1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Akun Investasi Pluang

Privasi dan Keamanan

Privasi dan Keamanan PIN serta Biometrik

Hai SobatCuan, keamanan dan kenyamanan pengguna menjadi prioritas penting bagi kami untuk menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dalam berinvestasi melalui aplikasi.

Tingkat keamanan yang lebih tinggi tentunya kemudahan dalam mengakses akun dengan sistem biometrik dan PIN.

PIN dan Biometrik dibutuhkan setiap kali kamu login di aplikasi Pluang. PIN dan Biometrik merupakan salah satu cara menjaga keamanan akun kamu oleh sebab itu PIN haruslah sangat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh sipapun selain pemilik akun.

Kelalaian dalam menjaga kerahasiaan PIN dapat menyebabkan penyalahgunaan akun yang berakibat kerugian baik secara data maupun financial. Pastikan kamu membuat PIN menggunakan angka yang tidak mudah ditebak oleh orang lain untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan akun oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun kamu juga harus mengingat dengan baik PIN yang telah kamu buat karena apabila kamu sebagai pemilik akun lupa dengan PIN yang telah kamu buat maka kamu tidak dapat mengakses akun kamu sendiri. Akun kamu akan diblokir karena sistem kami akan mendeteksi adanya ketidaksesuaian dan hal tersebut dilakukan untuk mencegah akun kamu digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kamu hanya memiliki maksimal 10 kali kesempatan untuk memasukan PIN kamu dengan benar. Jika kamu mencoba memasukan PIN namun tidak sesuai maka akan muncul pemberitahuan sisa jumlah percobaan yang bisa kamu lakukan

Jika kamu mencoba hingga 10 kali namun PIN yang kamu masukan masih salah maka akun kamu akan terkunci dan tidak dapat diakses kembali selama 1 x 24 jam.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena setelah 1 x 24 jam kamu dapat mencoba login kembali dan pastikan kamu sudah memasukan PIN yang benar.

Lalu berikut cara mengatur PIN atau Biometrik pada aplikasi Pluang kamu :

 

1. Buka Aplikasi Pluang kemudian masuk ke menu "Akun" di pojok kanan atas

2. Pilih pada menu “Pengaturan” lalu pilih "Privasi & Keamanan"

3. Lalu pilih "Biometrik" aktifkan Gunakan pengenal wajah atau sidik jari

4. Masukan Pin

5. Selamat! Biometrik telah diaktifkan pada aplikasi!

  • Selamat pengaturan biometrik pada aplikasi Pluang telah berhasil. Selanjutnya untuk setiap konfirmasi yang  memerlukan PIN kamu cukup mengkonfirmasikan melalui biometrik sidik jari atau pengenal wajah yang sudah disetel pada pengaturan ponsel kamu.
  • Data biometrik yang digunakan akan mengikuti data biometrik yang telah diatur pada pengaturan smartphone yang kamu gunakan.

Terkait dengan keamanan PIN kamu bisa melakukan reset PIN jika kamu ingin merubah PIN dengan memilih “Reset PIN”. 

Jika kamu lupa dengan kamu lupa PIN kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut : 

1. Apabila kamu mengalami lupa PIN untuk transaksi pada akun Pluang, kamu dapat memperbaiki dengan pilih “Lupa PIN” 

2. OTP (one time password)  akan dikirimkan melalui sms ke nomor handphone kamu yang terdaftar di Pluang.

3. Lakukan pengecekan pada bagian "Pesan SMS" di handphone kamu untuk melihat kode OTP yang telah dikirimkan oleh Pluang.

4. Masukan kode OTP.

5. Buat PIN baru yang kamu inginkan (terdiri dari 6 digit numerik).

6. Masukan kembali PIN yang telah kamu buat sebelumnya untuk "Konfirmasi PIN".

7. PIN kamu sudah berhasil diganti! Selamat bertransaksi kembali di Pluang!

 

Note : 

  • Apabila kamu tidak langsung mendapatkan kode OTP, pastikan bahwa nomor handphone kamu dapat menerima SMS dengan baik dan juga telah terpasang pada SIM1 jika memilki fitur dual SIM 
  • ketika kamu input PIN lebih dari 10 kali akan terblokir dalam 1x24jam, Sebagai contoh gambar berikut :