Pertanyaan Umum Seputar Spread

Seputar Spread

1. Apa itu Spread

Spread merupakan selisih antara harga untuk penjualan dan pembelian pada sebuah asset baik itu saham atau asset berjangka.

 

2. Mengapa harus menggunakan Spread

Spread merupakan metode yang cukup ideal karena setiap barang yang memiliki nilai tentunya memiliki perbedaan antara harga saat kamu membelinya dan saat kamu menjualnya.

 

3. Bagaimana saya mengetahui bahwa Spread berguna untuk saya

Dengan adanya Spread nantinya akan memberikan keuntungan untuk kamu apabila harga bergerak naik lebih tinggi dari harga saat kamu membelinya begitupun sebaliknya.

 

4. Ada berapa jenis Spread

Spread dibagi menjadi 2 yaitu :

  • Floating Spread adalah spread yang berubah-ubah sesuai volatilitas pasar dan akan meningkat saat harga mengalami perubahan yang signifikan.
  • Fix Spread merupakan selisih antara harga jual dan beli namun tidak akan mengalami peningkatan atau perubahan yang terlalu signifikan apabila terjadi perubahan harga sesuai volatilitas pasar

 

5. Hal apa saja yang dapat mempengaruhi Spread

Hal yang cenderung dapat mempengaruhi spread seperti adanya isu fundamental dimana terdapat berita secara informatif terkait faktor-faktor ekonomi yang dapat mempengaruhi volatilitas pasar

 

6. Bolehkah saya berinvestasi tanpa menggunakan Spread

Spread adalah hal yang normal pada pasar keuangan dengan tidak adanya Spread maka nantinya kamu bisa saja dibebankan adanya biaya untuk transaksi jual, beli, penarikan dana, ataupun top up, untuk itulah Spread hadir sebagai solusi paling ideal dikarenakan bagi setiap investor tentunya tidak akan dikenakan lagi biaya tambahan ataupun komisi sehingga keuntungan murni milik investor. Hal ini juga menjadi satu kelebihan Pluang dibandingkan dengan aplikasi lain yang tidak membebankan biaya-biaya pada setiap transaksinya.