cocok untuk investasi jangka panjang, keberadaan bentuk fisik yang dapat dimiliki menjadi salah satu faktor yang membuat aset tersebut masih sangat diminati masyarakat luas hingga kini.

Tentunya kamu akan bertanya-tanya, apa saja keuntungan berinvestasi emas pada aplikasi Pluang apabila dibandingkan dengan aplikasi investasi lain yang sejenis.

Namun tentunya investasi tersebut bukannya tidak memiliki kekurangan. Pluang telah merangkum detail mengenai kelebihan dan kekurangan masing - masing dari investasi emas agar dapat membantu kamu untuk menentukan pilihan investasi yang tepat yaitu sebagai berikut : 

1. Harga Beli Emas Kompetitif

Jika dibandingkan untuk harga emas di semua aplikasi atau toko emas online, Pluang dapat menjamin harga emas yang kompetitif dan juga terjangkau. Silahkan kamu cek perbandingan harga emas online di halaman ini: https://pluang.com/harga-emas-hari-ini/

2. Pluang Menawarkan Selisih Harga Jual/Beli Paling Kecil

Selisih harga jual-beli emas (spread) di aplikasi Pluang hanya sebesar 3%! Tidak perlu khawatir untuk mendapatkan keuntungan investasi emas di Pluang. Investasi mudah, semua prosesnya dapat diakses hanya dari genggaman tangan saja.

3. Pendaftaran Hanya menggunakan Nomor Handphone dan Email

Pendaftarannya juga sangat praktis dan mudah. Hanya dengan email dan nomor handphone, kamu sudah bisa langsung masuk ke aplikasi Pluang untuk mengecek harga emas setiap hari. Validasi akun juga super mudah, hanya dengan foto KTP dan foto selfie dengan KTP . Di mana lagi investasi emas Antam semudah ini?

4. PT Pluang Emas Sejahtera Berlisensi dan Diawasi Pemerintah

PT Pluang Emas Sejahtera, sebagai penyalur emas, adalah pialang yang menyalurkan amanat nasabah, berlisensi dan diawasi BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

5. Tidak Ada Biaya Tersembunyi dan Membebani

Pluang mengutamakan transparansi dan kejujuran. Ketika kamu ingin melakukan penarikan, tidak ada biaya tambahan apa pun yang dikenakan. Kecuali kamu ingin emasnya dicetak dan dikirim ke alamat kamu ya.

6. Emas Fisik Bersertifikat dan Bisa Dijual di Luar Negeri

Meski menyimpan emas dalam bentuk digital, emas fisik Pluang adalah emas Antam yang bersertifikat dan bisa dijual kembali di mana saja.

7. Emas Kamu Aman karena Disimpan di PT Kliring Berjangka Indonesia

Selain diawasi oleh BAPPEBTI, emas yang disalurkan oleh PT Pluang Emas Sejahtera juga tersimpan dengan aman di Pegadaian dan dijamin oleh PT Kliring Berjangka Indonesia yang keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Jadi, keamanannya sangat terjamin.

8. Simple

Investasi emas saat ini dapat dengan mudah dilakukan oleh siapa saja. Saat ini banyak bermunculan penyedia fasilitas investasi emas baik secara fisik maupun digital dengan harga yang terjangkau dengan persyaratan yang tidak rumit

9. Harga stabil

Harga emas itu sendiri cenderung stabil dan sangat terlindung dari inflasi.

10. Mudah diperjual - belikan

Investasi emas tentunya dapat diperjual belikan secara mudah dan cepat. Selain itu aset emas juga dapat dijadikan sebagai jaminan di berbagai lembaga keuangan.

 

Kelemahan dalam berinvestasi di emas:

  • Kenaikan harga emas cenderung lambat

Dalam hal ini kenaikan harga emas terjadi tidak terlalu signifikan setiap tahunnya terutama apabila kondisi ekonomi dalam keadaan stabil.

  • Keamanan

Hal ini berlaku apabila kamu juga memiliki emas dalam bentuk fisik dimana kamu harus memiliki tempat yang aman bahkan deposit box bila perlu untuk menyimpan emas fisik yang kamu miliki. Oleh karena itu saat ini muncul berbagai macam layanan investasi emas dalam bentuk digital guna meminimalisir resiko kehilangan tersebut.

  • Keuntungan baru didapat dalam jangka panjang

Dimana keuntungan investasi emas dapat kamu rasakan setelah bertahun-tahun sehingga tidak cocok untuk dijadikan passive income bagi kamu yang mengharapkan keuntungan jangka pendek.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Reksa Dana dibandingkan dengan Instrumen Investasi Lain.

 

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan untuk produk investasi Reksadana dibandingkan dengan produk atau instrumen investasi lain :

Kelebihan produk investasi Reksa dana:

  1. Investasi terjangkau, hanya dengan Rp15.000 kamu sudah bisa berinvestasi di reksa dana
  2. Imbal hasil kompetitif,  imbal hasil reksa dana cukup tinggi dibandingkan dengan tabungan atau deposito
  3. Transaksi mudah, kamu dapat membeli dan menjual reksa dana kapan saja
  4. Diversifikasi investasi: Produk reksa dana mempunyai komponen dari beberapa instrumen investasi dengan persentase yang berbeda-beda. Penempatan dana di beberapa instrumen investasi akan menurunkan risiko kerugian jika terjadi penurunan harga pada satu sektor tertentu.
  5. Pengelolaan dana transparan dan aman. Investor akan dapat membaca prospektus dari reksa dana. Dana Investor akan disimpan oleh pihak ketiga yakni Bank Kustodian dan produk reksa dana sendiri sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kelemahan dan resiko produk investasi Reksa Dana

  1. Reksa dana memiliki beberapa kemungkinan resiko yang mungkin dapat terjadi, seperti :
    • Risiko Wanprestasi
    • Risiko Likuiditas
    • Risiko perubahan kondisi ekonomi & politik
    • Risiko berkurangnya Nilai Aktiva Bersih (NAB) setiap unit penyertaan
    • Risiko karena penurunan harga efek dalam portofolio
    • Risiko perubahan peraturan
  2. Resiko kepemilikan,  meskipun kamu membeli produk reksa dana yang dialokasikan dalam aset saham atau surat utang suatu perusahaan, kamu tidak akan berstatus sebagai pemilik langsung instrumen aset tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Kripto

Plus dan Minus Aset Kripto

Sama seperti produk investasi lainnya. Berikut kelebihan dan kekurangan investasi aset Kripto :

Kelebihan produk investasi Kripto

Potensi kenaikan harga tinggi di masa mendatang.

  1. Teknologi blockchain membuat proses pembayaran mata uang digital berlangsung cepat, aman, dan mudah.
  2. Menghindari pemalsuan uang karena sistem blockchain tidak memungkinkan mata uang sama melakukan dua transaksi berbeda.
  3. Keamanan data pribadi, kamu bisa melakukan transaksi keuangan tanpa perlu menampilkan identitas asli.

Kelemahan dan resiko produk investasi Kripto

  1. Volatilitas tinggi, yaitu kondisi ketika nilai mata uang tiba-tiba mengalami kenaikan atau penurunan nilai secara drastis dan dalam waktu cepat.
  2. Sulit memprediksi nilai mata uang di masa depan, sehingga resiko kerugian lebih tinggi.

Bagaimana SobatCuan? Apakah investasi aset kripto cocok untuk kamu? 

Produk ini bisa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk kamu yang menyadari pentingnya investasi :)