Pertanyaan Umum Mengenai Saham AS

Pertanyaan Umum Mengenai Saham AS

Q: Apa itu Saham AS di Pluang?

A: Saham AS membuka kesempatan untuk berinvestasi di perusahaan AS dengan kontrak back-to-back, yang berarti ketika Anda berdagang dengan Pluang, kami memperdagangkan aset dasar di Amerika Serikat atas nama Anda. Anda dapat menggunakan perdagangan saham pecahan untuk membeli saham AS tanpa margin/leverage, mulai dari $0,3


 

Q: Apakah dikenakan biaya untuk setiap transaksi?

A: Terdapat biaya untuk setiap transaksi jual dan beli Saham AS. Berikut adalah kalkulasi biaya transaksi Saham AS:

Komisi + 11% PPN

0,5% * nilai total transaksi + 11%

Biaya Exchange

$0

Biaya Reg

Hanya berlaku untuk penjualan.

Jumlah saham dalam $ * $0.0000229 (min $0,01)

Biaya TAF

Hanya berlaku untuk penjualan.

$0,000119 * Total quantity

Untuk saat ini, biaya transaksi Saham AS masih 0% selama masa promo hingga jangka waktu yang belum ditentukan.


 

Q: Berapa minimum dan maksimum transaksi untuk setiap transaksi Saham AS?

A: Batas minimum dan maksimum nilai transaksi berbeda-beda untuk tiap Saham AS. Batas minimum transaksi untuk Pembelian Saham AS rata-rata adalah $0,3, sementara batas minimum jual adalah $0.4 atau tergantung pada pergerakan harga saham di hari itu, namun beberapa Saham AS memiliki batas minimum 0,1 lembar saham. Sementara itu untuk batas maksimum transaksi bervariasi antara 50 unit saham hingga 1000 unit saham.


 

Q: Apakah Saham AS di Pluang aman untuk diinvestasikan?

A: Saham AS merupakan aset yang aman. Resiko dari Saham AS diatur oleh PT PG Berjangka yang memiliki lisensi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), dan investasi-mu di garansi oleh JFX (Jakarta Futures Exchange) and KBI (Kliring Berjangka Indonesia) 


 

Q: Kapan saja transaksi Saham AS bisa dilakukan?

A: Pasar saham AS biasanya buka dari Senin sampai Jumat pukul 21.30 - 04:00 WIB atau 20:30 - 03:00 WIB selama Daylight Saving kecuali hari libur nasional AS. Daylight Saving berikutnya dijadwalkan pada 13 Maret 2022 dan berakhir pada 6 November 2022.


 

Q: Apa saja tipe order yang bisa digunakan di Saham AS Pluang?

A: Kami mendukung tipe order berikut:

Market Order

Dalam dollar (bisa menggunakan saham pecahan) - Saat jam bursa buka.

Market Order

Dalam jumlah saham (bisa menggunakan saham pecahan) - Saat jam bursa buka.

Limit Order

Kapan saja (tidak bisa menggunakan saham pecahan)

Stop

Kapan saja (tidak bisa menggunakan saham pecahan)

Stop Limit

Kapan saja (tidak bisa menggunakan saham pecahan)


 

Q: Apakah saya akan mendapatkan dividen dari Saham AS yang saya investasikan?

A: Ya, kamu bisa mendapatkan pembagian dividen apabila perusahaan yang kamu investasikan membayar dividen dengan satu kondisi, bahwa dividen net yang kamu dapatkan adalah di atas $0,01. Dividen net sendiri didapatkan dari dividen gross dikurangi pajak sebesar 15%.

Sebagai Contoh:

Perusahaan A membayar $1/lembar saham sebagai dividen.

Jika kamu memiliki 0,1 lembar saham pada saat cum date, maka kamu akan menerima: $1 * 0,1 * 85% = $0,08 dividen.

Di sisi lainnya, jika kamu hanya memiliki 0,01 lembar saham pada saat cum date, kamu tidak akan menerima pembayaran dividen karena dividen yang diberikan kurang dari $0,01. 

$1 * 0,01 * 85% = $0.0085, dibawah $0,01.

Namun, jika kamu memiliki saham setelah cum date, kamu tidak berhak atas dividen.

Kamu akan menerima dividen 1-3 hari kerja setelah tanggal resmi pembayaran. Kamu dapat melihat dividen yang kamu terima di riwayat transaksi wallet:

  • Buka halaman Saldo
  • Pilih menu saldo USD
  • Pilih icon Riwayat Transaksi
  • Pindah ke tab Balance

Nilai pajak dividen yang kamu terima adalah nilai bersih karena dipotong dari sumbernya. Kamu tidak akan menerima slip pajak untuk pemotongan ini. Kamu wajib melaporkan keuntungan dan dividenmu sebagai penghasilan dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).


 

Q: Bagaimana status kepemilikan saya terhadap saham tersebut? Apakah saya akan mendapatkan hak suara ketika perusahaan melakukan rapat atau jajak pendapat? 

A: Dalam menyediakan akses ke produk Saham AS, Pluang bermitra dengan PT PG Berjangka yang merupakan pialang berjangka yang terdaftar dan memiliki lisensi Penyalur Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) dari BAPPEBTI. Melalui kemitraan Pluang bersama PT PG Berjangka, kamu dapat berinvestasi di Saham AS secara aman dan legal. Ketika kamu bertransaksi Saham AS di Pluang, kami memperdagangkan aset dasar Saham AS atas nama kamu. Transaksi kamu akan tercatat di PT Bursa Berjangka Jakarta (JFX) dan PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI). Namun kamu tidak akan mendapatkan voting rights untuk saham-saham yang kamu miliki.


 

Q: Kenapa saya tidak bisa berinvestasi di Saham AS?

A: Pastikan kamu sudah menyelesaikan verifikasi dasar dan verifikasi tambahan saham AS serta saldo USD kamu mencukupi untuk bertransaksi. Kamu dapat melihat detail informasi terkait top up saldo usd pada link berikut: https://help.pluang.com/knowledge/cara-beli-dan-jual-usd


 

Q: Apa persyaratan verifikasi untuk berinvestasi di Saham AS?

A: Akun kamu harus lolos Verifikasi Dasar dan Verifikasi Identitas Saham AS untuk berinvestasi. Persiapkan KTP dan NPWP sebelum memulai proses verifikasi. Untuk langkah-langkah Verifikasi Identitas Saham AS, kamu dapat mengikuti petunjuk di laman berikut: https://help.pluang.com/knowledge/bagaimana-cara-melakukan-verifikasi-tambahan-untuk-saham-as 


 

Q: Mengapa saya masih belum bisa melihat Saham AS yang baru? 

A: Untuk dapat melihat seluruh Saham AS yang baru, kamu harus meng-update aplikasimu terlebih dahulu. Berikut adalah versi aplikasi minimal yang diperlukan agar dapat melihat seluruh Saham AS yang baru:

Android: versi 5.0.2 ke atas.

IOS: versi 4.8.2 ke atas.


 

Q: Apa itu rekening komoditas?

A: Rekening komoditas adalah rekening yang diperuntukkan bagi nasabah perorangan untuk penyelesaian transaksi komoditas. Pembukaan rekening dilakukan melalui Pialang Berjangka yang telah bekerjasama dengan BAPPEBTI.


 

Q: Mengapa saya harus membuka Rekening Komoditas Pluang?

A: Sesuai dengan regulasi dari BAPPEBTI, transaksi dari pengguna diharuskan untuk disalurkan ke rekening terpisah atas nama pengguna untuk memfasilitasi setiap transaksi dan/atau penempatan margin.


 

Q: Mengapa saya diharuskan membuka Rekening Komoditas Pluang tersebut di Bank Artha Graha?

A: Bank Artha Graha Internasional merupakan bank pertama yang bekerja sama dan telah mendapatkan persetujuan dari Bappebti sebagai Bank Penyimpan Dana Margin, Dana Kompensasi, dan Jaminan pada bulan September 2021. Pada Perdagangan Komoditi Saham AS yang dilakukan didalam bursa, Bank Artha Graha Internasional akan berperan dalam memberikan layanan pembukaan rekening terpisah bagi peserta maupun perantara Perdagangan Komoditi Saham AS yang akan melakukan transaksi melalui platform yang diawasi oleh Bappebti.

Selain itu Bank Artha Graha Internasional dapat memberikan layanan perbankan digital untuk membuka rekening secara online tanpa harus datang ke kantor cabang, sehingga memberikan kemudahan bagi nasabah Pluang untuk tetap bertransaksi. 


 

Q: Mengapa saya harus top up melalui saldo Pluang dan tidak bisa top up langsung ke Rekening Komoditas Pluang saya?

A: Untuk kenyamanan nasabah, maka saat ini top up hanya dapat dilakukan melalui Saldo Pluang yang bebas biaya dan dapat dilakukan baik menggunakan bank transfer serta e-wallet.


 

Q: Apakah Rekening Komoditas Pluang digunakan untuk menyimpan dana dalam bentuk dollar atau satuan lembar saham AS?

A: Dana yang ditampung di Rekening Komoditas Pluang ditampung dalam bentuk dollar, sebagai rekening sumber dana ketika nasabah Pluang melakukan jual/beli produk Saham AS dan index saham global. Sementara lembar Saham AS milik nasabah tidak ditampung di rekening komoditas.


 

Q: Bagaimana proses penyaluran dana-nya? Apakah ada sekuritas rekanan yang ditunjuk untuk membeli saham AS? Siapakah penampung dananya? 

A: Semua dana nasabah akan dikirimkan kepada Alpaca yang merupakan broker saham AS rekanan PG Berjangka. Dana akan dikirimkan ke Alpaca melalui Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Berikut adalah alur transaksi proses penyaluran dana dari pengguna ke broker: