1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Investasi Aset Kripto di Pluang

Cara menggunakan Advanced Chart

Langkah Penggunaan Advanced Chart

Advanced Chart (Tradingview)

Apa itu Advanced Chart (BETA) di Pluang Aset Kripto dan Bagaimana Cara Menggunakannya?


Apa itu Advanced Chart (BETA)?

Advanced Chart adalah fitur di mana kamu bisa melakukan analisis teknikal saat trading aset kripto, mulai dari melihat candlestick chart hingga memanfaatkan berbagai indikator teknikal seperti Moving Average, Relative Strength Index (RSI), dan Moving Average Convergence Divergence (MACD).


Bagaimana Cara Menggunakan Advanced Chart di Pluang?

Yuk simak langkah-langkah dibawah ini untuk membantu kamu menggunakan fitur Advanced Chart pada aplikasi Pluang :)

  1. Untuk mengakses fitur Advanced Chart, kamu bisa membuka salah satu Aset Kripto pada aplikasi Pluang, misalnya Bitcoin. Di sana, kamu akan melihat tombol dengan ikon candlestick di sebelah kanan pilihan time frame.


 

2. Setelahnya, kamu akan masuk ke halaman baru yang menampilkan fitur charting.


Pada halaman ini kamu bisa melakukan berbagai analisis teknikal dengan fungsi-fungsi sebagai berikut:

A. Time frame


Kamu bisa menemukan fungsi tersebut pada tanda huruf “D” di toolbar atas, yang terletak di samping kanan nama aset kripto. Kemudian, tekan huruf “D” tersebut untuk mengubah time frame. Time frame pada Advanced Chart menunjukkan pergerakan harga aset untuk satu periode tertentu, baik dalam hitungan menit, jam, hari, maupun bulan. Jika kamu menggunakan candlestick, perlu diingat bahwa satu batang candle mewakili pergerakan harga setiap satu periodenya. Misalnya, jika kamu memilih 1D, maka artinya satu candlestick menggambarkan harga open, close, high, low pada 1 hari (1 Day). Kamu bisa memilih time frame yang sesuai dengan periode trading kamu seperti 5 menit, 1 jam, hingga 1 bulan.

B. Tipe Chart


Kamu bisa memiliih tipe chart seperti candlestick, line, dan bar dengan menekan ikon seperti 2 persegi panjang di atas layar. Candlestick merupakan tipe chart yang paling populer digunakan karena kamu bisa sekaligus melihat posisi Open, High, Low, dan Close price secara visual pada grafik tersebut.

 

C. Indikator Teknikal


Indikator teknikal adalah gambaran atau grafis yang menangkap tren dan pola pergerakan harga dan volume perdagangan antar waktu. Selain itu, indikator teknikal juga digunakan untuk menggambarkan pergerakan posisi beli atau jual yang belum ditutup di dalam bursa derivatif. Kamu dapat memilih berbagai berbagai indikator teknikal seperti Moving Average, RSI, dan MACD. Berikut adalah contoh cara menerapkan indikator teknikal:

Pertama, klik tombol “ƒₓ” kemudian ketik “Moving Average”. Lakukan langkah serupa jika kamu ingin menggunakan indikator “RSI” atau “Relative Strength Index” dan “MACD”.


Setelah kamu menerapkan ketiga indikator teknikal tersebut, kamu akan dapat melihat indikator analisis teknikal yang dimaksud di layar. Contohnya seperti berikut.

D. Menggambar trend line pada chart


Kamu dapat menggambar trend line dengan menekan simbol garis pada kiri atas. Pilih Trend Line pada pilihan yang tersedia kemudian gambar garis pada chart yang ditampilkan di layar.


E. Gann and Fibonacci Tools


Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk charts seperti Pitchfork/Gann Box/Fib Circles dll


F. Geometric Shapes


Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menggambar/highlight dll dalam chart Kamu


G. Annotation Tools


Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menulis catatan dalam chart Kamu


H. Patterns


Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menggambar pattern seperti XABCD Pattern/Triangle Pattern/Head & Shoulder dll

I. Prediction & Measurement Tools


Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menunjukkan beberapa indikator seperti forecast/short position/long position/projection dll


J. Icons


Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memasukan emoji/icon kedalam Chart Kamu


K. Measure


Kamu bisa menggunakan tombol ini untuk mengukur perbedaan hari dan harga dari 2 poin didalam Chart

 

L. Zoom In


Kamu bisa menggunakan tombol ini untuk Zoom In kedalam Chart Kamu


Untuk fitur - fitur TradingView lainnya, Kamu bisa mengecek lebih lanjut pada link  ini


 Apakah saya bisa menyimpan chart?


Kamu belum bisa menyimpan chart ketika menggunakan Advanced Chart versi Beta untuk saat. Namun, ke depan, Pluang akan mengembangkan fitur tersebut sehingga kamu bisa menyimpan chart yang telah kamu atur.


 Aset kripto apa saja yang bisa menggunakan Advanced Chart (Beta)?


Advanced Chart (Beta) bisa digunakan untuk semua aset kripto yang tersedia pada aplikasi Pluang. Kamu bisa mengaksesnya dari halaman aset kripto masing-masing dan menekan ikon garis vertikal warna merah hijau di bagian kanan.



Kamu juga dapat tanya-tanya melalui email tanya@pluang.com dan live chat 24/7 dengan senang hati kami dapat membantu :)