1. Pusat Bantuan
  2. Informasi Tentang Investasi Aset Kripto di Pluang

Pertanyaan Umum Seputar Aset Kripto

Pertanyaan bersifat general mengenai produk Cryptocurrency

1.Apakah saya bisa melakukan penarikan dana?
Penarikan dana bisa dilakukan dalam bentuk Rupiah ke akun bank atau akun e-wallet.

 

2. Akun saya belum mengajukan Verifikasi Dasar apakah bisa bertransaksi di Aset Kripto?
Tidak bisa. Akun kamu harus terverifikasi identitas agar dapat berinvestasi pada Aset Kripto.


3. Apakah bisa membuka posisi trading short?
Kami saat ini tidak menyediakan fitur short selling. Ini adalah fitur yang hanya dapat dicapai melalui perdagangan leverage yang saat ini tidak kami tawarkan.


4. Apakah bisa trading menggunakan sistem margin?
Saat ini, kami tidak menawarkan margin atau leverage trading. Kami sedang mengerjakan fungsi tersebut dan akan menginformasikan kepada Anda ketika fungsi tersebut tersedia untuk pengguna.


5. Apakah bisa membuka posisi harga bawah dan harga atas? (limit order)
Dapat kami informasikan, bahwa saat ini fitur limit order sedang dinonaktifkan untuk pengembangan kembali oleh tim terkait hingga batas waktu yang belum dapat di tentukan.


6. Apakah ada biaya dalam transaksi aset kripto di Pluang?
Pluang menyederhanakan sistem transaksi untuk memudahkan pengguna yang masih belajar berinvestasi. Transaksi Aset Kripto di Pluang tidak dikenakan biaya komisi. 


7. Apakah Pluang Crypto Asset terdaftar dan diawasi oleh Bappebti?
Pluang bekerjasama dengan PT. Bumi Santosa Cemerlang (BSC),  yang telah menerima lisensi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bapebbti) sebagai calon pedagang fisik aset Kripto dengan nomor 012/BAPPEBTI/CP-AK/4/2022. 


8. Perubahan harganya berapa lama dan acuan harga kripto lihat kemana ya?
Harga di aplikasi Pluang hampir realtime yang update setiap detik. Untuk acuan harga kripto di Pluang mengacu kepada PT. Bumi Santosa Cemerlang (BSC). 


9. Apakah aset kripto di aplikasi Pluang bisa dikirim atau transfer ke dompet eksternal?

Tidak bisa. Untuk saat ini, pengguna Pluang dapat membeli, menjual, dan menyimpan aset kripto di dalam aplikasi. Penyetoran dan penarikan hanya dapat dilakukan dalam Rupiah.


10. Apakah ada batas maksimum pembelian dan penjualan di Aset Kripto?
Untuk saat ini, batasan maksimal pembelian atau penjualan aset kripto bersifat fluktuatif mengikuti perubahan harga pada bursa. Saat ini artinya, mengikuti perubahan harga pada  PT. Bumi Santosa Cemerlang (BSC). 


11. Apakah penarikan dana dari Aset Kripto akan real time?
Pembelian dan penjualan dilakukan secara realtime namun untuk penarikan dana ke bank berlaku sesuai syarat dan ketentuan Pluang yaitu 1 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional).


12. Apakah Investasi Aset Kripto Pada aplikasi Pluang sama dengan Opsi Binari dan Digital dalam bentuk fix time?
Untuk saat ini kami tidak menyediakan fitur fix time selling seperti opsi binari dan digital dengan keuntungan persentase di awal. Pluang menawarkan cara berinvestasi Aset Kripto bagi para pengguna yang masih belajar dengan produk investasi jangka panjang yang kekinian dengan risiko yang bisa dikendalikan dan imbal hasil yang tidak terlalu rendah atau bisa dikatakan cukup tinggi.


13. Apakah terdapat peraturan yang mengatur Perdagangan Aset Kripto?
Peraturan yang mendasari perdagangan aset kripto terdapat berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 99 Tahun 2018 Tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto (Crypto Asset) serta Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018 tanggal 24 September 2018 perihal Tindak lanjut Pelaksanaan Rakor Pengaturan Aset Kripto (Crypto Asset) Sebagai Komoditi yang Diperdagangkan di Bursa Berjangka.


14. Apakah Pluang Sudah menerapkan ETH 2.0?
Ethereum  2.0 atau lebih dikenal dengan nama “Serenity” adalah bentuk peningkatan ekosistem blockchain untuk aset kripto Ethereum. Peningkatan ini bertujuan untuk menambah efisiensi sekaligus skalabilitas sehingga ekosistem ini dapat memproses lebih banyak transaksi. 
Saat ini ETH 2.0 sudah mulai berjalan dan di proses dalam beberapa fase secara global dimana untuk Pluang sendiri saat ini masih menerapkan versi ETH 1.0. Tentunya apabila sudah terdapat update, hal tersebut nantinya akan diumumkan ke semua pengguna melalui channel informasi yang tersedia seperti email ataupun media sosial resmi Pluang.