Seputar Penarikan Emas Fisik di Pluang

Seputar Penarikan Emas Fisik di Pluang

Syarat & Ketentuan Tarik Fisik

Berikut adalah hal-hal yang wajib kamu perhatikan apabila kamu ingin melakukan penarikan fisik emas di aplikasi Pluang:

  1. Penarikan fisik emas hanya dapat dilakukan oleh "customer premium" yaitu customer yang sudah berhasil melakukan verifikasi identitas.
  2. Alamat pengiriman emas harus sesuai dengan alamat yang tertera pada kartu identitas (KTP) yang telah terverifikasi.
  3. Apabila customer ingin mengirimkan emas ke alamat lain (berbeda dengan alamat KTP) maka wajib melampirkan dokumen tambahan sebagai syaratnya.
  4. Untuk customer yang ingin emasnya dikirimkan ke alamat domisili tempat tinggalnya, maka wajib melampirkan surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh kelurahan tempat customer berdomisili. 
  5. Untuk customer yang ingin emasnya dikirimkan ke alamat tempat bekerja, maka wajib melampirkan surat keterangan bekerja dari HRD (bagian personalia) atau bisa juga dengan menyertakan foto ID card perusahaan dan foto selfie dengan ID Card perusahaan.
  6. Apabila dalam 5 hari kerja kamu belum dapat melengkapi dokumen yang diminta maka penarikan akan dibatalkan.
  7. Untuk penarikan fisik emas akan dikenakan biaya cetak yang besarnya tergantung dengan nominal gram emas yang ingin dicetak.
  8. Besaran biaya pengiriman emas atau ongkos kirim tergantung dengan jarak atau lokasi pengiriman.
  9. Jika penarikan emas fisik dilakukan melalui Pluang biaya cetak emas dan ongkos kirim akan dikonversikan ke nominal gram emas, sehingga untuk kedua biaya tersebut secara otomatis akan mengurangi saldo emas yang tersedia.
  10. Jika penarikan emas fisik dilakukan melalui GoInvestasi biaya cetak emas dan ongkos kirim akan mendebet dari saldo GoPay atau Paylater GoPay.
  11. Pengiriman dilakukan dari Jakarta.
  12. Proses penarikan fisik emas membutuhkan waktu 5 hari kerja belum termasuk proses pengiriman (tergantung dengan wilayah pengiriman).
  13. Sebelum proses pencetakan emas dilakukan, tim Pluang akan menghubungi kamu melalui telepon untuk melakukan konfirmasi. Jadi mohon agar selalu mengaktifkan nomor handphone kamu yang terdaftar di Pluang.
  14. Apabila dalam 5x24 jam tim kami tidak berhasil menghubungi Anda untuk dikonfirmasi, maka penarikan fisik kamu akan dibatalkan.
  15. Jika penarikan emas fisik dibatalkan tidak ada potongan biaya apapun dan saldo emas dikembalikan keseluruhan ke akun Pluang.
  16. Jika penarikan emas fisik melalui GoInvestasi dibatalkan maka saldo emas akan kembali dalam bentuk saldo emas, dan biaya-biaya akan dikembalikan pada saldo tunai di akun Pluang Anda.
  17. Apabila penerimaan emas ingin diwakilkan oleh saudara ataupun keluarga dalam satu rumah maka penerima harus dapat menunjukan foto KTP milik penerima emas, dan penarik emas harus memberikan nomor handphone si penerima emas saat konfirmasi dilakukan. Sehingga pihak Logistik akan menghubungi kamu untuk melakukan konfirmasi data dari penerima emas. 
  18. Proses konfirmasi penarikan emas fisik hanya dapat dilakukan melalui telepon, email atau WhatsApp ke nomor handphone yang terdaftar pada akun Pluang yang sudah terverifikasi.
  19. Apabila terdapat alasan tertentu yang mengharuskan pengiriman emas harus dibatalkan maka permohonan pembatalan wajib disampaikan via email dengan mengirimkan email permohonan melalui tanya@pluang.com


 

Estimasi Waktu Pengiriman Emas Fisik

Estimasi minimal waktu yang diperlukan untuk proses penarikan emas fisik adalah sebagai berikut:

  • Setelah proses penarikan emas diajukan melalui aplikasi, kami akan melakukan proses verifikasi alamat penarikan emas melalui panggilan telepon ke nomor handphone yang terdaftar di aplikasi Pluang maupun GO- Investasi. Setelah proses verifikasi tersebut berhasil dilakukan, data hasil verifikasi akan diinfokan kepada pihak terkait untuk dilakukan proses pencetakan emas dimana proses tersebut membutuhkan waktu 5 hari kerja.
  • Ditambah waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman sesuai dengan jenis pengiriman yang digunakan sekitar 1-2 hari kerja.

Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk proses penarikan emas fisik adalah estimasi 7 hari kerja (Tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional ) setelah kamu berhasil dihubungi oleh tim Pluang untuk proses penarikan emas fisik yang kamu ajukan. Tentunya dalam hal ini kerjasama dari kamu juga sangat menentukan. Jadi mohon untuk mengaktifkan nomor yang terdaftar pada akun Pluang kamu agar memudahkan tim kami dalam menghubungi kamu untuk kebutuhan verifikasi.


 

Biaya Penarikan Fisik Emas

Keamanan atas emas yang kamu investasikan sangat kami perhatikan. Sebenarnya dengan adanya fitur Transfer ke Rekening, kamu akan lebih aman untuk menyimpan dana hasil beli/jual emas, karena langsung ditransfer ke rekening. Kami tidak mengenakan biaya apapun selain biaya administrasi yang dikenakan oleh bank yang terkait.

Namun, apabila kamu hendak mencetak emas tersebut, maka dikarenakan sifat emas ini yang termasuk dalam kategori logam mulia dan melalui teknik pencetakan yang cukup presisi, kami akan mengenakan biaya-biaya sebagai berikut :

  • Biaya cetak (tergantung dengan nilai/pecahan gram yang ingin dicetak)
  • Biaya pengiriman : Ongkos kirim + Biaya asuransi (2,5 % dari  gram emas yang ingin dikirim). Penting untuk kamu ketahui juga bahwa besaran biaya pengiriman tersebut akan berupa konversi ke harga gram yang nantinya terpotong dari nilai gram emas yang kamu miliki

*Biaya ini mungkin saja dapat berubah sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk memastikan gram aset emas yang kamu miliki berlebih dari nilai gram emas yang ingin kamu tarik fisik.

 

Seperti pada simulasi berikut:

Gram emas yang ingin ditarik fisik = 5,0 g

============================================================

Biaya cetak       = Rp180.000

Asuransi             = Rp135.981

Ongkos kirim    = Rp27.000

Total (dikonversikan ke dalam perhitungan gram) = 0,39 g

============================================================

Maka, total gram emas minimal yang harus dimiliki saat penarikan tersebut

5,0 g + 0,39 g = 5,39 g


 

Emas Fisik di Pluang

Untuk kamu yang senang mengoleksi emas secara fisik atau lebih senang menyimpan emas secara fisik. Pluang memiliki fitur tarik emas fisik sesuai informasi yang ada di sini

Pernahkah kalian bertanya apa jenis emas yang digunakan Pluang?

Berikut adalah spesifikasi Emas fisik Pluang:

  1. Bersertifikasi Antam (Certieye).
  2. Logam Mulia Emas kadar 99,9% (Emas murni).
  3. Berbentuk Kepingan Emas.
  4. Design Retro

Contoh tampilan emas

 

Untuk mengecek sertifikasi emas Antam yang kamu tarik dari Pluang, silakan lakukan hal-hal berikut yang informasinya kami lansir dari laman Logam Mulia:

 

  1. Unduh aplikasi CertiEye di Play Store untuk gawai Android atau Appstore pada iOs.
  2. Setelah aplikasi berhasil diinstal, pengguna dapat melakukan pemindaian atau scan di barcode (CertiCode) yang tertera di sampul emas kepingan.
  3. Setelah pemindaian tersebut, akan muncul logo ANTAM dan tulisan AUTHENTICATED. Kedua hal tersebut menandakan emas yang Anda memiliki adalah asli.

 

Jadi tidak perlu ragu berinvestasi di Pluang ya SobatCuan! :)