1. Pusat Bantuan
  2. Cara Menarik Dana Investasi dari Pluang

Pertanyaan Seputar Penarikan Dana (Cash Out)

Seputar Penarikan Dana

Hai SobatCuan!

Setelah mimin cek di kolom komentar dan pesan di sosial media Pluang serta pertanyaan ke Customer Service kami. Masih banyak yang masih bertanya pertanyaan seputar penarikan dana di Pluang.

Untuk itu Mimin bantu buatkan ringkasannya yah untuk memudahkan SobatCuan mendapatkan jawabannya.


Q : Hi min! Saya baru saja melakukan penarikan dana hari ini tapi kenapa dana saya masih belum masuk ke rekening bank atau saldo GoPay saya yah?

A : Penarikan dana ke bank atau ke saldo GoPay membutuhkan waktu maksimal 1 hari kerja. Namun tidak menutup kemungkinan prosesnya bisa lebih cepat loh SobatCuan :)


Q : Bagaimana sih cara mengecek status penarikan dana saya di Pluang?

A : Caranya mudah kok! Kamu bisa cek status penarikan dana kamu pada menu Saldo - Riwayat Transaksi (pojok kanan atas) atau kamu juga bisa cek pada menu Akun pada halaman beranda aplikasi Pluang dan pilih riwayat transaksi dan kamu bisa cek transaksi mana yang ingin kamu lihat detailnya.

 

Status penarikan dana pada Pluang terdiri dari 6 status yaitu :

1. Cashout Initiated / Penarikan Dana Diajukan

Penarikan dana berhasil diajukan.

2. Cashout Approved / Penarikan Disetujui

Pengajuan penarikan dana sudah diverifikasi dan disetujui oleh Pluang.

3. Cashout Rejected / Penarikan Ditolak

Penarikan dana yang diajukan ditolak karena beberapa alasan. yaitu : akun belum terverifikasi identitas, nama pada rekening Bank tujuan berbeda dengan nama terdaftar pada akun Pluang, nomor rekening salah, dsb.

4. Cashout Failed / Penarikan Gagal

Penarikan dana yang diajukan gagal karena beberapa alasan. yaitu : time out error dari sisi bank, nomor rekening salah atau tidak ditemukan, dsb.

5. Cashout Completed / Penarikan Selesai

Penarikan dana Anda sudah berhasil diproses ke rekening bank tujuan atau saldo GoPay.

6. Cashout Paid / Penarikan Dibayar

Penarikan dana Anda masih memerlukan proses maksimal 3 (tiga) hari kerja.


Q: Kenapa penarikan dana saya statusnya menjadi “Paid”?

A: Apabila status penarikan dana kamu berubah menjadi “Paid”, penarikan dana akan membutuhkan waktu 3 hari kerja untuk proses verifikasi lebih lanjut atas penarikan yang dilakukan pada aplikasi Pluang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Berikut adalah contoh status penarikan dana kamu menjadi “Paid”:


Q : Apakah Ada Biaya Untuk Penarikan Dana?

A : Dapat kami informasikan penarikan dana pada aplikasi Pluang dengan tujuan rekening bank maupun akun Go-Pay tidak dikenakan biaya tambahan apapun alias “Gratis” !

Penarikan dana ke Bank.

 

 

Penarikan dana ke GoPay


Q : Mengapa Transfer Saldo Tunai pada Akun Pluang, Nama pada Rekening Tujuan dan Nama pada Akun Pluang Harus Sama?

A : Nama pada rekening tujuan dan nama pada akun Pluang wajib sama karena Pluang mengikuti peraturan Anti Pencucian Uang dan/atau Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) dari pemerintah. Selain itu kami juga perlu mengikuti ketentuan identifikasi nasabah berupa : 

  1. CDD (Customer Due Diligence) berupa identifikasi, verifikasi dan pemantauan atas pengguna untuk mendapatkan informasi terkini mengenai profil pengguna untuk memastikan kesesuaian antara profil pengguna dan transaksi yang dilakukan.
  2. EDD (Enhanced Due Diligence) apabila terdapat risiko tertentu dari transaksi yang dilakukan, dengan melakukan verifikasi informasi pengguna dan pemilik manfaat (Beneficial Owner) dan dengan mencari informasi tambahan dari pengguna atas data identitas, sifat peruntukan transaksi, sumber dana pengguna, serta alasan transaksi yang dilakukan, 

Maka nama pada rekening tujuan transfer harus sama dengan nama pengguna yang terdaftar di Pluang. Hal tersebut juga dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna aplikasi Pluang dalam bertransaksi.


Q : Apakah Ada Batasan Nominal untuk Penarikan Dana ke GoPay ataupun Rekening Bank?

A : Pluang mengedepankan transparansi harga, tidak mengenakan biaya apapun untuk transaksi. 

Untuk permintaan penarikan dana ke rekening Bank, Pluang memiliki ketentuan sebagai berikut:

  • Permintaan minimal untuk penarikan dana ke rekening bank adalah Rp10.000 (Sepuluh ribu rupiah)
  • Tidak terdapat batasan maksimal penarikan dana dalam satu hari selama masih memenuhi syarat dan ketentuan Pluang.
  • Penarikan dana dengan nominal lebih dari sama dengan Rp100.000.000,- membutuhkan waktu 1 hari kerja untuk approval transaksi dan untuk proses pentransferannya membutuhkan waktu paling lambat 3 hari kerja tergantung pencairan kliring dari bank.

Sedangkan untuk penarikan dana ke e-wallet GoPay memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Batas  minimal penarikan dana melalui aplikasi Pluang ke GoPay adalah  mulai dari nominal 0,01 gram atau sekitar Rp8.000,-  saja.
  • Batas maksimal saldo GoPay adalah Rp10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) apabila akun GoJek sudah terverifikasi.
  • Batas maksimal saldo GoPay adalah Rp2.000.000,- (dua juta rupiah) apabila akun GoJek belum terverifikasi.
  • Penarikan dana dapat dilakukan berkali-kali tanpa dibatasi oleh banyaknya penarikan selama saldo tunai masih mencukupi dan akun GoPay kamu belum mencapai batas transaksi maksimal saldo.
  • Batas minimal penjualan emas di GoInvestasi yang bisa dilakukan mulai dari nominal 0,01 gram atau sekitar 8ribuan rupiah saja (mengacu pada kurs emas saat ini)
  • Batas maksimal transaksi ke GoPay adalah Rp20.000.000,-/bulan.

Q : Kenapa penarikan dana ke bank yang saya lakukan melalui aplikasi Pluang statusnya "ditolak/gagal" dan kemana dana saya?

A : Apabila penarikan gagal atau ditolak maka dana akan kembali ke saldo tunai akun Pluang kamu. Penarikan dana ke bank gagal memiliki beberapa penyebabnya yaitu,

  • Nama terdaftar pada akun Pluang dan akun bank tujuan transfer berbeda,
  • Nomor rekening tujuan transfer bukan rekening bank melainkan rekening ponsel/virtual account,
  • Nomor rekening bank yang didaftarkan salah/terblokir dari pihak Bank.
  • Status verifikasi identitas ditolak/belum berhasil terverifikasi,
  • Transaksi kamu terindikasi melakukan pelanggaran pada syarat dan ketentuan Pluang,
  • Time out error dari sisi Bank.

Q : Kenapa penarikan dana ke GoPay yang saya lakukan melalui aplikasi Pluang atau GoInvestasi Gagal/Ditolak dan kemanakah dana saya?

A : Apabila penarikan gagal atau ditolak maka dana akan kembali ke saldo tunai akun Pluang kamu. Penarikan dana ke GoPay gagal memiliki beberapa penyebabnya yaitu, 

  • Nomor handphone terdaftar pada akun GoPay kamu berbeda dengan dengan nomor handphone yang terdaftar pada akun Pluang kamu.
  • Kamu telah melewati batas maksimal limit saldo GoPay yaitu Rp.2.000.000,- untuk akun non premium dan Rp10.000.000,- untuk akun premium
  • Akun GoPay atau akun Pluang kamu dalam keadaan terblokir.
  • Nama yang terdaftar pada akun GoJek kamu mengandung simbol atau karakter khusus. Sesuai ketentuan GoJek nama terdaftar harus terdiri dari huruf atau alphabet.
  • Akun kamu sudah mencapai batas limit transaksi bulanan GoPay yaitu Rp20.000.000,-/bulan.
  • Akun Pluang atau akun GoInvestasi kamu status verifikasi identitasnya ditolak.
  • Transaksi kamu mencurigakan atau terdapat indikasi adanya pelanggaran syarat dan ketentuan.

Q : Min, Kenapa Ya Saya Tidak Dapat Melakukan Penarikan Pada Saldo Tunai Atau Saldo Voucher/e-wallet Saya?

A : Sebelumnya mimin infokan kembali pada SobatCuan, mohon pastikan saldo kamu mencukupi untuk melakukan penarikan saldo ya. Minimum penarikan saldo ke rekening bank ialah Rp10.000,- dan minimum penarikan saldo ke GoPay adalah Rp8.000,- :)

 

Lalu untuk saldo voucher atau e-wallet pada akun Pluang kamu dapat kamu gunakan untuk pembelian aset manapun di Pluang kecuali reksadana.

Alasan mengapa saldo voucher tidak dapat langsung dilakukan penarikan dana adalah demi memberikan keamanan dari tindakan - tindakan kejahatan seperti pembelian voucher yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab pada akun milik orang lain dengan membeli sejumlah voucher pada merchant partner kemudian voucher tersebut di redeem pada aplikasi Pluang. Tindakan tersebut jelas melanggar hukum dan termasuk dalam tindak pidana.

Tentunya hal ini tidak sejalan dengan kebijakan yang diberikan oleh Pluang dimana setiap pengguna yang melakukan top up pada Pluang memiliki tujuan berinvestasi dengan membeli sejumlah aset.

Oleh karena itu Pencegahan yang dilakukan oleh kami adalah dengan memberikan ketentuan bahwa penarikan sejumlah saldo voucher tidak dapat dilakukan secara langsung namun tentunya saldo voucher dan e-wallet dapat kamu gunakan untuk pembelian aset seperti emas, kripto, dan ekuitas global :)

Penting :

Sesuai ketentuan, Pluang juga berhak menonaktifkan akun Pluang serta menolak penarikan dana yang dilakukan apabila terbukti melakukan tindakan pelanggaran hukum berdasarkan laporan yang kami terima.

Apabila kamu membutuhkan bantuan Customer Service kami seputar penarikan saldo kamu, silahkan menghubungi kami langsung di tanya@Pluang.com atau live chat untuk layanan 24/7 ya SobatCuan! :)