Cara Pembelian Reksadana di Pluang

Cara Pembelian Reksa Dana di Pluang via Bank Transfer

Kamu dapat membeli reksa dana setelah proses verifikasi tambahan reksadana kamu sudah selesai dengan beberapa metode pembayaran seperti via Bank Transfer, Virtual Account, dan GoPay. Berikut langkah - langkah untuk melakukan pembelian Reksadana melalui Bank Transfer ya SobatCuan :

1. Pada halaman awal aplikasi Pluang pada bagian “Produk Investasi”, silahkan kamu pilih menu “Reksadana”

2. Setelah kamu membukan aset reksadana yang ingin kamu beli, silahkan kamu pilih menu “Beli”.

3. Setelah kamu klik “Beli”, nantinya akan muncul pop up notifikasi yang menginformasikan cut off time pembelian reksadana kamu, setelah kamu membaca informasinya silahkan kamu pilih “Saya Mengerti” dan masukan nominal pembelian reksadana kamu lalu pilih “Lanjutkan”.

4. Silakan pilih metode pembayaran kamu. Bisa menggunakan Bank transfer, Virtual Account atau Gopay, lalu kemudian klik “Lanjut

5. Periksa kembali pembelian kamu. Jika sudah yakin centang kotak dialog syarat dan ketentuan lalu geser ke atas ya!

Sebelum melakukan pembayaran akan tertera notifikasi informasi singkat mengenai ketentuan unggah bukti bayar.

6. Lakukan pembayaran dengan klik salin nomor rekening yang tertera

Untuk pembayaran disarankan menggunakan metode bank transfer untuk menghindari terjadinya kegagalan pada saat melakukan transfer dan pastikan pembayaran menggunakan atas nama kamu

Apabila kamu menggunakan e-wallet pastikan kamu mencantumkan pada kolom berita dengan mengisi nomor pemesanan yang ditampilkan di layar konfirmasi saat melakukan pembayaran


7. Setelah berhasil transfer silakan screenshot bukti transfer tersebut, seperti contoh pada gambar berikut

Lakukan konfirmasi pembayaran sebelum 24 jam dengan memilih "Unggah Bukti Bayar" Kemudian klik “Konfirmasi Pembayaran”

Setelah pembayaran terkonfirmasi maka Pluang akan memproses pembelian untuk diverifikasi oleh manajer investasi dan bank kustodian. Apabila order pembelian mu telah disetujui maka unitmu akan masuk ke dalam aplikasi.

Cara Pembelian Reksadana di Pluang via Virtual Account

Selain melakukan pembelian reksadana melalui Bank Transfer, kamu juga bisa melakukan pembelian reksadana yang kamu inginkan melalui Virtual Account. 

1. Untuk tata cara pembelian reksadana melalui Virtual Account pada metode pembayarannya, silahkan kamu pilih Virtual Account Bank apa yang ingin kamu gunakan, jika Virtual Account Bank yang ingin kamu gunakan tidak tertera, maka kamu bisa pilih menu Virtual Account “Bank Lain”

2. Nantinya akan muncul halaman konfirmasi transaksi yang kamu lakukan. Apabila kamu sudah yakin dengan nominal pembelian dan juga metode pembayaran yang digunakan, geser/swipe ke atas layar untuk menyelesaikan transaksi.


3. Salin nomor Virtual Account yang ditampilkan pada halaman  berikut untuk melanjutkan pembayaran metode Virtual Account melalui bank transfer / Mobile Banking / Internet Banking Mandiri

4. Login ke akun mobile banking m-banking milik kamu, daftarkan VA yang kamu salin sebelumnya pada Daftar Transfer - Antar Bank

5. Setelah kamu berhasil memasukan Virtual Account pada daftar transfer antar bank pada rekening kamu, maka akan muncul notifikasi bahwa kamu sudah berhasil

6. Selanjutnya, silahkan kamu melakukan pembayaran pada menu Transfer - Antar Bank, dan masukan kode Virtual Account yang kamu masukan sebelumnya.

7. Apabila kamu sudah berhasil melakukan pembayaran reksadananya, maka akan muncul notifikasi bahwa pembayaran kamu sudah berhasil dan pembelian reksadana kamu akan diproses sesuai dengan waktu cut off time

Cara Pembelian Reksadana di Pluang melalui Go-Pay

Selanjutnya kamu juga dapat melakukan pembayaran transaksi pembelian reksadana mu melalui GoPay, yang tahapannya dapat kamu cek di bawah ini :

1. Setelah kamu memilih aset reksadana yang ingin kamu beli dengan nominal yang kamu inginkan, silahkan kamu pilih menu GoPay sebagai metode pembayaran pembelian reksadana kamu dan pilih “Lanjutkan”.

2. Selanjutnya akan muncul halaman konfirmasi transaksi yang kamu lakukan. Apabila kamu sudah yakin dengan nominal pembelian dan juga metode pembayaran yang digunakan, geser/swipe ke atas layar untuk menyelesaikan transaksi.

3. Setelahnya kamu akan masuk ke halaman aplikasi GoJek kamu untuk melakukan pembayaran melalui saldo GoPay kamu. Silahkan kamu pilih “Konfirmasi dan bayar”

4. Lalu silahkan kamu masukan PIN GoPay kamu untuk menyelesaikan pembayaran kamu SobatCuan :)

5. Selamat! Transaksi pembelian reksadana kamu sudah berhasil SobatCuan :)

Selanjutnya kamu tinggal menunggu transaksi kamu diverifikasi oleh Pluang dan KSEI. 

Apakah Pembelian Reksdana di Pluang Bisa Dibatalkan?

Apabila kamu berubah pikiran atau nominal yang kamu transfer berbeda dengan nominal pada pembelian, kamu tidak dapat melakukan pembatalan pada pembelian sebelumnya. Namun, kamu dapat mengabaikan pembelian tersebut dan melakukan pembelian baru dengan memasukan nominal yang sesuai. Selanjutnya, silakan mengunggah bukti bayar pada pembelian dengan nominal yang sama dengan yang telah kamu bayarkan.

Apabila kamu telah melakukan pembayaran dan mengunggah bukti bayar maka pembelian tidak bisa dibatalkan dan mohon menunggu hingga transaksi kamu terverifikasi.

Saya Sudah Berhasil Transfer Untuk Transaksi Pembelian Aset Reksadana Namun Lupa Melakukan Konfirmasi Bukti Bayar

Untuk SobatCuan yang sudah melakukan transaksi pembelian aset reksadana pada aplikasi Pluang dan sudah melakukan pembayaran transfer bank, jangan lupa untuk upload bukti transfer yang kamu lakukan ya.

Perlu diketahui bahwa transaksi reksadana di aplikasi Pluang mengharuskan kamu untuk melakukan upload bukti bayar pada halaman transaksi yang kamu lakukan seperti pada gambar berikut.

Perlu diingat bahwa halaman konfirmasi bukti transfer tersebut memiliki batas waktu, sehingga apabila dalam 1 x 24 jam kamu tidak mengunggah bukti transaksi transfer, maka transaksi pembelian reksadana kamu akan kadaluarsa/expired. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini : 

 

"Wah terus bagaimana dong CuanMin untuk saldo yang sudah terlanjur saya transfer? "

Kamu dan SobatCuan lainnya tidak perlu khawatir apabila kamu lupa mengunggah bukti transfer dan transaksi reksadana yang kamu lakukan sudah kadaluarsa.

Kamu dapat langsung lakukan transaksi pembelian aset reksadana kembali dengan pilihan tipe aset reksadana serta nominal yang sama seperti transaksi sebelumnya. 

Setelah itu, kamu dapat langsung mengunggah kembali bukti transfer untuk transaksi reksadana yang telah kadaluarsa tersebut ke detail transaksi reksadana yang saat ini kamu lakukan kembali.

Nantinya verifikasi pembayaran akan tetap dilakukan berdasarkan pengecekan tipe reksadana  dan nominal saldo transfer yang telah masuk ke rekening bank tujuan transfer oleh manajer investasi dan pihak bank kustodian. Apabila data sesuai dan transaksi telah disetujui maka unit reksa dana akan masuk ke akun Pluang milik kamu.