Mengapa Berinvestasi Reksadana di Pluang?

Seputar Investasi Reksadana

Hai SobatCuan, sebelum kamu memulai berinvestasi yuk simak beberapa ilmu seputar investasi reksadana. 

1. Alasan Dasar Memilih Reksadana

Beberapa alasan yang menjadi dasar untuk kamu dapat memilih Reksadana sebagai investasi kamu, yaitu:

  • Reksadana tidak memiliki periode penguncian, bisa dibeli dan dicairkan setiap saat selama pada jam / hari bursa.
    Reksadana tidak mengunci masa penempatan uang atau memiliki batas perjanjian tenggat waktu. Sehingga reksadana bisa dicairkan kapan saja sepanjang dilakukan pada hari/jam kerja bursa asal sesuai dengan tata cara penjualan. Pencairan reksadana juga tidak dikenakan biaya ataupun penalti.
  • Investasi reksadana menggunakan nilai aktiva bersih (NAB) per unit, mudah untuk dipantau dan mendapatkan bukti kepemilikan unit.
    Cara kerja reksadana menggunakan harga atau Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/Up). Ketika investor membeli reksadana, misalkan pada harga Rp 1.000, apabila setelah 1 tahun terjadi peningkatan 5 persen, maka harganya akan menjadi Rp 1.050, kemudian dengan menjual reksadana, investor baru bisa mencairkan keuntungan investasinya.
  • Dana yang kamu himpun akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah memiliki sertifikasi Wakil Manajer Investasi (WMI) dari OJK, sehingga sudah terlatih dan relatif lebih aman.

2. Alasan Dasar Memilih Reksadana Di Pluang

Kenapa sih kamu harus berinvestasi reksadana di Pluang? Berikut beberapa alasan yang dapat menjadi dasar untuk kamu berinvestasi reksadana di Pluang, yaitu:

  • Aman.
    Berinvestasi reksadana di aplikasi Pluang sangat aman! Sebab, Pluang bekerja sama dengan Pluang Grow yang sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bermitra dengan PT Bank Central Asia (BCA) sebagai bank kustodian.
  • Imbal hasil kompetitif.
    Berinvestasi reksadana di Pluang memiliki imbal hasil yang sangat kompetitif dibandingkan produk tabungan konvensional, khususnya deposito.
  • Bantu membangun negeri.
    Produk reksadana Pluang menggunakan obligasi pemerintah dan deposito di bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai efek yang menjadi aset dasar reksadana (underlying). 
  • Terjangkau dan anti ribet.
    Kamu bisa memulai investasi di produk reksadana Pluang mulai dari Rp15.000 dan membutuhkan waktu kurang dari 1 menit.
  • Diversifikasi portofolio.
    Pluang tidak hanya menyediakan produk reksadana tapi juga aset-aset investasi lainnya seperti emas, indeks saham AS, Saham AS, dan aset kripto. Jadi, kamu dapat dengan mudah melakukan diversifikasi investasi dan memantaunya dalam satu aplikasi.

Berikut merupakan biaya yang dikenakan pada investor dalam berinvestasi reksadana:

  • Biaya manajer investasi dan bank kustodian: merupakan dua komponen terbesar yang dibebankan pada reksadana. Setiap Manajer Investasi akan membebankan biaya manajemen dalam mengelola reksadana, begitupun bank kustodian untuk biaya operasional. Biaya-biaya ini telah masuk dalam perhitungan NAB per unit reksadana, jadi investor secara tidak langsung telah membayar biaya ini. Masing-masing produk reksadana memiliki biaya-biaya yang berbeda dan dapat ditemukan dalam Fund Fact Sheet reksadana tersebut.
  • Biaya transfer bank terkait pencairan dana: merupakan biaya transfer dengan kisaran sebesar Rp2.900 - Rp25.000 per transaksi penjualan yang akan dikenakan oleh pihak bank jika bank pencairan dana kamu berbeda dengan bank penampung. Khusus untuk Reksadana UOBAM Dana Rupiah, hasil penjualan akan dikirim dari bank kustodian yaitu Standard Chartered Bank. Apabila bank pencairan dana kamu berbeda dari bank kustodian untuk Reksadana UOBAM Dana Rupiah, maka transaksi penjualan kamu akan dikenakan biaya admin.

3.  Apakah Ada Batas Minimal dan Maksimal Penjualan Reksadana?

    • Berapa nilai minimal untuk memulai Investasi reksadana di Pluang?

    Nilai minimal untuk berinvestasi akan berbeda-beda berdasarkan produk reksadana, tapi saat ini nilai paling kecil untuk berinvestasi di reksadana di Pluang adalah Rp15.000,-

    • Berapa batas maksimal pembelian reksadana?

    Tidak ada batas maksimum pembelian sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan dan profil risiko kamu ya!

    Yuk berinvestasi reksadana di Pluang SobatCuan! :)