1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Investasi Aset Kripto di Pluang

Apa Saja Hal Yang Dapat Mempengaruhi Naik Turun Harga Aset Kripto?

Hal Yang Dapat Mempengaruhi Naik Turun Harga Aset Kripto?

Harga Aset Kripto yang Pluang tampilkan pada aplikasi mengacu pada exchange exchange PT Bumi Santosa Cemerlang (BSC).

Ada beberapa hal yang mempengaruhi naik turun harga Aset Kripto, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Harga Aset Kripto tergantung pada keseimbangan penawaran dan permintaan. Ini adalah hukum pasar. Ketika Aset Kripto populer dan banyak permintaan maka harganya akan naik. Begitu juga sebaliknya, jika penawaran tinggi sedangkan permintaan rendah maka harga akan turun.
  2. Berita atau liputan media dapat mempengaruhi harga Aset Kripto. Contohnya adalah jika ada berita tentang serangan hacker pada server crypto, atau pun berita bagus mengenai meningkatnya adopsi dan infrastruktur di belakang teknologi kripto.
  3. Volatilitas harga Aset Kripto sebagian besar berdasarkan hype yang seringnya menjaga minat tetap tinggi. Penurunan harga tajam dapat dipengaruhi oleh sebuah postingan di media sosial dan ujaran orang terkenal di dunia Aset Kripto yang disengaja. Di bidang Aset Kripto, berita benar-benar punya pengaruh signifikan pada situasi di pasar
  4. Jumlah atau kuantitas dari aset kripto itu sendiri.  Volume aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum masih sangat lah sedikit dan persebarannya tidak merata sehingga nilai harganya akan sangat dipengaruhi oleh tindakan para pemegang aset kripto tersebut dalam melakukan penjualan atau pembelian.
  5. Rasa takut dan serakah (Fear and Greed) Faktor psikologis, yaitu rasa takut dan sifat serakah publik juga dapat mempengaruhi harga kripto. Sebagai contoh harga bitcoin mulai bergerak naik jauh setelah sekian lama tidak ada pergerakan yang berarti. Hal ini akan mengakibatkan publik menjadi serakah (greed) dan membeli lebih banyak bitcoin dengan harapan harga tersebut akan naik lebih jauh lagi. Semakin banyak pembeli Bitcoin, harga Bitcoin akan semakin naik, dan ini menyebabkan lebih banyak orang ingin membeli Bitcoin. Saat harga bitcoin mulai menyentuh titik puncak, banyak orang yang ingin mengambil untung dengan menjual bitcoinnya. Semakin banyak orang yang menjual bitcoin, maka harga bitcoin akan semakin turun. Harga yang bergerak turun menyebabkan ketakutan (Fear) pada publik, sehingga semakin banyak orang yang menjual bitcoin lagi.