Apa perbedaan market order dan limit order untuk produk Saham AS?

Perbedaan Market Order dan Limit Order untuk produk Saham AS

Hai SobatCuan, apabila kamu bingung apa sih perbedaan antara market order dan limit order, kamu dapat cek langsung penjelasannya di bawah ini ya.

 

1. Market Orders

Market order hanya tersedia selama bursa buka sesuai dengan jam perdagangan bursa (21.30 - 4.00 WIB atau 20.30 - 03.00 WIB selama daylight saving). Dengan menggunakan metode ini, kamu dapat langsung membeli atau menjual saham. Namun, harga eksekusi mungkin berbeda setelah order dilakukan.

Sebagai contoh, kamu melakukan order beli pada $145,00. Namun, harga yang dieksekusi mungkin $145,05. Perbedaan ini tidak dapat dihindari untuk market order, karena harga berasal dari order book.

 

2. Limit Orders

Limit order dapat dibuat kapan saja sepanjang hari dan bahkan luar jam bursa. Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa melakukan order beli atau jual dengan harga tertentu. Namun, order hanya akan dieksekusi saat bursa buka. Kamu dapat memilih kapan order berakhir (sampai akhir hari atau sampai dibatalkan).

Sebagai contoh, jika kamu menempatkan limit order pada pukul 12.00 dan pasar dibuka pada pukul 21.00, maka ordermu hanya bisa dieksekusi mulai pukul 21.00 dengan syarat harga sudah sesuai. Cek di sini untuk info terkait.