1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Investasi Emas di Pluang

Seputar Cicilan Emas di Pluang

Cicilan Emas di Pluang

Fitur Cicilan Emas

Pluang menghadirkan fitur "Cicilan Emas" untuk membantu Anda yang ingin mendapatkan kepemilikan emas dengan cara mudah dan menguntungkan.

Melalui fitur Cicilan Emas Pluang, Anda bisa membeli emas tanpa menunggu uang Anda terkumpul pada saat harga emas sedang berada di posisi yang bagus nih SobatCuan!

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan apabila ingin menggunakan fitur cicilan emas di aplikasi Pluang:

  1. Pada "Beranda/Home" klik pada menu "Emas

2. Klik ikon cicilan untuk masuk ke menu "Cicil Emas".

 

3. Pilih program cicilan emas yang Anda inginkan.

- Tentukan nominal gram emas yang ingin Anda cicil (Nominal gram tersedia dari 0,5 gram hingga 1.000 gram)

- Pilih nominal gram dan tenor yang diinginkan (Durasi tenor tersedia mulai dari 3 hingga 36 bulan)

- Selanjutnya klik "Tinjau Cicilan"

 

4. Periksa kembali detail cicilan yang Anda ambil, baik termasuk jumlah gram maupun tenor yang Anda pilih. Apabila Anda sudah yakin, silahkan geser layar biru dibawah untuk menyelesaikan transaksi cicilan.

5. Selamat! Cicilan emas sudah berhasil. Anda dapat melihat detail cicilan yang sedang berjalan dan yang sudah dibayarkan dengan klik tombol “Detail Cicilan”

 

Bagaimana Cara Melakukan Pengecekan Status Cicilan Emas Anda?

  • Masuk ke halaman aset Emas Anda dan pilih Transaksi Tertunda

 

  • Selanjutnya akan muncul detail cicilan Anda seperti gambar dibawah ini, dan pilih Lihat Jadwal untuk mengetahui progres cicilan emas Anda

  • Anda dapat melihat informasi status dan progres cicilan Anda yang sedang berjalan.

 

Pada gambar di atas, pembayaran pertama kamu tersebut adalah uang muka ditambah cicilan pertama.

Sebagai contoh: SobatCuan mengajukan cicilan emas pada tanggal 15 (Lima Belas) bulan November dan sudah membayarkan uang muka berikut pembayaran untuk cicilan pertama. Maka nantinya tagihan selanjutnya akan jatuh di tanggal 25 (Dua Puluh Lima) bulan Desember untuk pembayaran cicilan kedua.

Ketentuan umum cicilan emas yang penting untuk diingat

 Ada beberapa hal penting yang perlu SobatCuan ingat jika ingin memulai atau telah melakukan proses cicilan emas di Pluang, sebagai berikut:

  • Terdapat uang muka yang besarannya adalah 8% dari total harga emas yang ingin dicicil. Uang muka ini masuk perhitungan pada saat pembayaran cicilan pertama. Jadi cicilan pertama sudah termasuk uang muka.
  • Pembayaran cicilan dilakukan secara otomatis. Setiap tanggal 25 (Dua Puluh Lima) pada setiap bulannya sistem akan melakukan pemotongan secara otomatis pada "Saldo Tunai" atau "Saldo Voucher" pada akun kamu. Jadi disarankan agar menyediakan saldo yang cukup ya SobatCuan!
  • Penambahan saldo emas yang kamu cicil baru akan diteruskan ke "saldo emas" atau portofolio kamu apabila kamu telah menyelesaikan cicilan emas kamu sampai status "completed" ya SobatCuan!

  • Pembayaran cicilan setiap bulannya sesuai dengan informasi yang diberikan ketika cicilan emas dilakukan (flat).
  • Jika telat melakukan pembayaran cicilan tidak akan dikenakan denda. Namun, cicilan emas kamu akan otomatis dibatalkan secara sistem apabila kamu tidak melakukan pembayaran cicilan emas sebanyak 2 kali berturut-turut pada saat jatuh tempo cicilan.

Kamu bisa melakukan transaksi cicilan emas kembali walaupun masih ada cicilan yang sedang berjalan. Jadi kamu bisa memiliki lebih dari 1 cicilan dalam waktu yang bersamaan.

 

Fitur Pembayaran Cicilan Emas dipercepat

Ada yang baru di program cicilan emas Pluang. Sekarang kamu bisa melakukan pembayaran dipercepat untuk tagihan yang jatuh tempo pada bulan yang sama tanpa harus menunggu terdebet di tanggal 25 (Dua Puluh Lima) sebagai batas akhir pembayaran cicilan setiap bulannya. Opsi pembayaran lebih cepat ini akan tersedia mulai tanggal 1 pada pukul 07.00 WIB setiap bulannya.

Sebagai contoh: Tanggal jatuh tempo kamu adalah pada tanggal 25 Juni, jika kamu ingin melakukan pembayaran pada tanggal 10 Juni kamu dapat melakukan pembayaran dengan mengklik “Lihat Jadwal/Schedule” pada menu cicilan kamu.

Informasi lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut:

  1. Pada "Beranda/Home" klik pada menu "Emas

2. Lihat pada "Transaksi Tertunda" kemudian pilih cicilan emas yang ingin kamu bayarkan. Contohnya seperti gambar berikut:

 

3. Lalu pilih "Lihat Jadwal" untuk melihat jadwal pembayaran cicilan kamu.

4. Kemudian pilih "Pay Now/Bayar Sekarang" untuk cicilan yang sudah jatuh tempo di bulan yang sama.

5. Silakan cek detail pembayaran cicilan berikutnya, jika sudah sesuai klik "Swipe Up to Complete" untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.

6. Proses pembayaran dipercepatmu selesai. 

Jika kamu menerima notifikasi seperti berikut, artinya kamu melakukan pembayaran cicilan yang belum jatuh tempo bulannya atau mencoba membayarkan cicilan bulan berikutnya.

Jika kamu ingin mempercepat pembayaran cicilan untuk bulan yang sama namun saldo voucher atau tunai kamu kurang. Maka akan tampil notifikasi sebagai berikut 

Pelunasan Cicilan di Awal

 

Saat ini belum tersedia fitur pelunasan cicilan di awal atau pelunasan cicilan lebih cepat dari tenor cicilan yang telah diajukan.

Sebagai contoh:

  • Kamu berhasil mengajukan cicilan emas sejumlah 10 Grams dengan tenor cicilan 12 bulan (12 kali).
  • Cicilan kamu sudah berjalan 5 bulan (5 kali pembayaran).
  • Pada bulan ke-6 kamu ingin melunasi seluruh cicilan kamu yang tersisa sebanyak 7 kali cicilan.

Maka hal tersebut tidak dapat dilakukan karena Pluang belum menyediakan fitur pelunasan cicilan di awal. Kamu harus tetap membayarkan cicilan kamu sesuai tenor yang kamu pilih sampai cicilan kamu selesai sesuai jadwal yang tertera.

Membatalkan Cicilan Emas

 

Sebelum memutuskan untuk membatalkan cicilan, kami sarankan agar kamu dapat mempertimbangkan baik-baik hal tersebut mengingat terdapat biaya penalti sebesar 10% dari total emas yang dicicil dan uang muka yang telah dibayarkan pun akan hangus.

Apabila kamu sudah yakin ingin membatalkan cicilan kamu. Silakan ikuti langkah berikut ini :

  1. Pada "Beranda/Home" klik pada menu "Emas

2. Kamu bisa klik pada cicilan emas yang ingin dilakukan pembatalan atau cancel cicilan emas seperti gambar dibawah ini:

3. Ketika kamu sudah melakukan klik cicilan emas akan muncul notifikasi cicilan. Jika kamu sudah yakin bisa langsung klik “Batalkan Cicilan” seperti gambar di bawah ini:

4. Setelah kamu klik "Batalkan Cicilan" maka kamu akan mendapatkan pop up konfirmasi untuk memastikan apakah kamu sudah yakin akan membatalkan cicilan emas? 

Pop up konfirmasi tersebut juga akan memuat informasi mengenai biaya pembatalan yang terdiri dari;

- Uang Muka, 

- Biaya Admin, 

- Denda Pembatalan, dan 

- Denda Terlambat yang akan masuk sebagai saldo tunai. 

Lalu ada catatan bahwa uang muka dan biaya admin saat membuat cicilan tidak dapat dikembalikan. Jika setuju kamu bisa klik “YA” untuk dilanjutkan pembatalan cicilan seperti gambar dibawah ini:

5. Jika kamu sudah setuju dan tekan “YA” akan di proses pembatalan dan mendapatkan Detail cicilan seperti gambar dibawah ini.

Catatan :

  • Ketika kamu klik detail informasi di "Biaya Pembatalan" akan muncul keterangan berikut:

  • Ketika kamu klik detail informasi di "Dana Dikembalikan" akan muncul keterangan berikut:

Pembatalan Cicilan Emas Secara Otomatis

 

Cicilan emas kamu dapat dibatalkan otomatis oleh sistem. Hal ini berlaku bagi SobatCuan yang tidak melakukan pembayaran cicilan sebanyak 2 kali jatuh tempo pembayaran cicilan.

Oleh karena itu, apabila kamu telat untuk membayar cicilan pada saat jatuh tempo dalam satu waktu tertentu, untuk menghindari pembatalan otomatis tersebut kamu bisa langsung melakukan top up pada saldo tunai akun Pluang. Nantinya sistem akan langsung melakukan auto debet terhadap saldo tersebut untuk melunasi tenor cicilan yang lupa atau telat kamu bayarkan sebelumnya. Namun tentunya akan mempengaruhi masa cicilan atas tagihan pembayaran cicilan kamu ke bulan selanjutnya karena sistem Pluang menganggap kamu telah melakukan gagal pembayaran di tagihan bulan yang seharusnya sesuai ketentuan dibayarkan tanggal 25 (Dua Puluh Lima) setiap bulannya. Jadi jangan sampai terlambat membayar cicilan kamu yah SobatCuan!

Apakah pembatalan Cicilan Emas yang telah berhasil diproses dapat dibatalkan?

 

Pastikan bahwa sebelum memutuskan untuk mengajukan pembatalan cicilan emas, kamu sudah benar-benar yakin dan memeriksa kembali biaya yang akan dikenakan. Setelah pembatalan cicilan emas kamu diproses maka proses tersebut tidak dapat dibatalkan kembali. 

Jika kamu tidak yakin atau membutuhkan bantuan lebih lanjut terkait dengan ketentuan untuk pembatalan cicilan emas, silakan menghubungi customer service kami melalui layanan live chat 24/7 melalui aplikasi Pluang atau email ke tanya@pluang.com.