Pertanyaan Umum Seputar Nasdaq 100

Seputar Nasdaq 100

Apakah saya bisa mengalami kerugian dari investasi ini? Atau mendapatkan keuntungan dari investasi ini?

Seperti berinvestasi pada umumnya Anda mungkin mengalami kerugian maupun keuntungan dalam berinvestasi pada Index Futures. Untung maupun rugi atas kepemilikan aset pada produk ini tergantung dari performance saham-saham yang berada di dalamnya.

 

Apakah nasabah akan menerima Dividen?

Sama seperti S&P 500, Nasdaq 100 adalah produk  index futures yang merupakan  sekumpulan portofolio sekuritas yang mewakili pasar tertentu. Indeks digunakan sebagai patokan untuk menunjukkan kinerja pasar tersebut sehingga Anda tidak mendapatkan dividen atas aset ini.

 

Waktu yang dibutuhkan untuk perubahan harga?

Harga Nasdaq 100 pada aplikasi Pluang akan diupdate real time yaitu setiap detik, dengan penjelasan berikut:

  • Update perubahan harga Nasdaq 100 mengikuti waktu perubahan harga pada bursa Chicago Mercantile Exchange secara global yakni pada hari Minggu pukul 17.00 hingga hari Jumat pukul 16.00 CT (Chicago Time) yang apabila dikonversikan ke waktu Indonesia - Jakarta, perubahan harga Nasdaq 100 dimulai pada hari Senin pukul 07.00 WIB hingga hari Sabtu pukul 06.00 WIB.
  • Perubahan harga Nasdaq 100 dilakukan real time yaitu setiap detik.
  • Persentase (%) Nasdaq 100 di Pluang dihitung berdasarkan harga penutupan hari sebelumnya (D-1) sehingga pada aplikasi Pluang terlihat dengan persentase yang berbeda pada saat pembukaan harga untuk aset Nasdaq 100 di awal hari sesuai pembukaan waktu bursa.
  • Persentase pada aplikasi Pluang akan disesuaikan dengan yang ditunjukkan pada bursa Chicago Mercantile Exchange saat penutupan harga untuk aset Nasdaq 100 di akhir hari sesuai penutupan waktu bursa.
  • Update harga Nasdaq 100 dan persentase tersebut dapat kamu lihat langsung melalui aplikasi Pluang di menu pembelian Nasdaq 100 pada tampilan grafik harga Nasdaq 100 dengan memilih time frame W (mingguan) lalu mengarahkan sesuai tanggal yang dapat kamu tentukan.

Apakah terdapat Nasdaq Syariah di Pluang? 

Pada dasarnya produk Nasdaq sama seperti produk saham dimana performa produk seperti Nasdaq atau S&P500 bergantung terhadap performa dari saham-saham dalam index tersebut.

Dari segi mekanisme transaksi, tak ada bedanya dengan transaksi saham konvensional. Investor saham syariah juga harus berpedoman pada indeks dan pergerakan harga saham serta dengan menggunakan analisis teknikal dan fundamental.

Untuk ketentuan halal/haram bisa mengacu kepada keputusan terkait saham, selama dilakukan dengan cara halal dan digunakan dengan cara yang halal juga maka hukumnya adalah boleh dilakukan. Info tersebut dapat dilihat dari beberapa sumber, salah satunya https://dsnmui.or.id/.

 

Apakah resiko Nasdaq 100 lebih rendah dari resiko saham pada umumnya? 

Resiko berinvestasi di produk Nasdaq 100 sama halnya dengan berinvestasi pada S&P 500 dimana kemungkinannya tetap ada. 

 

Apa saja hal yang dapat mempengaruhi naik dan turunnya Nasdaq 100?

Banyak faktor termasuk - performa perusahaan dalam daftar Nasdaq 100, kondisi ekonomi Amerika Serikat dan ekonomi secara global dapat mempengaruhi harga indeks Nasdaq 100 di Pluang.

Dalam jangka waktu panjang, indeks Nasdaq 100 ini biasanya mengalami peningkatan, meskipun, terkadang kala memang ada kemungkinan volatilitas pasar, terutama ketika jaman-jaman resesi seperti kondisi sekarang atau pada tahun 2008. 

Sehingga kami selalu menyarankan untuk selalu memiliki kebiasaan investasi jangka panjang dan melakukan “dollar cost averaging” ketika berinvestasi pada produk Nasdaq 100 ataupun indeks saham lainnya.