Bagaimana Cara Tarik Fisik Emas?

Cara Tarik Fisik Emas

Cara Tarik fisik emas di Pluang

Emas yang dibeli melalui aplikasi Pluang tersimpan dalam bentuk Saldo Emas untuk menjaga keamanan dan memudahkanmu dalam hal penyimpanan.
 
Namun apabila kamu menginginkan emas fisik, kamu dapat melakukan tarik emas fisik melalui aplikasi Pluang dengan cara sebagai berikut:
 
1. Pada halaman beranda aplikasi Pluang, kamu dapat mengajukan penarikan emas secara fisik melalui menu emas seperti gambar di bawah ini.


 
2. Pada bagian Tarik Fisik Emas, silakan kamu pilih "Tarik Fisik"


 
3. Kemudian, pilih pecahan Gram emas yang diinginkan dan masukkan jumlah/besaran kepingan emas yang ingin diambil. Kemudian pilih "Tarik".


 
4. Kamu dapat memilih alamat sesuai KTP atau alamat lainnya. Apabila pengiriman emas ke alamat sesuai KTP, maka kamu cukup memasukkan alamat tujuan pengiriman emas beserta kode posnya. Lalu klik "Lanjutkan".


 
Atau jika kamu ingin mengirimkan emasnya ke alamat lain, kamu dapat mengirimkannya ke alamat kamu berdomisili saat ini atau alamat kamu bekerja.
Silakan pilih “Alamat Lainnya” kemudian pilih “Tambah” Lalu upload dokumen tambahan berupa surat domisili dari kelurahan/surat keterangan bekerja dari kantor kamu. Kemudian isikan alamat lengkap dengan kode pos kemudian pilih "Lanjutkan" untuk melanjutkan prosesnya. Sesuai gambar berikut :


 
5. Mohon lakukan pengecekan terlebih dahulu pada tinjauan penarikan untuk memastikan semua rincian tarik fisik emas kamu sudah sesuai. 


 
Pilih jenis pengiriman yang diinginkan.

kemudian pilih "Bayar" untuk melanjutkan transaksi.
 
 
6. Selamat! Permintaan penarikan fisik emas berhasil dilakukan. 


 

Ketentuan Tarik fisik emas di Pluang

  1. Penarikan fisik emas hanya dapat dilakukan oleh "Customer premium" yaitu customer yang sudah berhasil melakukan verifikasi identitas.
  2. Alamat pengiriman emas harus sesuai dengan alamat yang tertera pada kartu identitas (KTP) yang telah terverifikasi.
  3. Apabila customer ingin mengirimkan emas ke alamat lain (berbeda dengan alamat KTP) maka wajib melampirkan dokumen tambahan sebagai syaratnya.
  4. Jika kode pos yang muncul otomatis di aplikasi saat kamu memasukan alamat tidak sama dengan kode pos yang sesuai maka mohon input pada kolom Catatan sesuai dengan Kode Pos yang seharusnya.
  5. Untuk customer yang ingin emasnya dikirimkan ke alamat domisili tempat tinggalnya, maka wajib melampirkan surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh kelurahan tempat customer berdomisili.
  6. Untuk customer yang ingin emasnya dikirimkan ke alamat tempat bekerja, maka wajib melampirkan surat keterangan bekerja dari HRD (bagian personalia) atau bisa juga dengan menyertakan foto ID card perusahaan dan foto selfie dengan ID Card perusahaan.
  7. Untuk penarikan fisik emas akan dikenakan biaya cetak yang nominalnya tergantung dengan nominal gram emas yang ingin dicetak.
  8. Besaran biaya pengiriman emas atau ongkos kirim tergantung dengan jarak atau lokasi pengiriman.
  9. Biaya cetak emas dan ongkos kirim akan dikonversikan ke nominal gram emas, sehingga untuk kedua biaya tersebut secara otomatis akan mengurangi saldo emas yang tersedia.
  10. Pengiriman dilakukan dari Jakarta.
  11. Proses penarikan fisik emas membutuhkan waktu 5 hari kerja belum termasuk proses pengiriman (tergantung dengan wilayah pengiriman).

Cara Tarik Fisik Emas GoInvestasi

Emas yang dibeli melalui GoInvestasi maupun aplikasi Pluang tersimpan dalam bentuk Saldo Emas untuk menjaga keamanan dan memudahkanmu dalam hal penyimpanan.

Namun apabila kamu menginginkan emas fisik, kamu dapat melakukan tarik emas fisik melalui GoInvestasi.

Pluang mengedepankan sisi keamanan nasabah, termasuk pada proses pengiriman emas. Pluang wajib memastikan emas yang nasabah miliki benar-benar sampai ke tangan nasabah (pemilik emas).

Sehingga sebelum melakukan penarikan fisik emas, kamu wajib melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu melalui aplikasi Pluang. Panduan verifikasi identitas dapat kamu lihat di sini
 
Setelah kamu berhasil melakukan verifikasi identitas dan akun Pluang kamu sudah "terverifikasi". Maka kamu sudah dapat melakukan penarikan fisik emas melalui GoInvestasi sesuai langkah berikut :
 
1. Pertama-tama buka aplikasi GoJek kamu, kemudian pada menu "home/beranda" pilih menu “more/lainnya” seperti pada gambar di bawah:


 
2. Cari menu “GoInvestasi” seperti gambar di bawah ini.

 
3. Selanjutnya, silakan kamu pilih produk investasi “Emas/Gold”. Kemudian, kamu bisa melakukan tarik fisik emas dengan memilih "Tarik Fisik Emas/Redeem Gold"


 
4. Pilih pecahan Gram emas yang diinginkan dan masukkan jumlah/nominal kepingan emas yang ingin diambil. Kemudian pilih "Lanjutkan/continue".

 
5. Lalu masukkan alamat tujuan pengiriman emas (wajib alamat sesuai KTP) lengkap beserta kode posnya. Lalu klik "Lanjutkan".

 
6. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut, lalu kamu pilih "Edit" pada "Metode Pengiriman".

 
Pilih jenis pengiriman yang diinginkan. Lalu pilih "Lanjutkan"

Kemudian pilih "Bayar dengan GoPay" untuk melanjutkan transaksi.
 
7. Kamu akan mendapatkan review pembayaran. Apabila kamu telah yakin, silakan pilih "Konfirmasi & Bayar"

 
8. Masukkan PIN GoJek kamu untuk melanjutkan transaksi.

 
9. Selamat ! Permintaan penarikan fisik emas berhasil dilakukan. 

Selanjutnya kamu tinggal menunggu tim dari Pluang menghubungi kamu melalui telepon untuk dilakukan konfirmasi lebih lanjut.
Pastikan agar nomor handphone kamu yang terdaftar di GoInvestasi selalu aktif ya! Agar memudahkan tim Pluang menghubungi kamu.


 

Penarikan Fisik Emas GoInvestasi Gagal

Apabila penarikan emas gagal atau dibatalkan maka emas akan dikembalikan ke saldo emas akun kamu sedangkan biaya-biaya (biaya cetak, ongkos kirim, dan asuransi) akan dikembalikan ke "saldo tunai" akun Pluang. Jadi kamu harus instal aplikasi Pluang untuk dapat menggunakan saldo tunai yang kamu miliki.

Penarikan Fisik Emas GoInvestasi Pending

Saya melakukan penarikan emas fisik, namun saya belum berhasil menyelesaikan pembayaran hingga akhir tetapi saldo emas saya sudah terpotong.

Saya harus bagaimana ya?

Kamu tidak perlu khawatir, jika kendala di atas terjadi maka penarikan emas fisik kamu akan berstatus "Pending"

Jika, statusnya pending maka mohon menunggu paling lambat 60 menit sejak notifikasi kamu terima. Maka saldo emas kamu akan kembali ke akun GoInvestasimu.

Setelah 60 menit saldo tidak kunjung kembali, maka kamu boleh mengirimkan email ke tanya@pluang.com


 

Cara Tarik emas fisik di eMas DANA

Hi SobatCuan! Apabila kamu sudah memiliki aset emas di Aplikasi DANA dan ingin melakukan penarikan emas fisik dan masih bingung untuk langkah-langkahnya, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini:


1. Buka aplikasi DANA kamu, kemudian pada halaman awal "home/beranda", silakan kamu pilih menu “eMas”.

 
2. Gulir sampai bawah layar kamu dan silakan pilih menu “Saatnya Cetak eMAS Fisik”

3. Selanjutnya pilih (+) pada pilihan nominal gram yang ingin Kamu tarik fisik dan kemudian klik “Lanjut”

 
4. Silakan pilih pada bagian bawah “Di sini” perihal rincian biaya yang akan dikenakan jika kamu melakukan penarikan emas fisik.



 
5. Jika rincian sudah sesuai, silakan masukan alamat tujuan pengiriman emas fisik kamu

 
6. Apabila alamat berbeda dengan KTP silakan centang pada “Alamat Pengiriman Berbeda dengan KTP”

 
7. Jika kamu ingin mengirimkan emasnya ke alamat lain, kamu dapat mengirimkannya ke alamat kamu berdomisili saat ini dengan melampirkan surat keterangan domisili yang dikeluarkan oleh kelurahan tempat customer berdomisili.

Atau ke alamat tempat kamu bekerja, dengan melampirkan surat keterangan bekerja dari HRD (bagian personalia) atau bisa juga dengan menyertakan foto ID card perusahaan dan foto selfie dengan ID Card perusahaan.

 
8. Selanjutnya, silakan unggah dokumen pendukung tersebut.


9. Setelah Dokumen berhasil terupload, mohon lakukan pengecekan kembali pada alamat yang Anda input. Jika telah sesuai, silakan pilih “lanjut”

 
10. Silakan lakukan pengecekan kembali pada “Detail Pesanan” kamu. Jika sudah sesuai, silakan pilih “Konfirmasi”

 
11. Biaya cetak akan memotong pada saldo dompet DANA kamu, maka pastikan saldo kamu cukup ya dan klik “Pay/Bayar”


 
12. Yey! Pengajuan penarikan emas fisik kamu sudah berhasil terkonfirmasi, silakan klik “View Transaction/lihat transaksi” untuk mengetahui rinciannya.


 

Ketentuan Tarik fisik di eMas DANA

  1. Penarikan fisik emas hanya dapat dilakukan oleh customer yang sudah memiliki akun eMas DANA dan terverifikasi
  2. Alamat pengiriman emas harus sesuai dengan alamat yang tertera pada kartu identitas (KTP) yang telah terverifikasi.
  3. Untuk penarikan fisik emas akan dikenakan biaya cetak yang nominalnya tergantung dengan nominal gram emas yang ingin dicetak.
  4. Besaran biaya pengiriman emas atau ongkos kirim tergantung dengan jarak atau lokasi pengiriman.
  5. Ongkos kirim akan secara otomatis akan mengurangi saldo dompet DANA Anda
  6. Pengiriman dilakukan dari Jakarta.
  7. Proses penarikan fisik emas membutuhkan waktu 5 hari kerja belum termasuk proses pengiriman (tergantung dengan wilayah pengiriman).