Informasi Umum Seputar S&P 500

Informasi Umum Seputar S&P 500

Apa itu Micro E-Mini S&P Index Futures?

Indeks adalah suatu kumpulan portofolio sekuritas yang mewakili pasar tertentu sebagai patokan yang menunjukkan kinerja pasar

Indeks S&P adalah indeks Amerika Serikat, yang merupakan kumpulan portofolio 500 saham Amerika. Keunggulan utamanya adalah diversifikasi karena dapat eksposur kepada 500 saham pada berbagai industri, yang setara dengan 70-80% kapitalisasi pasar saham AS

Micro E-Mini S&P Index Futures berupa kontrak berjangka atau derivatif yang di transaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange.

Chicago Mercantile Exchange, atau yang dikenal sebagai CME, adalah bursa pasar global, yang merupakan bursa derivatif terbesar di dunia.

 


Apa itu S&P 500?

S&P 500 adalah sebuah indeks yang terdiri dari saham 500 perusahaan terbesar dari berbagai sektor yang terdaftar di bursa saham Amerika Serikat.

Pluang menawarkan investasi pada micro e-mini S&P index futures. Trading rules untuk aset ini dapat kamu baca pada aplikasi Pluang di menu "Akun" bagian "Syarat dan Ketentuan Pluang".

 


Perusahaan apa saja yang terdaftar pada Index S&P 500?

Secara umum, 500 perusahaan AS yang diperdagangkan secara publik berdasarkan kapitalisasi pasar termasuk dalam S&P 500. Pada Juni 2019, kriteria untuk perusahaan yang masuk dalam daftar adalah yang memiliki kapitalisasi pasar paling sedikit bernilai $ 3,7 miliar. Selain itu, perusahaan-perusahaan itu harus berbasis di AS, memiliki saham perdagangan yang terbuka untuk publik untuk dibeli atau dijual, dan juga melaporkan keuntungan atau menghasilkan laba pada tahun sebelumnya. Perusahaan-perusahaan yang memiliki bobot terbesar dalam indeks diantaranya Microsoft, Amazone, Apple, Facebook, Google, JP Morgan, Johnson&Johnson, VISA, dan lain-lain.

Singkatnya, S&P 500 terdiri dari sekeranjang saham yang luas tanpa terlalu banyak perusahaan kecil dan tidak jelas. Ini berisi perusahaan yang dimiliki secara luas oleh investor individu, dengan 500 komponen menyumbang sekitar 80% dari keseluruhan kapitalisasi pasar saham di Amerika Serikat. Hal ini menjadi alasan penting indeks S&P 500 dianggap sebagai snapshot terbaik dari pasar saham.

 


Apakah indeks S&P 500 adalah investasi terbaik untuk kamu?

Investor pasar saham legendaris Warren Buffett terkenal mengatakan bahwa dana indeks S&P 500 berbiaya rendah adalah investasi terbaik yang dapat dilakukan kebanyakan orang dan tidak sulit. Dalam jangka waktu yang lama, S&P 500 telah memberikan total pengembalian tahunan sebesar 9%-10%, dan Anda dapat berinvestasi dalam dana S&P 500 pasif tanpa biaya.

Untuk lebih jelasnya, jika kamu memiliki waktu, pengetahuan, dan keinginan untuk meneliti saham dengan benar dan mempertahankan portofolio, kami (dan Warren Buffett) merasa yakin untuk mencapai pengembalian investasi yang unggul relatif terhadap S&P 500 dalam jangka panjang. Namun, tidak semua orang memiliki waktu dan disiplin yang diperlukan untuk berinvestasi dalam saham seperti itu, dan investor yang lebih baru khususnya mungkin lebih baik menggunakan dana indeks S&P 500 untuk berinvestasi sampai mereka membangun pengetahuan mereka.

Singkatnya, berinvestasi dalam S&P 500 adalah cara untuk mendapatkan eksposur luas terhadap profitabilitas bisnis Amerika tanpa terlalu banyak ketergantungan pada kinerja perusahaan individu mana pun.

 


Alasan Berinvestasi S&P 500

1) Ekonomi Amerika Serikat yang Terus Berkembang

Amerika Serikat adalah negara dengan ekonomi terbesar di dunia sejak tahun 1871.

Sejak 10 tahun terakhir, saham AS telah berkinerja kuat sebagaimana yang telah ditunjukan oleh Index S&P 500 (meningkat sekitar 193%). 

Apabila dilihat pada diagram di bawah ini kinerja index S&P 500 memiliki persentase kenaikan yang sangat baik atau signifikan.

 

2) Diversifikasi melalui strategi pasif

Melalui indeks, nasabah bisa mendapatkan diversifikasi secara sekaligus, tanpa harus mencari tahu mengenai saham secara individu. 

Nasabah tidak perlu pusing melakukan market timing. Cukup dengan metode simpel seperti “dollar cost averaging”, sehingga produk kami cocok bagi pemula dibanding trading saham individu.

 

3) Eksposur kepada perusahaan teknologi

Terutama, dalam 10 tahun terakhir, beberapa perusahaan teknologi, seperti Amazon, Apple dan Netflix menjadi penggerak utama pada indeks tersebut. 

Perusahaan-perusahaan teknologi, termasuk perusahaan yang terkenal sebagai FANG (Facebook, Amazon, Netflix dan Google), merupakan sekitar 29% dari kapitalisasi pasar keseluruhan S&P500.

Sehingga S&P itu cocok sekali bagi para investor yang ingin memiliki eksposur kepada industri teknologi karena di Asia saat ini memang belum memiliki banyak perusahaan teknologi yang sudah terdaftar di bursa publik.

 


Keuntungan Investasi S&P 500 di Pluang


1. Terjamin keamanannya.
Pluang dikelola oleh PT. PG Berjangka yang sudah memiliki izin dari BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) sebagai pialang berjangka multilateral dan investasi kamu juga sudah dijamin oleh KBI (Kliring Berjangka Indonesia).
 
2. Mudah dan Murah.
Untuk berinvestasi pada indeks S&P 500, kamu bisa memiliki keseluruhan indeks dengan membeli masing-masing 500 saham dan terus-menerus menyeimbangkannya sesuai dengan perubahan komposisi dalam indeks. Namun, hal ini akan memakan waktu dan tergolong mahal karena adanya biaya perantara (biaya broker) yang dibayarkan dan membeli saham.


Di Indonesia sendiri, Pluang merupakan platform aplikasi pertama yang bisa memberikan kamu akses ke pasar saham Amerika Serikat (S&P 500). Nah, sekarang waktu yang tepat untuk kamu mulai berinvestasi di S&P 500.


Pada produk S&P 500 periode penahanan yang disarankan adalah lebih dari satu tahun. Namun, S&P 500 ini cukup likuid, sehingga kamu dapat menjualnya kapan saja.
Dana Indeks S&P500 Pluang melacak Indeks S&P 500. Jadi, dengan berinvestasi pada indeks S&P 500, kamu telah melakukan diversifikasi portofolio karena telah berinvestasi pada 500 perusahaan terbesar di AS. Terlebih lagi, di Pluang kamu tidak perlu lagi membeli satu per satu saham individual perusahaan.
 
3. Kamu sudah bisa berinvestasi S&P 500 dengan nominal terkecil mulai dari $30an
Harga indeks micro e-mini S&P index futures akan berubah setiap saat dan dapat ditemukan di di Pluang, kamu dapat membeli mulai dari 1 unit dengan minimal kisaran harga $30an atau senilai Rp 500.000. Bergantung pada kurs dan harga pada saat itu juga.


Harga antara indeks S&P 500 dan 1 unit di Pluang berbeda karena produk yang kami tawarkan di Pluang adalah produk berjangka micro e-mini S&P index futures yang ditransaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange. Harga di Pluang merupakan index tracker dari S&P 500. 1 unit sama dengan 1/100 micro e-mini S&P 500 index futures. 

 


Grafik S&P 500

Micro E-Mini S&P Index Futures merupakan kontrak berjangka atau derivatif yang di transasikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange.

Harga acuan untuk Micro E-Mini S&P Index Futures di Pluang sesuai dengan harga pada bursa CME dan harga akan update atau berubah setiap 10 menit mengikuti perubahan harga di bursa.

Grafik yang ditampilkan di Pluang adalah grafik perubahan harga yaitu yang dapat membandingkan harga S&P dari waktu ke waktu, mulai dari harga 1 hari sebelumnya, 1 minggu sebelumnya, sampai dengan harga dalam 5 tahun terakhir.

Harga yang tertera merupakan index tracker dari S&P 500. 1 unit sama dengan 1/100 S&P 500 Index. Performa pada masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan.

 

 

  • Update terakhir: tanggal dan jam harga terakhir diperbaharui.
  • Harga Terakhir: harga terakhir sebelum diperbaharui.
  • Harga Beli: harga yang akan digunakan untuk transaksi pembelian 1 unit S&P500.
  • Harga Jual: harga yang akan digunakan untuk transaksi penjualan 1 unit S&P500.
  • Terendah Sehari: harga tengah terendah selama hari ini (mengikuti waktu Indonesia).
  • Tertinggi Sehari: harga tengah tertinggi selama hari ini (mengikuti waktu Indonesia).
  • Minimal Investasi: nominal paling kecil untuk dapat membeli 1 unit S&P500 (Minimal Investasi ini akan dibagi 1/100 jadi untuk minimal pembelian 1 unit micro e-mini S&P500 index futures di Pluang adalah $3,6).

 


Perbedaan antara ETF S&P dan Index Futures S&P

Produk Indeks Futures di CME lebih fleksibel dan baik untuk pengguna karena tidak memiliki management fee, dapat dijual belikan selama 24 jam, dan memiliki likuiditas yang jauh melebihi ETF produk yang sama. Selain dari itu, tracking error produk Index Futures itu lebih tipis dibanding ETF. 

Bisa dilihat pada grafis berikut bahwa Average Daily Volume produk index futures S&P jauh lebih tinggi dibanding Average Daily Volume produk ETF S&P. (Average Daily Volume adalah rata-rata volume harian pada suatu sekuritas pada bursa).

Dapat dilihat bahwa produk S&P ini memiliki Average Daily Volume yang mencapai likuiditas 264 milyar dolar AS, yaitu, 8 kali lipat dibanding Average Daily Volume ETF S&P, yang mencapai likuiditas harian 32.6 miliar dolar AS.

 


Fitur Syariah Investasi Indeks S&P500 dan Indeks NASDAQ 100

Pada dasarnya produk NASDAQ sama seperti produk saham dimana performa produk seperti Nasdaq atau S&P500 bergantung terhadap performa dari saham-saham dalam index tersebut.

Dari segi mekanisme transaksi, tak ada bedanya dengan transaksi saham konvensional. Investor saham syariah juga harus berpedoman pada indeks dan pergerakan harga saham serta dengan menggunakan analisis teknikal dan fundamental.

Untuk ketentuan halal/haram bisa mengacu kepada keputusan terkait saham, selama dilakukan dengan cara halal dan digunakan dengan cara yang halal juga maka hukumnya adalah boleh dilakukan. Info tersebut dapat dilihat dari beberapa sumber, salah satunya https://dsnmui.or.id/.

 


Tidak Bisa Menggunakan S&P 500

Syarat untuk dapat berinvestasi produk micro e-mini S&P 500 index futures Pluang adalah akun kamu harus terverifikasi terlebih dahulu atau melengkapi Verifikasi Dasar untuk kemudian melakukan verifikasi tambahan saham AS.

Apabila akun Pluang kamu belum terverifikasi maka akan muncul notifikasi sebagai berikut saat kamu mencoba melakukan pembelian:

Untuk langkah-langkah verifikasi akun Pluang, Kamu cukup mengikuti pada link berikut : https://help.pluang.com/knowledge/bagaimana-cara-melakukan-verifikasi-identitas-di-pluang.