Pertanyaan Umum Seputar Investasi Index S&P 500

Pertanyaan bersifat general mengenai produk Pluang S&P500

1. Apakah saya bisa mengalami kerugian dari investasi ini? Atau mendapatkan keuntungan dari investasi ini?

Setiap investasi memiliki resiko, termasuk investasi micro e-mini S&P index futures yang mengalami fluktuasi. Apabila nilai indeks saat kamu menjualnya lebih rendah dari saat kamu membelinya, maka kamu akan mengalami kerugian.

Seperti produk saham lainnya, kami selalu menghimbau nasabah untuk berinvestasi dengan rencana investasi jangka menengah atau panjang karena terkadang S&P itu bisa mengalami volatilitas pasar. Kami menghimbau para investor untuk selalu diversifikasi investasi kamu dengan produk lainnya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah micro e-mini S&P index futures merupakan salah satu instrument investasi jangka panjang (lebih dari 1 tahun) jadi gunakan prinsip buy and hold.

 

2. Apakah risiko S&P 500 lebih rendah dari risiko saham pada umumnya? 

Micro e-mini S&P index futures mengacu pada harga Indeks S&P 500 sebagai indeks acuan. S&P500 sendiri terdiri dari saham banyak perusahaan, sehingga risikonya akan terdiversifikasi jika ada saham yang berkinerja buruk. Risikonya bisa lebih rendah jika dibandingkan dengan berinvestasi di saham individual.

Investasi pada indeks itu termasuk pada golongan investasi pasif, dibanding dengan golongan investasi aktif. Investasi pasif itu dapat mengurangi resiko dari volatilitas saham individu. Dengan indeks, nasabah bisa mendapatkan diversifikasi secara sekaligus, tanpa harus mencari tahu mengenai saham secara individu. 

Dengan indeks, nasabah tidak perlu pusing melakukan market timing. Cukup dengan metode simpel seperti “dolar cost averaging”,sehingga produk kami cocok bagi pemula dibanding trading saham individu.

 

3. Kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual unit saham yang saya miliki?

Waktu yang tepat untuk memulai investasi adalah saat ini. Strategi Dollar Cost Averaging sangat sesuai untuk digunakan untuk berinvestasi. Kamu cukup membeli sejumlah unit setiap bulan secara reguler tanpa harus meresahkan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual. Kami tidak menyarankan market timing bagi investor pemula. 

 

4. Bagaimana cara membaca atau menganalisa pergerakan harga?

Analisa teknis dan fundamental bisa dapat menjadi kunci utama dalam membaca pergerakan harga indeks. Ikutilah kabar finansial terkini yang dapat ditemukan di dalam aplikasi dan website Pluang : https://pluang.com/newsletter-subscription

Untuk melihat trend pergerakan harga, kamu juga bisa melihat grafik pergerakan harga S&P 500 yang telah Pluang sediakan pada aplikasi.

 

5. Apa saja hal yang dapat mempengaruhi naik dan turunnnya index S&P 500?

Banyak faktor termasuk - performa perusahaan dalam daftar S&P500 , kondisi ekonomi Amerika Serikat dan ekonomi secara global dapat mempengaruhi harga indeks S&P500 dan micro e-mini S&P index futures di Pluang.

Dalam jangka waktu panjang, indeks S&P ini biasanya mengalami peningkatan, meskipun, terkadang kala memang ada kemungkinan volatilitas pasar, terutama ketika jaman-jaman resesi seperti kondisi sekarang atau pada tahun 2008. 

Sehingga kami selalu menyarankan untuk selalu memiliki kebiasaan investasi jangka panjang dan melakukan “dollar cost averaging” ketika berinvestasi pada produk S&P ataupun indeks saham lainnya.

 

6. Apakah turunnya performa salah satu perusahaan anggota S&P 500 akan mempengaruhi nilai index saham secara keseluruhan?

Tentu saja, menurunnya performa salah satu perusahaan akan mempengaruhi indeks, namun signifikansinya tergantung dengan besaran kontribusinya pada S&P 500 dan ini akan berimplikasi pada micro e-mini S&P index futures.

 

7. Apakah saya akan mendapatkan dividen dari investasi index S&P 500? 

Kamu tidak mendapatkan dividen. Harga pada micro e-mini S&P 500 index futures telah mewakili pengembalian total yang mencakup perubahan harga dan pengaruh dari dividen yang telah dibagikan perusahan di dalamnya.

 

8. Apa sih keunggulan produk S&P? 

Terutama, dalam 10 tahun terakhir, beberapa perusahaan teknologi, seperti Amazon, Apple dan Netflix menjadi penggerak utama pada indeks tersebut. 

Sehingga S&P itu cocok sekali bagi para investor yang ingin memiliki eksposur kepada industri teknologi karena di Asia saat ini memang belum memiliki banyak perusahaan teknologi yang sudah terdaftar di bursa publik.

 

9. Berapa lama kontrak S&P 500 akan berakhir khususnya di aplikasi Pluang yang ditetapkan sebagai kontrak berjangka?

Kontrak berjangka akan secara otomatis diperpanjang (automatic contract rolling) dan dilakukan 2 minggu sebelum kontrak expire pada Jumat kedua dari akhir bulan sampai nasabah menjual assetnya. Jadi tidak ada likuidasi secara otomatis kecuali nasabah menjual aset tersebut

 

10.Harga manakah yang didapatkan saat "automatic contract rolling" terjadi

Terkait kapan kontrak kadaluarsa dan bagaimana nanti harga kontraknya saat di jual, kamu tidak perlu khawatir dikarenakan saldo S&P500 kamu akan tetap ada diharga yang sama dari saat pembelian hingga kamu menentukan untuk menjualnya.

 

11.Apakah transaksi S&P500 juga dapat dilihat pada website SITNA KBI ?

Akses SITNA tidak disediakan untuk setiap pengguna karena meskipun transaksi micro e-mini S&P500 index futures dilakukan melalui PT PG Berjangka tetapi saat ini pelaporannya digabungkan untuk seluruh pelanggan PT PG Berjangka dan oleh sebab itu tidak bisa dilihat secara individu.