1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Akun Investasi Pluang

Perubahan Data Akun Pluang

Dapatkah Saya Melakukan Perubahan Data Akun Pluang?

Hai, SobatCuan! Tentunya berinvestasi di Pluang akan lebih aman dan nyaman apabila kamu dan pengguna lainnya telah melakukan Verifikasi Dasar pada  akun Pluang di mana alamat email, nomor handphone, nama dan NIK kartu identitas akan terkunci dalam akun Pluang tersebut.

Apabila dikarenakan satu dan lain hal kamu ingin melakukan perubahan identitas, maka permintaan perubahan data tersebut dapat diajukan melalui email tanya@pluang.com. Berikut adalah data yang dapat diajukan perubahan untuk akun Pluang:
- Nama

- Alamat Email

- Nomor Handphone

 

Lalu cuanmin, bagaimana kalau kita ingin merubah data KTP yang telah terverifikasi dengan KTP lain  yang berbeda identitasnya agar dapat merubah kepemilikan akun?

 

Jawabannya: hal tersebut tidak dapat dilakukan ya, SobatCuan!

 

Setiap akun pengguna aplikasi Pluang sudah memiliki unique id masing masing yang membedakan kamu dan pengguna lainnya sehingga kepemilikan suatu akun akan tetap menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari pemilik akun tersebut dan tidak dapat dilakukan perubahan kepemilikan apapun alasannya demi keamanan akun tersebut.

Apa Syarat Yang Diperlukan Untuk Perubahan Data Akun?

Verifikasi Identitas 

Verifikasi identitas merupakan hal yang sangat penting dalam rangka menjaga keamanan akun dan menjamin kelancaran transaksi kamu bersama Pluang.

Dengan melakukan verifikasi identitas dapat membuat kami mengenal nasabah dengan lebih baik sehingga tentunya kamu dapat melakukan transaksi di Pluang dengan aman dan nyaman. Selain itu kamu dapat menggunakan seluruh fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Pluang secara lengkap, karena kami membatasi akses bagi pengguna yang belum melengkapi Verifikasi Dasar atau Verifikasi Tambahan demi keamanan transaksi. 

Pluang sepenuhnya tunduk dan mengikuti aturan-aturan dan ketetapan-ketetapan yang telah diatur oleh pemerintah Republik Indonesia ataupun oleh pihak regulator.

Oleh karena itu seluruh pengguna harus melakukan verifikasi identitas demi menjamin keamanan, kenyamanan, kelancaran transaksi dan perubahan data atau pun investasi di Pluang. Penjelasan detail atas informasi tersebut dapat juga kamu lihat disini.

Termasuk pada permintaan atas perubahan data dengan tujuan menjaga keamanan akun kamu dari tindakan pengambilalihan akun oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pluang sangat menjaga akun kamu sehingga pada proses perubahan data kami akan menjalankan tahapan verifikasi yang kami lakukan berdasarkan data-data yang kamu miliki.

Alasan Perubahan

Kamu harus memiliki alasan kuat tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku bila kamu ingin mengajukan perubahan data. Selain menyebutkan alasan untuk perubahan data kamu bisa memberikan bukti untuk memperkuat alasan kamu. Berikut adalah contoh alasan terkait perubahan data:

  • Nomor handphone yang terdaftar pada akun Pluang sudah diblokir, tidak aktif, atau hilang,
  • Kesalahan penulisan nama yang tidak sesuai dengan KTP atau pada Buku Rekening Bank,
  • Tidak bisa mengakses email utama yang terdaftar,
  • Pemilik akun sebelumnya meninggal dunia atau sakit keras sehingga tidak memiliki kemampuan untuk mengelola akunnya,
  • Dan alasan lain yang dapat kamu berikan disertai bukti sebagai penguat alasan tersebut.

Kelengkapan Dokumen 

Kelengkapan dokumen akan dibutuhkan untuk memastikan bahwa permintaan yang kamu ajukan dilakukan oleh pemilik akun yang sesuai dan valid. Data tersebut akan membantu tim Pluang untuk mengidentifikasi serta memastikan kesesuaian data sebelum melakukan perubahan data yang diminta. 

Berikut adalah kelengkapan data yang perlu kamu siapkan untuk pengajuan perubahan data akun kamu di Pluang:

  • Foto KTP terbaru
  • Swafoto dengan KTP terbaru 
  • Buku Rekening Bank (Bila diperlukan)
  • Kepemilikan nomor handphone dari  provider (Bila diperlukan)
  • Kepemilikan email (bila diperlukan)
  • Identitas pengganti/tambahan seperti Paspor, SIM, KK atau Surat Keterangan lainnya (bila diperlukan)

Penting:

Pastikan untuk setiap dokumen yang dilampirkan dapat terlihat dengan jelas sehingga informasi yang tertera pada dokumen tersebut dapat terbaca dengan jelas.

Bagaimana Cara Mengajukan Perubahan Data Akun? 

Melalui Formulir 

Kamu dapat mengajukan perubahan data dengan mengisi formulir yang dapat kamu akses melalui  https://help.pluang.com/knowledge/kb-tickets/new

Pastikan kamu mengisi data yang ditanyakan secara lengkap sebelum melanjutkan untuk pengajuan perubahan data. 

 

 

Selanjutnya tim Pluang akan menghubungi kamu melalui email terdaftar untuk melakukan verifikasi dan konfirmasi data terkait perubahan yang kamu inginkan. Konfirmasi panggilan melalui nomor telepon terdaftar maupun layanan WhatsApp mungkin akan diperlukan. Jadi pastikan nomor telepon kamu selalu aktif dan merespon konfirmasi kami.

 

Melalui Email

Permintaan perubahan data dapat diajukan langsung melalui email kami di tanya@pluang.com. Pastikan kamu sudah menginformasikan data dan detail akun kamu secara lengkap untuk mempercepat proses pengajuan perubahan data yang kamu inginkan. Pastikan kamu sudah menginformasikan data berikut:

  • Nama Terdaftar Akun Pluang
  • Alamat Email Terdaftar
  • Nomor Telepon Terdaftar
  • Data Pengganti (informasikan detail data baru pengganti: nama/email/nomor handphone yang baru)
  • Alasan Perubahan
  • Dokumen Pendukung (Foto KTP terbaru, Swafoto dengan KTP terbaru atau dokumen lainnya)

Selanjutnya tim Pluang akan membalas email kamu untuk melakukan verifikasi dan konfirmasi data terkait perubahan yang kamu inginkan. Konfirmasi panggilan melalui nomor telepon terdaftar maupun layanan WhatsApp mungkin akan diperlukan. Jadi pastikan nomor telepon kamu selalu aktif dan merespon konfirmasi kami.

Berapa Lama Proses Perubahan Data Akun? 

Untuk proses perubahan data, kami membutuhkan waktu 1-3  hari kerja (tidak termasuk Sabtu/Minggu/hari libur nasional) setelah data kami terima. Mohon kesediaannya untuk menunggu proses perubahan data tersebut dan pastikan dokumen yang dikirimkan kepada kami memiliki kualitas foto yang baik serta data yang valid sesuai standar Pluang.

 

Konfirmasi Persetujuan 

Setelah kamu mengajukan perubahan data baik melalui formulir maupun email mohon untuk selalu mengaktifkan nomor telepon atau WhatsApp kamu untuk kebutuhan konfirmasi serta persetujuan perubahan yang diajukan. 

Apabila kamu tidak merespon email, menjawab panggilan telepon atau merespon konfirmasi via WhatsApp terkait dengan permintaan perubahan data yang kami kirimkan maka pengajuan perubahan data kamu tidak akan kami proses sampai kami mendapatkan konfirmasi persetujuan kamu.

Jadi pastikan kamu selalu melakukan pengecekan untuk email maupun telepon kamu untuk kebutuhan konfirmasi persetujuan perubahan data yang kamu ajukan.

 

Penting :

Sesuai ketentuan, Pluang berhak menolak permintaan perubahan data apabila pada prosesnya ditemukan ketidaksesuaian data yang diterima oleh tim Pluang atau pun pengguna tidak dapat menyertakan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan perubahan data yang diinginkan