Mengapa Saya Belum Menerima Hasil Penjualan Reksa Dana Saya?

Penjualan Reksadana Gagal

Ketika kamu menjual reksa dana, dananya tidak langsung instan masuk ke rekening kamu. Manajer Investasi reksa dana perlu menjual saham/Obligasi/Deposito yang telah dibeli, lalu melakukan rekapitulasi jumlah penjualan reksadana pada hari tersebut yang kemudian akan dicatat dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian. Setelah itu baru dapat ditransfer ke rekening investor. Proses ini membutuhkan waktu, dan tidak bisa langsung selesai dalam sehari.

Namun OJK telah memberikan batas waktu maksimal 7 hari kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu dan hari libur nasional) untuk proses pencairan dana dari penjualan reksa dana.

 

Apabila sesuai dengan waktu yang telah ditentukan kamu belum menerima dana hasil penjualan reksa dana kamu maka hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan di antaranya adalah:

1. Nomor rekening ditutup (tidak aktif)

Penjualan reksa dana kamu telah berhasil diverifikasi dan dana hasil penjualan telah ditransfer ke rekening yang telah kamu daftarkan untuk penerimaan penjualan reksa dana. Namun apabila nomor rekening yang kamu daftarkan telah ditutup atau tidak aktif lagi maka dana penjualan kamu yang telah ditransfer akan mengalami bounce back.

 

2. Nama yang tercantum pada bank berbeda dengan nama yang terdaftar pada Pluang

Ketidaksesuain nama yang terdapat pada rekening bank kamu dengan nama yang terdaftar di Pluang akan mengakibatkan kegagalan transfer hasil penjualan reksa dana kamu secara otomatis. Transfer hasil penjualan reksa dana hanya dapat dilakukan ke akun bank dengan nama yang sama yang terdaftar di Pluang.

 

3. Kendala jaringan/system error

Dana hasil penjualan reksa dana kamu telah ditransfer ke rekening bank kamu tetapi terdapat gangguan yang disebabkan karena adanya kendala jaringan maupun system error pada saat transaksi dilakukan baik pada bank pengirim maupun bank penerima. 

 

Bagaimana caranya agar saya bisa menerima uang hasil penjualan reksa dana saya?

Apabila sesuai dengan waktu yang telah ditentukan kamu belum menerima dana hasil penjualan reksa dana kamu silakan segera menghubungi customer service  melalui email ke tanya@pluang.com untuk pengecekan status penjualan reksa dana kamu dengan ketentuan:

Apabila nomor rekening sudah ditutup atau tidak aktif silakan mendaftarkan rekening bank baru yang masih aktif untuk akun bank utama reksa dana kamu. Nama pada rekening bank baru yang didaftarkan harus sesuai dengan nama kamu yang terdaftar di Pluang. Jangan lupa untuk melampirkan foto halaman depan buku tabungan rekening bank baru kamu. (apabila tidak memiliki buku tabungan dapat diganti dengan tangkapan layar profil pada mobile banking yang menyediakan informasi nomor rekening serta nama kamu).

Apabila nama yang tercantum pada bank berbeda dengan nama yang terdaftar pada Pluang, kamu dapat melampirkan halaman depan buku tabungan rekening bank yang kamu daftarkan untuk reksa dana (apabila tidak memiliki buku tabungan dapat diganti dengan tangkapan layar profil pada mobile banking yang menyediakan informasi nomor rekening serta nama kamu).