Mengapa Berinvestasi pada Reksa Dana?

Apakah Investasi Reksa Dana Tepat untuk Saya

Ada beberapa alasan yang menjadi dasar untuk kamu dapat memilih Reksa Dana sebagai investasi kamu. Yaitu :

  1. Investasi di Reksa Dana membutuhkan membutuhkan modal yang kecil.
    Reksa dana ialah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi atau deposito. 

    Dengan kata lain reksa dana sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.
  2. Reksa Dana tidak memiliki periode penguncian, bisa dibeli dan dicairkan setiap saat selama pada jam / hari bursa.
    Reksa dana tidak mengunci masa penempatan uang atau memiliki batas perjanjian tenggat waktu. Sehingga reksa dana bisa dicairkan kapan saja sepanjang dilakukan pada hari/jam kerja bursa asal sesuai dengan tata cara penjualan. Pencairan reksa dana juga tidak dikenakan biaya ataupun pinalti.

  3. Investasi Reksa Dana menggunakan nilai aktiva bersih (NAB) per unit yang diumumkan setiap hari disurat kabar nasional, mudah untuk dipantau dan mendapatkan bukti kepemilikan unit.

    Cara kerja reksa dana menggunakan harga atau Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/Up). Ketika investor membeli reksa dana, misalkan pada harga Rp 1.000, apabila setelah 1 tahun terjadi peningkatan 5 persen, maka harganya akan menjadi Rp 1.050. kemudian dengan menjual reksa dana, investor baru bisa mencairkan keuntungan investasinya.

  4. Untuk tingkat keuntungan: semakin lama investasi potensi keuntungan semakin meningkat semakin  pendek investasinya potensi keuntungan tidak optimal, potensi naik tidak terbatas potensi turun yang terukur sesuai jenis reksa dananya, Reksa Dana bukan objek pajak oleh karena itu tidak ada potongan pajak.

    Keuntungan lain dari reksa dana ialah bukan merupakan objek pajak. Jadi tidak ada potongan dan hasil yang diterima investor adalah sudah bersih.