1. Pusat Bantuan
  2. Cara Menarik Dana Investasi dari Pluang

Kenapa Pluang Menghubungi Saya dan Menanyakan Beberapa Pertanyaan Tentang Informasi Keuangan Saya?

Uji Tuntas Nasabah melalui CDD dan EDD

Sebelum masuk ke pembahasan untuk menjawab "kenapa Pluang menghubungi kamu dan menanyakan beberapa pertanyaan tentang informasi keuangan kamu?". Maka ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu ya #SobatCuan.

Uji Tuntas Nasabah (Customer Due Diligence) yang selanjutnya disingkat CDD adalah kegiatan berupa identifikasi, verifikasi, dan pemantauan yang dilakukan oleh Pialang Berjangka untuk memastikan transaksi sesuai dengan profil, karakteristik, dan/atau pola transaksi Nasabah.

Uji Tuntas Lanjut (Enhanced Due Diligence) yang selanjutnya disingkat EDD adalah tindakan CDD lebih mendalam yang dilakukan Pialang Berjangka terhadap calon Nasabah atau Nasabah yang tergolong dalam area berisiko tinggi.

Dasar hukum : PERKA BAPPEBTI NOMOR 2 TAHUN 2016

 

Berdasarkan pada syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi yang dapat kamu lihat di sini

Anda mengakui dan menjamin bahwa :

(1) Bersedia untuk mematuhi, menyetujui dan menandatangai DOKUMEN – DOKUMEN persyaratan yang disyaratkan oleh PG sebagaiamana yang telah diatur dalam aturan BAPPEBTI no. 14 tahun 2019.

(2) Informasi dan rekomendasi yang diberikan oleh PG kepada Anda tidak selalu lengkap dan perlu diverifikasi ;

(3) Bersedia untuk dilakukan proses KYC (Know Your Customer) terhadap uji tuntas data Nasabah (Customer Due Diligence) sesuai kebijakan PG.

(4) Bahwa setiap informasi pribadi, dokumen kependudukan, dan atau dokumen lainnya yang diberikan kepada PG merupakan dokumen yang sah  dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum keabsahannya.

(5) PG tidak menjamin bahwa informasi dan rekomendasi yang diberikan merupakan informasi yang akurat dan lengkap ;

(6) Anda menyadari bahwa informasi dan rekomendasi yang diberikan oleh PG dan pihak terafiliasinya memungkinkan memiliki posisi di pasar dan memberikan rekomendasi tidak konsisten kepada Nasabah.

 

Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pluang berkewajiban melakukan uji tuntas kepada seluruh nasabah yang berinvestasi di Pluang. Hal tersebut bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan kamu dan juga nasabah lainnya dalam bertransaksi di Pluang.

Tentunya dengan mengenal profil dari nasabah kami satu persatu, tentunya akan memudahkan kami mengidentifikasi transaksi dan mengetahui kebutuhan dari setiap nasabah kami. 

Dengan mengenal nasabah kami lebih dekat, tentunya akan membuat transaksi kamu lebih aman, nyaman, dan lancar untuk kedepannya.

Jadi mohon kerjasamanya ya SobatCuan! untuk memberikan informasi sejujur-jujurnya terkait hal-hal yang ditanyakan pihak Pluang kepada kamu. Apabila kami melihat ada kejanggalan atau ketidaksesuaian profil kamu dengan transaksi yang kamu lakukan, maka dengan berat hati kami harus melaporkan kamu kepada pihak PPATK (Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan) agar pihak PPATK dapat melakukan pengecekan atau penelusuran lebih lanjut pada transaksi kamu.

 

Ohya! satu lagi yang perlu SobatCuan ketahui dan gak bosan-bosan kami infokan. 

Pihak Pluang tidak akan pernah meminta informasi sensitif seperti PIN (personal identification number) untuk transaksi ataupun kode OTP (one time password) untuk login

Apabila ada pihak atau oknum yang meminta informasi tersebut, mohon untuk tidak diberikan ya SobatCuan!