1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Akun Investasi Pluang

Perubahan Akun Pluang

Tentang Akun Pluang

Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu akun Pluang?

Sesuai dengan ketentuan penggunaan aplikasi yang dapat kamu lihat di sini.

Berikut adalah informasi yang tertera terkait ketentuan yang mengatur hal tersebut.

Kamu hanya dapat memiliki 1 (satu) akun Pluang resmi dan tidak boleh memiliki lebih dari 1 (satu) akun.

  • Pluang berhak memberikan sanksi berupa pemblokiran akun secara permanen pada akun kedua dan seterusnya apabila ditemukan 1 (satu) orang/identitas memiliki lebih dari 1 (satu) akun dan Pluang tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian yang ditanggung atas pelanggaran tersebut.
  • Kamu berjanji bahwa kamu akan menggunakan aplikasi hanya untuk tujuan yang dimaksud untuk mendapatkan layanan. Kamu tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan atau menggunakan aplikasi untuk tujuan penipuan atau menyebabkan ketidaknyamanan baik kepada Pluang maupun orang lain.
  • Kamu tidak diperkenankan untuk membahayakan, mengubah atau memodifikasi Aplikasi dan/atau Situs web atau mencoba untuk membahayakan, mengubah atau memodifikasi aplikasi dan/atau situs web dengan cara apapun. Pluang tidak bertanggung jawab jika kamu tidak memiliki perangkat yang sesuai atau jika kamu telah mengunduh versi aplikasi yang salah untuk perangkat kamu. Pluang berhak untuk melarang kamu untuk menggunakan aplikasi lebih lanjut jika kamu menggunakan aplikasi dengan perangkat yang tidak kompatibel/cocok atau tidak sah atau untuk tujuan lain selain daripada tujuan yang dimaksud untuk penggunaan aplikasi ini. Kamu berjanji bahwa kamu hanya akan menggunakan suatu jalur akses yang diperbolehkan untuk kamu gunakan.
  • Kamu wajib menjaga kerahasiaan dan tidak akan menyalahgunakan informasi yang kamu terima dari penggunaan aplikasi tersebut.
  • Kamu memahami dan setuju bahwa penggunaan aplikasi oleh kamu akan tunduk pula pada Kebijakan Privasi Pluang sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan aplikasi, kamu juga memberikan persetujuan sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan Kebijakan Privasi Pluang.
  • Akun Go-Investasi pada aplikasi Go-Jek dan eMAS pada aplikasi DANA, serta Tokopedia Emas saling terhubung dengan sistem Pluang satu sama lain. Apabila sebelumnya juga sudah mendaftarkan identitas seperti nama, nomor handphone dan NIK serta melakukan verifikasi pada akun Go-Investasi, eMAS aplikasi DANA, ataupun Tokopedia Emas, maka identitas tersebut nantinya akan tersimpan secara otomatis di sistem Pluang

Jika sebelumnya kamu sudah mendaftarkan nomor handphone dan melakukan verifikasi di akun Go-Investasi, maka data identitas tersebut tidak akan bisa anda gunakan untuk mendaftar akun Pluang baru dengan memakai data identitas yang sebelumnya telah terdaftar. Sehingga kamu hanya perlu melakukan login pada aplikasi Pluang menggunakan nomor handphone yang sama dengan akun Go-Investasi yang kamu miliki.

Khusus untuk kamu yang sebelumnya adalah pengguna fitur eMAS aplikasi DANA ataupun Tokopedia Emas, kamu dapat melakukan Registrasi di aplikasi Pluang menggunakan nomor handphone yang terdaftar dan terverifikasi sebelumnya di akun eMas aplikasi DANA serta Tokopedia Emas dan nantinya akun Pluang milik kamu akan terverifikasi secara otomatis.

Registrasi Menggunakan Nomor Handphone dan Alamat Email Yang Sama

Ketentuan mendaftar aplikasi Pluang adalah satu nomor handphone hanya dapat digunakan pada satu akun Pluang. 

Begitupun dengan penggunaan alamat email, satu alamat email hanya dapat digunakan pada satu akun Pluang.

Nomor handphone dan email dapat diidentifikasi secara unik. Oleh sebab itu nomor handphone dan alamat email dapat membedakan akun kamu dengan akun lain. Pluang mengenali kamu melalui nomor handphone dan alamat email yang dimiliki.

Apabila kamu mendaftarkan akun lain dengan nomor atau alamat email yang sama, yang sebelumnya pernah kamu daftarkan pada akun Pluang. Maka, kamu akan menerima notifikasi seperti berikut.

 

Satu nomor handphone hanya dapat didaftarkan untuk satu akun Pluang

Nomor handphone merupakan suatu hal yang unik bagi Pluang. Kami mengenali nasabah berdasarkan nomor handphone yang mereka miliki.

Jadi nomor handphone merupakan identitas kepemilikan akun yang dapat diidentikan sebagai kepemilikan akun untuk penggunanya.

Untuk dapat login ke akun Pluang, kamu harus menggunakan nomor handphone kamu yang telah terdaftar di Pluang. Karena membutuhkan kode OTP (one time password) yang dikirimkan melalui sms atau WhatsApp ke nomor handphone kamu yang terdaftar di Pluang.

Jadi mohon agar dapat dijaga dengan baik nomor handphone yang telah kamu daftarkan di Pluang. Pastikan juga nomor handphone kamu selalu dalam keadaan aktif ya SobatCuan!

 

Cara Mengganti Email Yang Belum Terverifikasi

Pluang mengunci alamat email kamu apabila sudah terverifikasi, demi alasan keamanan akun Pluang kamu. Namun apabila dikarenakan suatu hal tertentu yang mengharuskan untuk melakukan perubahan email di akun Pluang kamu, maka kamu dapat melakukan perubahan email pada aplikasi Pluang kamu pada versi 4.9.8 (Android) dan 4.7.9 (iOS) pada menu Akun - Privasi Keamanan. Apabila kamu berkendala dalam melakukan perubahan data pada aplikasi Pluang kamu, silahkan hubungi customer service kami melalui email di tanya@pluang.com untuk informasi lebih lanjut.

Kamu dapat melakukan perubahan email pada email kamu yang belum terverifikasi pada akun Pluang kamu dengan mengikuti langkah di bawah ini:

1. Masuk ke menu "Akun" pada pojok kanan atas halaman beranda aplikasi Pluang kemudian pilih "Verifikasi Identitas".

2. Lalu pilih menu Verifikasi Dasar, dan masukan alamat email yang kamu ingin gunakan kedepannya untuk akun Pluang kamu.

3. Setelah kamu memasukan alamat email yang sesuai, silahkan kamu pilih menu “Verifikasi”.

4. Nantinya kamu akan menerima email konfirmasi untuk melakukan verifikasi email pada akun Pluang kamu.

5. Setelah kamu melakukan verifikasi email, maka kamu akan mendapatkan notifikasi seperti di bawah ini.