1. Pusat Bantuan
  2. Cara Menggunakan Voucher di Pluang

Pertanyaan Umum Seputar Saldo Voucher

Apakah Voucher Pluang Itu?

Voucher Pluang

Pluang memiliki 6 jenis metode pembayaran atau top up saldo akun Pluang yaitu :

  1. Menggunakan saldo GoPay
  2. Melalui transfer Bank ke rekening virtual account,
  3. Menggunakan voucher Pluang.
  4. Melalui LinkAja.
  5. Melalui DANA
  6. Melalui Shopeepay 

Voucher Pluang yang dijual dalam bentuk elektronik voucher yang dapat kamu beli melalui official store voucher Pluang. Voucher elektronik dikirimkan ke alamat email yang kamu masukan saat proses pemesanan dalam bentuk voucher digital yang berisi kode voucher yang terdiri dari 16 digit nomor dan dapat kamu redeem pada aplikasi Pluang.

Nominal yang terdapat pada voucher nantinya akan menambahkan "Saldo Voucher" Akun Pluang kamu, yang dapat digunakan untuk pembelian emas digital pada aplikasi Pluang.

Sedangkan untuk saldo voucher Pluang, merupakan saldo yang berasal dari top up melalui e-wallet ataupun pembelian voucher elektronik yang dapat digunakan untuk pembelian aset di aplikasi Pluang sebelum dapat ditarik ke akun bank. Penerapan ini dalam rangka mencegah cashback abuse, yang sering kita temukan dari pengguna voucher dan e-wallet. Saat ini Pluang terus berupaya untuk mencari cara yang lebih baik untuk kedepannya.

Berapa Lamakah Masa Berlakunya Voucher Pluang dan Apakah Masa Berlaku Voucher yang Sudah Dibeli Dapat Diperpanjang ?

Masa berlaku voucher Pluang

Masa berlaku kode voucher Pluang adalah 6 (enam) bulan semenjak voucher tersebut kamu terima. Kamu dapat melakukan pengecekan pada email kamu perihal tanggal menerima voucher dan tanggal berlaku voucher tersebut.

Hal tersebut berlaku untuk semua kode voucher yang kamu dapatkan dari transaksi di semua merchant e-commerce official store Pluang.

 Apabila voucher masih dalam keadaan aktif maka kamu dapat menggunakan / redeem kode voucher tersebut mengisi saldo voucher  di aplikasi Pluang.

Mohon maaf, sayang sekali masa berlaku voucher tidak dapat diperpanjang apabila sudah lewat dari masa berlaku yang telah ditentukan.

Masa berlaku voucher tertera pada detail e-voucher yang kamu terima melalui email atas pembelian yang kamu lakukan melalui merchant-merchant yang bekerjasama dengan Pluang.

Voucher Pluang yang Saya Beli Melalui Merchant/ E-commerce akan Dikirimkan Ke Mana ?

Pengiriman voucher Pluang

Voucher Pluang yang telah kamu beli melalui E-Commerce resmi Pluang nanti nya akan kamu terima dalam bentuk voucher digital dan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar atau tertera saat kamu melakukan transaksi atau pembelian voucher di merchant-merchant E-Commerce Pluang.

Agar tidak terjadi kesalahan atau kegagalan dalam pengiriman voucher, mohon melakukan konfirmasi atau pengecekan kembali sebelum kamu checkout/melakukan pembayaran pada E-Commerce tersebut. 

Berikut ini adalah contoh konfirmasi: 

 

Berikut ini adalah contoh email yang akan akan kamu terima ketika berhasil melakukan pembelian voucher Pluang di salah satu E-Commerce:

Apakah Kode Voucher yang Telah Saya Gunakan Dapat Digunakan Kembali?

Apakah voucher Pluang dapat digunakan lebih dari satu kali

Voucher Pluang yang kamu beli, hanya berlaku atau dapat digunakan satu kali saja.

Apabila kode voucher yang kamu miliki sudah digunakan untuk top up/redeem pada aplikasi Pluang, maka kode voucher secara automatis akan hangus dan tidak dapat digunakan kembali.

Satu kode voucher hanya dapat digunakan satu kali saja, tidak dapat digunakan untuk kedua kalinya.

Di Mana Saya Dapat Membeli atau Mendapatkan Voucher Pluang?

Toko resmi voucher Pluang

Saat ini Pluang bekerja sama dengan beberapa merchant e-commerce dalam menyediakan voucher top up saldo aplikasi Pluang.

Di bawah ini adalah beberapa official store Pluang yang menyediakan voucher resmi Pluang:

1. Lazada : Pluang Flagship Store

2. Shopee : pluang.id

3. Blibli : Pluang

4. JD.ID : Voucher Pluang

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Untuk Pengiriman Voucher yang Dibeli Melalui Merchant?

Estimasi Pengiriman Voucher Pluang

Voucher Pluang yang kamu beli melalui merchant-merchant official Pluang pada e-commerce Lazada dan Shopee akan dikirimkan ke alamat email yang kamu gunakan saat pemesanan. Mohon pastikan kamu memasukan atau menggunakan alamat email yang sesuai dan dapat kamu akses agar memudahkan kamu dalam menerima voucher tersebut.

Proses pengiriman voucher membutuhkan waktu 24 jam sejak waktu pemesanan berhasil (tidak termasuk hari sabtu/minggu dan libur nasional).

Sedangkan  untuk pembelian voucher Pluang melalui  JD.ID dan Blibli, proses pengiriman voucher diproses langsung oleh pihak JD.ID dan Blibli.

Pluang hanya bertindak sebagai penyedia voucher saja. Sehingga, apabila ada hal yang ingin ditanyakan terkait pemesanan, pengiriman, ataupun pembelian. Kamu dapat menghubungi langsung customer service merchant terkait.

Status Pengiriman Voucher "Berhasil Dikirim" Namun Voucher Belum Diterima

Voucher Belum Diterima

Sistem biasanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk sinkronisasi sehingga menyebabkan delay antara waktu pengiriman yang Pluang lakukan dengan diterimanya voucher melalui email kamu.

Apabila pembelian voucher kamu dilakukan melalui aplikasi Blibli, Shopee dan JD.ID kamu dapat segera menghubungi customer service pada merchant-merchant tersebut untuk mengkonfirmasikan kembali status transaksi pembelian voucher kamu agar mendapatkan bantuan jika terdapat kendala pengiriman voucher.

Apabila pembelian voucher kamu dilakukan melalui aplikasi Lazada kamu dapat menunggu voucher dikirimkan selambatnya 1 x 24 jam. Namun apabila kamu masih belum menerima voucher setelah status pesanan "diterima" dalam waktu 1 x 24 jam, maka pertama-tama yang harus kamu pastikan adalah mengecek alamat email yang kamu gunakan untuk pemesanan pada bagian inbox/spam/promosi.

Jika setelah memastikan hal tersebut, voucher masih belum kamu terima. Kamu dapat menanyakan kepada kami melalui email tanya@pluang.com dengan menyertakan data-data berikut:

  1. Nama Merchant/Ecommerce:
  2. Alamat Email terdaftar pada akun Ecommerce:
  3. Nomor Handphone terdaftar pada akun Pluang:
  4. Nomor Pesanan:
  5. Screenshot/foto bukti pembelian voucher.

Note :

- Nomor Pesanan wajib diketik dalam bentuk teks
- Screenshot bukti pembelian harus dilampirkan secara terpisah yaitu satu persatu untuk pembelian yang lebih dari satu order.

Apakah Saya Bisa/Boleh Memindahkan atau Memberikan Voucher yang Sudah Saya Beli Kepada Orang Lain?

Memberikan voucher kepada orang lain

Voucher Pluang yang sudah kamu beli dan telah kamu terima dari kami, sepenuhnya merupakan hak dan tanggung-jawab kamu.

Pluang tidak bertanggung jawab apabila terdapat risiko ataupun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atas pemindahan/pengalihan kepemilikan pada voucher yang sudah kamu beli.

Yuk simak cara Bagaimana Cara Melakukan Isi Saldo / Top Up Menggunakan Voucher ?

Top Up Melalui Voucher

Untuk memakai voucher Pluang yang kamu miliki, Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik menu "Saldo", lalu pada bagian "Saldo Voucher" klik "Isi Saldo".

2. Pilih metode top up "Voucher".

3. Masukkan kode voucher yang terdiri dari 16 digit nomor unik, kemudian klik tombol "Tukar".

4. Selamat! Voucher berhasil kamu redeem. 

5. Silakan check "Saldo Voucher" akun Pluang kamu untuk melihat bahwa voucher sudah bertambah.

 

Saat memasukan kode voucher, pastikan kamu memasukan kode voucher yang benar tidak kurang satu angka pun. Apabila kamu salah memasukan kode voucher maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

 

Simak langkah-langkah top up dengan voucher Pluang di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=M_vlbaK6NKw

Kamu tidak perlu khawatir ya sobat cuan apabila muncul keterangan "Saat Redeem Voucher pada Aplikasi Pluang Muncul Keterangan "Voucher sudah digunakan" ?"

Kode voucher tidak bisa digunakan

Apabila kamu merasa belum pernah melakukan redeem menggunakan voucher tersebut namun kode voucher tidak bisa digunakan maka segeralah menghubungi Customer Service Pluang melalui email tanya@pluang.com dengan menggunakan format email sebagai berikut :

Subject/judul email : Voucher tidak dapat digunakan

  1. Nama terdaftar di Pluang:
  2. Nomor Handphone terdaftar:
  3. Kode Voucher:
  4. Merchant pembelian voucher:
  5. Nomor pesanan:
Mohon agar dapat melampirkan juga screenshot/gambar berikut :
  1. Foto/scan/screenshot bukti pembelian voucher
  2.  Screenshot error saat melakukan redeem voucher

Customer service kami akan membantu melakukan pengecekan pada status voucher yang kamu tanyakan.